6 Fenomena Misterius yang Sering Terjadi Saat Orang lagi Tidur, Penyebabnya?

Karena bagi sebagian orang, tidur bukan hanya terpejam dan memasuki alam mimpi

:

Nggak semua fenomena yang ada di dunia ini punya penjelasan ilmiahnya. Masih banyak kok fenomena yang sampai sekarang masih belum diketahui penjelasan ataupun asal muasalnya. Tapi dibanding menyangkutkan fenomena misterius pada penjelasan berbau mistis, ada baiknya jika kita mendengarkan penjelasannya dari sisi ilmiah.

Hal yang sama berlaku juga pada fenomena unik yang kerap terjadi saat kita tertidur. Dilansir dari Bright Side, yuk kita kenali penjelasannya.

1. Ketindihan

via sicologiasinp.com

Sleep paralysis atau ketindihan saat tidur adalah keadaan saat tubuh kita nggak bisa bergerak setelah terbangun dari tidur. Penyebabnya sih karena tubuh kita ditindih oleh makhluk halus. Bagi yang “beruntung”, katanya makhluk halus tersebut bisa dilihat langsung oleh mata kamu.

Tapi itu penjelasan berdasarkan mitos. Kalau penjelasan ilmiahnya…

Pada umumnya, tubuh kita memang seolah dilumpuhkan oleh otak saat lagi tertidur. Nah, ketindihan bisa terjadi jika saat mata dan otak kita terbangun, tubuh kita masih tertidur alias lumpuh.

Beberapa orang mungkin panik saat tubuh mereka nggak bisa bergerak. Ditambah lagi mereka mengalami halusinasi melihat makhluk halus di dalam kamar mereka, sehingga mereka menyangka lagi ditindih setan.

2. Berjalan sambil tidur

via flickr.com

Fenomena yang satu ini merupakan kebalikan dari sleep paralysis. Berjalan saat tidur atau sleep walking bisa terjadi karena otot-otot pada tubuh kita nggak tertidur di saat kesadaran sudah memasuki alam mimpi.


Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Tapi yang jelas, berjalan sambil tidur bisa membahayakan lho. Masih mending jika pengidapnya nggak keluar dari rumah. Tapi beberapa kasus menunjukkan kalau mereka bisa saja keluar rumah atau melakukan hal-hal berbahaya tanpa mereka disadari.

3. Keluar dari tubuh

via commons.wikimedia.org

Mungkin kamu yang pernah dengar tentang proyek astral atau nonton film Insidious tahu apa yang sedang saya bicarakan ini. Jadi, fenomena keluar dari tubuh acapkali dialami orang yang setengah tertidur dan setengah terbangun. Dan mereka “memasuki” semacam tubuh halus ketika mereka keluar dari tubuh fisik yang tengah tertidur.

Walaupun masih belum jelas kenapa dan bagaimana fenomena ini bisa terjadi, konon proyek astral bukan khayalan semata. Bahkan ada orang-orang yang mengaku sengaja melakukannya.

4. Berbicara tanpa disadari

via slumberwise.com

Sleep talking atau berbicara saat tidur atau mengigau memang bukan fenomena yang menyeramkan apalagi berbahaya. Hanya saja, pengidap kebiasaan ini sering khawatir mereka berbicara yang nggak perlu, seperti membocorkan rahasia kehidupannya atau membuka aib. Terlebih lagi, ada orang yang ingat, ada juga yang nggak ingat apa saja yang mereka bicarakan saat tengah tertidur.

Laki-laki dan anak-anak biasanya lebih mudah “mengidap” kebiasaan ini. Meskipun ada juga perempuan yang acapkali berbicara saat tertidur pulas. Penyebabnya sendiri adalah stres.

Jadi kalau orang lain mengatakan kamu sering berbicara saat tertidur, coba tanyakan apa yang kamu bicarakan, lalu ingat-ingat apakah kamu memang sering memikirkannya.

5.  Mimpi yang selalu berulang

via pixabay.com

Fenomena ini terjadi apabila seseorang mengalami mimpi yang sama, itu-itu aja, setiap ia tertidur. Jika kamu mengalami ini, menurut ahli psikologi, ada baiknya kamu lebih memperhatikan apa yang kamu impikan itu saat kamu terbangun. Karena bisa jadi mimpi itu akan terus berulang sampai kamu menyelesaikan apa yang ada dalam mimpi.

6. Mendapat pencerahan

via pixabay.com

Pernahkah kamu merasa penasaran terhadap sesuatu hal, sampai-sampai kamu memikirkannya selama berhari-hari? Dan di kala kamu nggak kunjung menemukan solusi atau jawabannya, kamu malah mendapatkan jalan keluarnya melalui mimpi?

Kalau jawabnya pernah, tenang. Mendapat pencerahan melalui mimpi bukan sesuatu yang ganjil kok. Beberapa ahli kimia, seperti Dimitri Mendeleev dan August Kekule pernah mengalaminya. Fenomena ini bisa terjadi karena peran alam bawah sadar yang “bekerja” lebih aktif saat kita tertidur.

Contoh kecilnya, kamu dihadapkan pada dua pilihan yang membuat kamu bingung, walaupun sebenarnya kamu udah tahu mana yang sebaiknya kamu pilih. Dan di saat tertidurlah alam bawah sadar memberikan kamu petunjuk tentang pilihan tersebut.

Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi ‘kan kalau melihat orang lain mengalami fenomena-fenomena di atas? Atau barangkali kamu sendiri pernah mengalaminya?

Komentar:

Komentar