Nggak Pede Karena Bekas Luka? Yuk Hilangkan Secara Alami dengan 4 Ramuan Murah Meriah Ini!

Bahan dan cara pembuatannya gampang banget! Murah meriah juga!

Punya bekas luka memang bikin kita jadi gak percaya diri, apalagi kalau kita sudah susah payah mencoba berbagai cara buat menghilangkan bekas luka tersebut, tapi masih belum berhasil juga. Rasanya bikin frustasi, deh. Belum lagi kalau bekas lukanya ada di bagian tubuh yang gak bisa ditutupin kayak muka, masa harus pakai masker kemana-mana supaya orang gak bisa lihat bekas luka kita?

Tenang, kamu gak perlu ngerasa frustasi apalagi jadi anti pergi ke luar cuma gara-gara malu sama bekas luka di tubuh kamu. Coba buat 4 ramuan natural di bawah ini supaya bekas luka di tubuh kamu bisa hilang dan tak berbekas.

1. Lemon

iStock_000011978440_Large
Via: stackpathdns.com

Lemon sudah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau zat asam yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati dan menyamarkan bekas luka. Selain mengaplikasikan ramuannya pada bekas luka, meminum jus lemon secara rutin juga bisa membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas luka yang ada di tubuh kamu.

Bahan-Bahan

  1. Jus lemon murni
  2. Kapas

Cara Pakai

  1. Pertama, pastikan kulit dan bekas luka kamu dalam keadaan bersih.
  2. Celupkan kapas ke dalam jus lemon dan oleskan kapas tersebut pada bekas luka atau area kulit yang terinfeksi.
  3. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas muka dengan air bersih.
  4. Setelah itu, oleskan sunscreen untuk melindungi wajahmu dari sengatan matahari apabila kamu berencana bepergian ke luar.

Frekuensi Pemakaian

Ulangi metode ini 2-3 kali sehari

2. Madu Alami dan Baking Soda

honey-vs-raw-honey-benefits-1
Via: desktopbackground.org

Selain dikenal dengan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit, madu alami juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka di tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh berbagai nutrisi yang terkandung didalamya, yang mampu membantu regenerasi sel kulit mati menjadi sel kulit yang baru.

Begitu juga dengan baking soda. Meski lebih dikenal sebagai bahan pembuatan kue, ternyata baking soda juga bisa membantu mengelupas sel kulit mati dan membuat kulit kita terasa lebih lembut, loh. Gak heran gabungan kedua bahan makanan ini bisa menghilangkan bekas luka yang ada pada tubuh kita.

Bahan-Bahan

  1. 1 sendok teh madu alami
  2. 1 sendok teh baking soda
  3. Handuk kecil
  4. Air panas

Cara Pakai

  1. Pertama campurkan madu alami dengan baking soda.
  2. Lalu oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terdapat luka.
  3. Pijat-pijat secara perlahan dan diamkan selama 3-5 menit.
  4. Terakhir, tutup muka dengan handuk panas lalu setelah handuknya dingin, bersihkan muka menggunakan handuk tersebut.

Frekuensi Pemakaian

2 kali sehari

3. Bawang Bombay

Onion
Via: petpoisonhelpline.com

Jenis sayuran yang satu ini ternyata menyimpan khasiat yang gak diduga. Bawang bombay ternyata kaya akan zat anti inflamasi yang bisa mencegah kulit kita memproduksi kolagen. Hal ini akan membantu menyamarkan bekas luka pada kulit kita, pantesan saat ini mulai banyak kosmetik yang mengandung bawang bombay, ya?

Bahan-Bahan

Jus bawang bombay

Cara Pakai

  1. Parut bawang bombay dan campurkan dengan air secukupnya.
  2. Peras air campuran parutan bawang bombay tersebut.
  3. Oleskan air hasil perasan pada kulit yang luka dan biarkan mengering secara alami.
  4. Bilas muka setelah 15 menit kemudian.

Frekuensi Pemakaian

3-4 kali sehari

4. Lidah Buaya

growaloevera-1000
Via: rodalesorganiclife.com

Tidak hanya berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebat, lidah buaya juga sudah lama dikenal berkhasiat untuk melembutkan kulit. Sama dengan bawang bombay, lidah buaya juga kaya akan kandungan zat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit dan mendorong regenerasi sel kulit baru.

Bahan-Bahan

Gel lidah buaya

Cara Pakai

  1. Oleskan gel lidah buaya secara merata pada kulit yang terdapat luka secara merata.
  2. Pijat secara perlahan.
  3. Tidak perlu membilasnya, karena bahan ini akan menyerap sempurna ke dalam kulit kita.

Frekuensi Pemakaian

2-3 kali sehari

 

Gimana? Kamu tertarik buat mencoba ramuan-ramuan di atas? Bahan dan cara pembuatannya juga gampang-gampang, kan? Semoga ramuan-ramuan ini berhasil menghilangkan bekas luka di tubuh kamu, ya!

- Advertisement -
Shares 16

Komentar:

Komentar