Cara Berolahraga Ringan buat Kamu yang Cuma Punya Waktu Luang Singkat

Olahraga? Apa itu olahraga? Makanan jenis apa itu?

Kalau ada aktivitas harian yang paling gampang buat dihindari, salah satunya ya olahraga. Iya, rasanya gampang banget deh menemukan alasan buat nggak berolahraga. Malahan nggak jarang saya dengar alasan semacam ini, alasan yang paling klise:

“Aku ini orangnya sibuk banget; aku nggak punya waktu buat olahraga. Saking sibuknya, jadwal tidur aku tuh cuma di hari Minggu doang. Mana sempat olahraga, apalagi ikutan gym atau senam poco-poco!?”

Saya tahu, sebagai bagian dari masyarakat urban, kamu itu sibuk. Tapi selain dengan niat, yang kamu perlukan buat berolahraga itu cuma strategi mengatur waktu. Misalnya nih, kalau…

Kamu cuma punya waktu luang sekitar 30-45 menit

1. Ngobrol dengan teman sambil olahraga ringan (jalan kaki)

via pixabay.com/@composita

Begini penjelasannya, sodara-sodaraku sekalian…

Daripada kamu ngobrol santai bareng teman sambil nongkrong di satu tempat, mendingan ajak teman kamu buat bersenda gurau sambil jalan kaki. Contohnya, kamu bisa ajak teman berjalan-jalan di mal atau taman yang teduh. Jadi kamu bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus: cuci mata, jalan santai, belanja, bersosialisasi sama teman.

2. Manfaatkan ruang kosong di rumah

Push up, sit up, squat, naik turun tangga, kamu bebas pilih jenis olahraganya. Yang penting kamu rutin bergerak setiap hari, walaupun itu dilakukan di rumah.

Dan oh ya, saya pernah dengar duluuuu sekali, saya sampai lupa mendengar atau membacanya di mana. Tentara Vietnam saat zaman perang dulu suka rutin lari di tempat untuk menyiasati minimnya ruang terbuka. Mereka cuma lari di tempat selama 40 menit. Tapi katanya, jika kamu kuat dan terbiasa berlari di tempat selama 40 menit, kamu bakal kuat berlari sejauh belasan kilo.

Tapi balik lagi sih, saya sendiri kurang yakin apa itu benar atau nggak. Intinya, lebih baik kamu rutin berolahraga selama 20 menit setiap hari, ketimbang dua jam olahraga tapi cuma sekali dalam seminggu.

Kamu cuma punya waktu luang sekitar 10-20 menit

3. Olahraga di kasur setelah bangun tidur

via freepik.com/@senivpetro

Ini bukan bercanda, olahraga di kasur beneran bisa dilakukan lho. Dan olahraga yang dimaksud pun bukan cuma gerakan menggeliat kayak ulat; ada gerakan-gerakan khusus yang bisa dilakukan di kasur. Misalnya duduk di tepi kasur lalu menggerakkan tangan dan kaki ke atas dan ke bawah. Kebayang, nggak?

Kalau mau lebih detail lagi tutorialnya, silakan cari di laman internet ya. Di sana udah berseliweran gerakan senam di kasur.

4. Tidur siang aja

Tidur siang itu bermanfaat buat kesehatan, terutamanya buat kamu yang kurang tidur malam. Itu makanya orang-orang Spanyol dan Amerika Latin dulu punya kebiasaan tidur siang singkat atau siesta. Percuma juga rajin olahraga tapi kurang tidur.

Tapi yang paling bagus sih, kamu dapat waktu tidur malam dan tidur siang yang cukup.

Satu hal yang harus kamu ingat, tidur siangnya jangan lama-lama. Cukup 15-20 menit aja, jangan kelamaan sampai satu atau dua jam. Nanti kamu susah tidur malam.

Kamu cuma punya waktu luang sekitar 1-5 menit

5. Gerakkan badan saat sedang diam

via rawpixel.com

Misalnya, saat kamu lagi menunggu pesanan di restoran, coba deh nunggu sambil berjalan-jalan ringan di sekitar restoran, lalu pergi ke toilet dan lakukan peregangan badan di sana. Ini juga bisa dilakukan ketika kamu terlalu lama duduk di depan komputer atau saat menelepon orang lain. Ketimbang duduk, gerakkan kaki kamu saat lagi menelepon orang.

6. Gunakan tangga alih-alih lift

Ini saran klise, tapi mengandung manfaat yang sering diremehkan. Betul, nggak? Seberapa sering kamu lebih memilih naik tangga?

Kamu sama sekali nggak punya waktu buat olahraga

7. Bawa barang berat dengan tangan yang non-dominan

Kalau tangan dominan yang sering kamu pakai adalah tangan kanan, mulai sekarang coba untuk mengangkut barang dengan tangan kiri. Contohnya, setiap saat kamu membawa tas atau ransel, bawa dengan tangan kiri.

Tapi jangan memaksakan diri juga. Saat tangan kiri kamu udah capai, pindahkan genggaman ke tangan kanan.

8. Berdiri!

Mau gimana lagi, kamu sama sekali nggak punya waktu buat olahraga. Tapi menyempatkan diri untuk berdiri bakal jauh lebih baik ketimbang menghabiskan waktu dengan duduk terus.

Jadi, jika aktivitas harian menuntut kamu buat duduk sepanjang waktu, sempatkan berdiri setiap satu jam sekali. Lebih bagus lagi kalau kamu meregangkan badan.

Jadi sekarang nggak ada lagi kan alasan buat mangkir dari olahraga? Walaupun yaah, olahraganya cuma berisi gerakan-gerakan sederhana. Tidur siang aja dimasukkan sebagai olahraga di artikel ini.

Tapi ya bakal lebih baik lagi kalau kamu benar-benar niat menyisihkan waktu buat olahraga. Supaya manfaatnya juga lebih terasa.  

- Advertisement -
Shares 3

Komentar:

Komentar