Bukan Cuma Makanan, 7 Benda yang Sering Kamu Pakai Ini Juga Punya Masa Kedaluwarsa

Colokan listrik aku udah basi!

:

Kalau selama ini kamu berpikir bahwa cuma makanan yang bisa basi karena ada tanggal kedaluwarsanya, kamu salah besar. Ada benda-benda di sekeliling kita yang rupanya juga punya masa kedaluwarsa atau expired date. Tentu kurang layak kalau kamu memaksakan buat terus memakai benda-benda ini seumur hidup kamu.

Dilansir dari Shared, ini dia 7 bendanya.

1. Terminal listrik atau stopkontak dan steker

Power_strip_GH_content_850px
via shared.com

Salah satu penyebab kebakaran adalah penggunaan stopkontak yang udah berumur, sehingga nggak layak lagi buat dipakai. Jadi, meskipun tanggal kedaluwarsanya nggak tertera, sebaiknya kamu menggantinya setelah masa pemakaian 4-5 tahun.

2. Spons mandi

why-you-should-probably-throw-your-loofah-out-immediately_GH_content_750px
via shared.com

Mungkin kamu berpikir bahwa alat yang digunakan untuk membersihkan tubuh kayak spons mandi akan bersih sendiri setelah dipakai. Meskipun spons selalu kamu lumuri dengan sabun, bukan berarti kamu nggak berkewajiban buat mencucinya lho.

Justru spons mandi rentan terkena jamur dan bakteri karena berada di tempat lembap. Dan jangan lupa juga, biasakan ganti spons tiap enam bulan sekali.

3. Semprotan serangga

Best-insect-repellent-810×608-1_GH_content_750px
via shared.com

Setelah dua tahun, bahan kimia yang terdapat di dalam semprotan serangga bakal kedaluwarsa. Kalau setelah dua tahun nggak habis-habis, maka obat anti serangga ini udah nggak efektif lagi buat membunuh serangga.

Lagian, buat apa juga beli kalau nggak pernah dipakai selama bertahun-tahun?


4. Spons pencuci piring

54ffb1cb5c5c3-sponge-stack-de-77140390_GH_content_550px
via shared.com

Sama kayak spons yang dipakai untuk mandi, spons pencuci piring juga punya batas kedaluwarsa yang mengharuskan kamu untuk menggantinya. Karena rentan terkena bateri, kamu harus mengganti spons jenis ini sesering mungkin. Dan untuk menghilangkan bakteri, pastikan kamu selalu merebusnya dalam air panas setiap dua minggu sekali .

5. Tabir surya

sunscreen-testing-lowres-7866_GH_content_550px
via shared.com

Tabir surya atau yang biasa dikenal dengan sunblock juga nggak boleh digunakan lebih dari satu tahun lho. Krim yang telah dibuka segelnya rata-rata memang punya daya tahan satu tahun saja. Selebihnya krim nggak akan efektif lagi buat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

6. Sisir

maxresdefault7_GH_content_850px
via shared.com

Meskipun nggak kotor atau rusak, kamu perlu mengganti sisir rambut (ya iyalah rambut, masa bulu kaki) setiap satu tahun sekali. Itu karena sisir rentan terkena kuman dan bakteri yang berasal dari sisa kotoran yang hinggap di rambut. Bukan berarti rambut kamu penuh kotoran… tapi ya, siapa tahu. Umumnya orang nggak keramas tiap hari ‘kan?

Yan terakhir, untuk menjaga kebersihan sisir, kamu juga perlu membersihkannya dengan air dan sikat gigi seminggu sekali.

7. Handuk

towel-on-the-bathroom-floor-for-web_GH_content_650px
via shared.com

Nggak peduli seberapa seringnya kamu mencucinya, handuk itu perlu diganti maksimal tiap dua tahun sekali. Kurang dari dua tahun pun nggak apa-apa sih, apalagi jika kamu sering terpaksa meminjamkan handuk ke orang lain. Hiiih…

Jadi, apa udah saatnya kamu mengganti tujuh benda itu?

Komentar:

Komentar