8 Kebiasaan Buruk yang Sering Banget Dilakukan Sebelum, Saat, dan Sesudah Mandi

Bangun mandi, ku terus tidur

:

Kecuali kalau kamu termasuk orang yang malas mandi, kamu pasti melakukan mengguyur badan dengan air setiap hari. Satu hari nggak mandi tuh rasanya gimana gitu, hati serasa hampa. Segelintir orang bahkan menjadikan mandi sebagai hobi yang levelnya sederajat sama nonton film dan baca buku, dua hobi umum yang paling sering dipakai kalau ditanya, “Kamu hobinya apa?”

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan kurang patut yang tanpa disadari sering dilakukan orang saat mandi. Nggak cuma bikin kulit jadi kusam, cara mandi yang salah ini juga bisa jadi penyebab utama datangnya penyakit.

Dilansir dari Buzz Fuse, ini dia 8 kesalahan umum yang sering dilakukan saat mandi. Apa kamu termasuk salah satunya?

1. Waxing sebelum mandi

BIG-1-waxing-or-shaving-before-a-bat
via buzzfuse.net

Mencukur bulu tangan atau kaki tepat sebelum mandi bisa bikin pori-pori kulit terbuka lebar. Akibatnya, kulit kamu jadi kering dan kusam deh nantinya. Lebih baik lakukan kegiatan cukur-mencukur setelah mandi, supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Menggosok kulit dengan keras

BIG-2-try-not-to-scrub-too-much
via buzzfuse.net

Banyak yang percaya kalau salah satu cara untuk membuat kulit mulus dan halus adalah dengan menggosoknya dengan keras dan lama. Padahal cara ini nggak sepenuhnya benar, karena bisa menyebabkan kulit (terutama kulit wajah) menjadi kering dan kusam.

Jadi saat kamu mandi nggak perlu menggosok kulit terlalu keras ya. Jangan samakan kulit kamu dengan baju.

3. Menggunakan spons mandi yang jarang dicuci

BIG-3-not-cleaning-the-body-scrubber
via buzzfuse.net

Jorok ih, gimana badan mau bersih kalau kamu nggak pernah mencuci spons yang dipakai untuk mandi? Biarpun spons dilumuri sabun, dan selalu basah kecipratan air, bukan berarti kamu nggak perlu mencucinya lho. Spons yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan kulit berjamur dan biang bakteri.


4. Memakai handuk terlalu lama

BIG-4-using-a-towel-for-too-long
via buzzfuse.net

Menggunakan handuk setelah mandi memang sangat disarankan. Lagian kurang elok juga kalau kamu keluar dari kamar mandi dalam kondisi bugil.

Meskipun begitu, jangan terlalu lama membungkus badan kamu dengan handuk. Karena ketika handuk menempel di tubuh terlalu lama, kulit akan menjadi lembab dan memicu tumbuhnya bakteri.

5. Penggunaan sabun yang terlalu banyak

BIG-5-don-t-use-your-soap-too-much
via buzzfuse.net

Mungkin ada di antara kamu yang beranggapan semakin banyak sabun yang kamu pakai, maka kulit akan semakin bersih. Tapi anggapan ini ternyata kurang tepat, guys. Terlalu banyak menggunakan sabun justru membuat kuman kebal terhadap sabun yang kamu pakai.

6. Memakai deodoran langsung sesaat setelah mandi

BIG-6-using-deodorants-or-anti-bacte
via buzzfuse.net

Hampir semua orang pasti setuju kalau memakai deodoran setelah mandi itu wajib hukumnya. Tapi belum banyak yang tahu kalau deodoran justru menghilangkan kelembaban alami tubuh, terutama deodoran yang mengandung bahan kimia.

Solusinya? Ya jangan langsung pakai deodoran sesegera mungkin setelah kamu mandi. Tunggu dulu beberapa menit, baru semprot atau oleskan deodoran di bagian pusar.

Ehem… ketiak maksudnya.

7. Mandi setelah olahraga

BIG-7-bathing-immediately-after-exer
via buzzfuse.net

Memang sih, setelah olahraga, badan bakalan jadi segar kalau langsung mandi. Sayangnya, mandi setelah olahraga malah menimbulkan efek yang nggak baik buat kesehatan tubuh. Soalnya tubuh kita mengeluarkan panas setelah berolahraga. Sekarang kamu bayangkan gimana kalau kondisi tubuh yang lagi panas banget diguyur sama air dingin. Bahkan akibatnya bisa fatal lho!

Setelah olahraga, direkomendasikan agar kamu tunggu sampai satu jam sebelum mengguyur badan kamu dengan air dingin.

8. Nggak memakai kondisioner setelah keramas

BIG-9-not-using-a-conditioner-after-
via buzzfuse.net

Satu lagi kesalahan umum yang biasanya dilakukan orang saat mandi adalah lupa menggunakan kondisoner setelah keramas. Poin yang ini memang nggak wajib-wajib amat. Tapi kondisoner juga penting lho untuk membuat rambut kamu tetap lembab, sehat, berkilau, bercahaya, dan… apalagi ya? Kamu bisa isi sendiri sama efek-efek keren lainnya dari kondisioner.

Kamu punya hak seratus persen buat memperlakukan tubuh kamu sendiri sesuka hati. Di sini saya cuma memberikan saran. Tapi semoga sarannya bisa bermanfaat ya buat kamu.

Komentar:

Komentar