Gimana Cara buat Kirim Email Rahasia lewat Gmail? Gini Caranya

Udah pada nyobain, belum?

Ada kalanya kita ditugaskan untuk mengirim surel yang berisi berkas rahasia pada atasan atau bos besar atau tuan muda. Mau kamu sebut apa orang yang menerima email, itu terserah kamu. Nah, tapi masalahnya, bagaimana kita bisa yakin kalau surel yang kita kirimkan bakal aman dan tidak akan diusili oleh tangan-tangan jahil?

Sebagai penyedia layanan surel, Gmail nampaknya sudah mengantisipasi masalah itu dengan meluncurkan mode baru, yakni modeĀ confidential, pada bulan April kemarin.

Apa yang dimaksud dengan mode confidential?

via shutterstock

Mode tersebut bisa membuat surel yang kamu kirim menghilang setelah periode waktu tertentu. Entah itu dalam hitungan hari, minggu, bulan, atau tahun. Jadi misal kamu pengin mengirim surel berisi berkas rahasia yang ditujukan ke tuan muda, kamu bisa mengatur pesan itu untuk menghilang secara otomatis setelah seminggu. Yah, mirip timed message di aplikasi messenger gitu.

Itu saja? Nggak dong. Kamu juga bisa memutuskan untuk menarik hak akses kepada penerima kapan pun kamu mau. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan password sehingga si penerima harus memasukkan kode yang via SMS, apabila mereka ingin membuka surel tersebut.

via Greenwald Doherty LLP

Terus kabar terbarunya apa? Kan mode itu sudah muncul sejak April kemarin.

Yup, benar. Tapi saat itu hanya Gmail versi desktop yang bisa menggunakan mode tersebut; Gmail versi mobile belum bisa. Kabar gembiranya, sekarang Google sudah menerapkan mode tersebut di layanan mobile mereka.

Terus gimana caranya?

Buka aplikasi Gmail dari ponsel kamu, lalu tulis pesan baru. Setelah itu perhatikan pojok kanan atas, kan ada menu hamburger (menu dengan lambang tiga titik numpuk ke bawah) tuh. Terus kamu tinggal pilih “Confidential Mode“.

via E.Price / Gmail

Setelah itu kamu bisa memilih kapan pesan tersebut akan kedaluwarsa alias menghilang dari kotak masuk penerima. Sama seperti versi desktop, kamu juga bisa mengatur passcode secara standar atau lewat SMS.

Terus gimana kalau kita mau menarik kembali hak akses dari si penerima? Buka Gmail, tap menu hamburger di sisi kiri atas, dan pilih ‘Sent‘. Habis itu tinggal pilih aja surel yang ingin dicabut aksesnya dengan memilih ‘Remove Access’.

Terus? Udah gitu aja. Oh iya, cara ini bisa kamu gunakan di Android dan iOS kok.

- Advertisement -
Shares 4

Komentar:

Komentar