Antara Orang yang Sok Tahu dan Orang Pintar, Ini 5 Cara Membedakan Mereka

Karena orang pintar dan sok pintar itu kadang perbedaannya tipis

Pernah nggak kamu bertemu dengan seseorang yang sekilas terlihat intelek, padahal sebenarnya ia cuma sok tahu? Ia seakan-akan tahu segalanya, dan cara berbicaranya pun meyakinkan banget. Tapi setelah kalian ngobrol, kamu pun merasa ada yang janggal dengan perkataannya.

Di dunia ini banyak kok orang yang sok tahu. Bahkan mungkin saya atau kamu pernah berlaku seperti itu, baik secara sadar maupun nggak. Dan menjadi orang yang sok tahu atau sok pintar itu kadang nggak terhindarkan, karena sudah sifat dasar manusia untuk mencari pengakuan.

Tapi masalahnya, bagaimana kalau orang bertingkah sok pintar saat membahas topik yang penting? Bagaimana cara kamu membedakan apakah ia orang yang benar pintar atau cuma sok pintar?

Untuk membedakannya, mari kita berpaling pada cara-cara yang diberikan Shane Parrish, pengusaha dan penulis di Farnam Street Blog. Ini dia 5 cara di antaranya.

1. Tanyakan bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah

via cnbc.com

Untuk tips pertama, Parrish mengambil pengalaman dari Elon Musk, CEO dari Tesla, Inc., SolarX, dan Neuralink. Saat mewawancarai pelamar kerja, Musk biasa bertanya tentang masalah yang mereka hadapi di tempat kerja sebelumnya. Lalu ia melanjutkan pertanyaannya dengan bagaimana cara mereka menyelesaikan permasalahan tersebut.

Mereka yang benar-benar menyelesaikan permasalahan bakalan bisa menjelaskan secara mendetail, sampai ke dasar-dasarnya. Mereka nggak akan bisa melupakan kesulitan yang pernah dihadapi, dan bagaimana jerih payah saat menyelesaikan problem tersebut.

Sebaliknya, orang yang berpura-pura bakal kelabakan bila ditanya lebih lanjut soal detail penyelesaian masalah. Dan yang lebih parahnya jika mereka nggak bisa kasih jawaban. Pikiran mereka terlanjur tersendat dalam mencari jawaban yang memuaskan.

2. Orang cerdas mampu menyederhanakan hal yang rumit

via pixabay.com/mikesween

Ada kutipan dari mentor saya yang masih saya ingat sampai saat ini. Kurang lebih inti pesannya seperti ini:

Belajarlah sampai kamu bisa membuat orang awam paham dengan apa yang kamu pelajari.

Jika seseorang memang pintar, ia pasti bisa menjelaskan suatu hal dengan sederhana dan gampang dimengerti. Ia nggak akan bikin orang lain kebingungan dengan istilah-istilah canggih yang hanya dimengerti sekelumit orang. Kenapa? Karena ia merasa itu nggak penting buat dilakukan. Ia punya tujuan membuat orang lain mengerti dengan penjelasannya, bukan bikin orang jadi bingung.

Sebaliknya, orang yang sok pintar gemar banget membuat penjelasan dengan bahasa yang rumit dan istilah-istilah asing.

Tapi itu bukan berarti orang pintar cuma bisa menjelaskan hal-hal sederhana. Jika diminta, mereka juga membahas suatu hal secara mendalam sampai ke akar-akarnya.

- Advertisement -
Shares 5

Komentar:

Komentar