Dengan 7 Keyword yang Jarang Kita Pakai Ini, Cari Sesuatu di Google Pasti Bakal Lebih Mudah

Seberapa banyak yang kamu tahu?

Di masa sekarang ini, reputasi Google sebagai mesin pencari memang sudah nggak bisa dianggap remeh. Bahkan saking populernya, nama Google sampai masuk ke dalam berbagai kamus, termasuk salah satunya adalah Oxford Dictionaries.

google
VERB
[WITH OBJECT] Search for information about (someone or something) on the Internet using the search engine Google.

via Startup Talks

Yang jadi masalah adalah saat memikirkan kata kunci untuk diketik di Google itu kadang nggak mudah. Maksud kita nyari tentang A, tapi dapatnya malah B.

Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian, ada 7 tips dan trik yang bisa kamu coba saat mencari sesuatu di Google. Apa saja itu?

1. Mencari sesuatu di situs tertentu

Pernah mengalami situasi di mana kamu mencoba mengingat kembali artikel yang pernah dibaca pada suatu situs, tapi lupa detailnya? Nah, untuk masalah ini kamu dapat menambahkan keyword “yangdicari site:namasitus.com” seperti contoh ini

Nanti hasil yang ditampilkan oleh Google akan diambil dari situs yang sudah kamu tentukan, selama ada informasi terkait pada situs tersebut.

2. Mencari judul lagu

Untuk mencari judul lagu atau quote dalam film caranya cukup mudah. Kamu tinggal masukkan baris kalimat tersebut di dalam kolom pencarian.

Kalau lihat contoh di atas, meski kamu salah dengar dan nggak memasukkan kalimat yang sama persis, tapi hasil pencarian bakal tetap bisa keluar selama salah ketik kamu nggak parah-parah banget. Lagipula bakal dibenerin sama Google, kok.

Jadi kalau lagi dengerin musik yang asyik, fokuskan aja pada satu lirik dan cari di Google.

Mau yang lebih gampang lagi? Install Shazam aja. Kelar sudah masalahmu.

3. Melengkapi kalimat pencarian secara spesifik

Apabila kamu ingin mencari suatu kalimat namun hanya mengingat sebagian aja, coba gunakan tanda asterisk (*) di antara kalimat yang ingin kamu cari. Misalnya kayak gini nih.

Kalau kamu perhatikan kalimat yang di-bold oleh Google, kata-kata “ke hulu” kena bold.

Sedangkan kalau kamu mencari tanpa menggunakan tanda asterisk seperti yang ada di poin kedua, yaitu hanya “berakit rakit renang”, maka hanya kata itu yang dibold. Maksud dari bold ini artinya kata itulah yang dicari oleh Google.

4. Mencari kalimat secara lengkap

Kalau ingin mencari kalimat tertentu secara lengkap, coba tambahkan ” ” di awal dan akhir kalimat supaya Google mencari keseluruhan dari kalimat tersebut secara utuh.

Dengan menggunakan tanda petik di awal dan akhir, Google hanya akan menampilkan informasi yang mengandung kalimat yang ada di dalam tanda petik. Kalau berdasarkan contoh di atas, bukan “hit”, “hit you”, atau “hit you with”, melainkan keseluruhan dari “hit you with that”.

Sekarang coba kita ganti dengan “hit you with”.

Tuh, jadi beda, kan?

5. Mencari nilai kurs mata uang

Balik ke pertanyaan yang ada di paragraf awal, kalau kamu ingin mencari kurs mata uang terhadap mata uang lain, coba pakai keyword “1 MataUangA to MataUangB”.

Contohnya kayak gini.

Namun perlu kamu perhatikan bahwa kurs yang ada di sini bisa jadi berbeda dengan yang ada di BI atau bank-bank lain. Sehingga hasil dari Google ini hanya sebagai estimasi kasar doang.

6. Mencari situs yang relevan

Ingin mencari situs yang isinya mirip dengan situs favoritmu? Gunakan saja keyword related:namasitus untuk mendapatkan hasil situs yang mirip dengan yang kamu cari.

7. Menghilangkan kata dari pencarian

Terkadang ada dua kata yang sama tapi berbeda makna yang bisa bikin kita bingung tentang cara mencarinya. Padahal kalau kita tahu, ini mudah saja sih. Caranya pakai minus (-) di depan kata yang ingin dihilangkan.

Misal kita ingin mencari kijang (hewan) di Google.

Tapi yang muncul malah mobil Toyota Kijang…

Supaya si mobil nggak muncul, masukkan keyword kijang -toyota di kolom pencarian. Hasilnya?

Gimana? Jadi lebih gampang kan nyari di Google?

Kalau kamu punya tips dan trik lain, coba tuliskan saja di kolom komentar. Kan bisa berbagi sama pembaca yang lain juga. 

- Advertisement -
Shares 11

Komentar:

Komentar