Begini Cara Simpan 7 Bahan Makanan Ini Agar Tidak Mudah Busuk

Boleh dicoba nih!

Bahan makanan jika tidak disimpan dengan cara yang tepat akan mudah rusak, busuk, atau layu. Padahal, jika kamu tahu trik cerdas untuk menyimpannya, bahan makanan akan bertahan lebih lama, lho. Dengan cara ini kamu nggak perlu lagi bolak-balik belanja dan menghitung pengeluaran agar uang jajan cukup sampai akhir bulan. Bahan makanan pun bisa kamu bawa dari rumah saat pulang kampung (pulkam). Dengan begitu, kamu tentu bisa lebih hemat, bukan?

Tapi, bagaimana ya caranya agar bahan makanan seperti telur, susu, dan sayuran bisa lebih tahan lama? Ternyata nggak sulit, lho. Kamu cuma perlu usaha dikit untuk menikmatinya selama berhari-hari. Yuk, intip!

1. Susu

via offthegridnews.com

Jarang-jarang kan anak kosan minum susu?! Nah, buat anak kos yang kosannya dilenkapi kulkas di dapur bersamanya kamu bisa banget nerapin cara yang satu ini. Agar susu lebih tahan lama dan nggak mudah basi, kamu bisa membekukannya di freezer dan bukan dibagian bawah kulkas. Dengan begitu, susu bisa bertahan sekitar 4-6 minggu.

2. Telur

vai twitter.com

Selain mie instan, telur bisa dibilang sebagai makanan penyelamat bagi anak kos. Tapi, makanan yang satu ini akan busuk dalam hitungan hari. Jika ingin menyimpan telur dalam waktu lama, kamu bisa menuangkannya ke dalam cetakan es batu dengan tambahan garam dan merica. Selanjutnya, masukkan freezer dan gunakan saat perlu.

3. Saus

via twitter.com

Seperti telur dan susu, untuk membuat saus lebih tahan lama kamu bisa membekukannya di freezer.

4. Apel

via gardenersworld.com

Apel memang termasuk salah satu buah yang bisa bertahan cukup lama. Namun, ketika sebuah apel bersentuhan dengan yang lain, kerusakan bisa terjadi. Untuk itu, jika kamu tak memiliki jaring buah, kamu bisa menggunakan koran bekas untuk membungkusnya.

5. Bumbu dapur

via pexels.com

Bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu lainnya memang tak mudah busuk jika kamu menyimpannya di tempat kering. Tapi, serangga cukup mengganggu, bukan? Mulai sekarang, simpan bumbu dapurmu di toples kaca!

6. Madu

via pinterest.com

Madu memang tak akan busuk hingga bertahun-tahun jika disimpan dengan benar. Tempat penyimpanan paling tepat untuk madu adalah toples atau botol kaca hitam dengan tutup yang rapat. Nanun, perlu dicatat kalau kamu menggunakan wadah yang terbuat dari bahan lain dapat mengoksidasi madu.

7. Selada

via twitter.com

Sayuran seperti selada biasanya disimpan di kulkas agar tak mudah layu atau busuk. Tapi, sebelum menyimpannya di kulkas, terlebih dahulu bungkus selada dengan tisu makanan untuk menjaga kesegarannya.

Sudah tahu kan cara menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar agar lebih tahan lama? Praktekin deh mulai sekarang biar pengeluaran makin hemat dan nggak perlu menderita di akhir bulan!

128 Shares

Komentar:

Komentar