Bulan Puasa Banyak Undangan Buber? Nih 6 Tips Hemat Biar Keuangan Tetep Aman

Cocok buat semua orang!

Bulan puasa jadi ladang mencari pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Tapi, di sisi lain, puasa Ramadan juga bikin dompet menipis dengan cepat gara-gara banyaknya undangan buka bersama alias buber.

Mulai dari buber bareng temen SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan teman kerja di kantor. Alhasil, banyak pengeluaran terjadi selama bulan puasa.

Meski begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menghemat pengeluaran. Segalanya bisa tetep diatur kok, termasuk keuangan. Asalkan, kamu mau ngejalanin 6 tips cerdas ini.

1. Pilih tempat makan yang tepat

via alarabiya.net

Di bulan Ramadan, banyak tempat makan yang menawarkan beragam menu menarik khusus buka puasa. Mulai dari takjil gratis untuk berbuka, menu makanan paket hemat, sampai gratis snack untuk jumlah pembelian tertentu. Nah, dengan memilih restoran atau tempat makan yang tepat, kamu pasti akan lebih hemat.

Tapi, kalau nggak nemu tempat makan yang dianggap pas, cobain all you can eat resto aja!

2. Gunakan kupon atau kode promo

via pcmag.com

Nggak cuma paket hemat, untuk menarik minat pengunjung, sejumlah tempat makan hits juga nawarin kupon diskon atau kode promo. Biasanya, mereka bagi-bagi kode promo lewat akun sosial media.

Dengan kupon makan atau kode promo, kamu bisa membeli beragam menu nikmat yang harganya jauh lebih murah dibanding harga aslinya. Caranya gampang kok! Kamu tinggal harus sering-sering cek timeline. Lumayan kan kalau dapat kupon diskon.

3. Pakai diskon pelajar

via entrepreneur.com

Bersyukurlah kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, karena biasanya ada beberapa tempat makan yang nyediain potongan harga untuk pelajar. Untuk mendapat diskon pelajar, kamu akan diminta menunjukkan kartu tanda anggota atau kartu tanda mahasiswa. Memang sih potongannya nggak banyak, tapi lumayan kan bisa memangkas pengeluaran.

4. Pilih menu rame-rame

via tips-and-tricks.co

Kalau kamu yang jadi panitia buber yang ngurusin segala sesuatu termasuk pesen makanan, coba deh pilih paket atau menu rame-rame. Dengan harga yang relatif lebih hemat, kamu bisa mencicipi bergam menu yang termasuk ke dalam paket.

5. Buber di rumah temen

via aloha.com

Dari dulu sampai sekarang, makan di rumah emang paling hemat. Daripada makan di luar dengan keribetan dan hiruk pikuknya karena banyak yang ngadain buber, boleh banget kok buber tahun ini diadain di rumah.

Kamu bisa menawarkan pada temanmu yang bersedia rumahnya dijadikan tempat berkumpul, masak, dan makan bersama. Selain jauh lebih hemat, buber di rumah temen juga bikin suasana kekeluargaan lebih kerasa. Iya, kan?

Jadi, kamu sudah diajak buber berapa kali minggu ini?

- Advertisement -
Shares 4

Komentar:

Komentar