8 Cara Mempercepat Koneksi Internet supaya Tambah Ngacir

Lagi asyik-asyiknya nonton, tiba-tiba jadi 144p. Aaah... suugooooi!

Tahun 2017 lalu Indonesia hanya mampu menempati posisi 93 untuk urusan kecepatan internet fixed broadband dunia. Sedangkan untuk kecepatan internet mobile global, kita ada di urutan 106. Terdengar cukup miris memang. Makanya sebagian netizen sudah maklum menerima keadaan internet di Indonesia tanpa berusaha mencari tahu cara mempercepat koneksi internet.

Bahkan nonton Youtube tanpa buffer jadi bahan iklan perusahaan teknologi komunikasi. Benar, nggak?

Tapi masa kita terus-terusan pasrah dengan kondisi internet di Indonesia? Jangan sampai. Terlebih lagi kalau ternyata penyebab utama yang bikin koneksi lemot bukan dari masalah internal, tapi masalah eksternal. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba beberapa cara mempercepat koneksi internet yang ada di bawah ini untuk meminimalisir tingkat kelemotan.

(Updated: Januari 2019)

1. Letakkan router di tempat yang tinggi

via cbsistatic.com

Cara mempercepat koneksi internet yang pertama adalah dengan memastikan terlebih dahulu apakah posisi router sudah benar. Coba letakkan router Wi-Fi di tempat yang terbuka dan nggak terhalang dinding atau furnitur.

Kenapa mesti begitu? Apakah karena pengaruh feng shui?

Sayangnya saya nggak tahu-menahu tentang feng shui. Apa yang saya tahu hanyalah kekuatan sinyal Wi-Fi bisa berkurang jika terhalang pintu, furnitur, dan dinding.

Solusinya, letakkan router Wi-Fi di atas meja atau di tempat yang tinggi, karena kebanyakan router dirancang untuk mengarahkan sinyalnya ke arah bawah. Sehingga ketika kamu meletakkan router di tempat yang tinggi, itu bisa memengaruhi penyebaran sinyal agar merata.

2. Jauhkan router dari peralatan rumah tangga dan benda yang terbuat dari logam

via techpp.com

Peralatan seperti oven, telepon nirkabel, lampu neon, atau benda-benda yang terbuat dari logam dapat mengganggu kelancaran sinyal Wi-Fi. Benda yang terbuat dari logam itu ternyata bisa menyerap kekuatan sinyal lho. Maka dari itu, coba perhatikan lagi letak router dan lihat apakah ada benda yang menghalangi kelancaran sinyalnya.

Jika ternyata ada, singkirkan mereka! Lenyapkan mereka dari muka bumi!

3. Sesuaikan antena pada router

via kinja-img.com

Untuk router yang memiliki dua antena seperti gambar di atas, kamu bisa mengatur posisi antenanya untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Cara yang paling baik adalah dengan mengatur antena router paralel dengan antena internal di perangkatmu.

Contohnya kamu bisa mengatur antena internal di posisi horisontal untuk menyesuaikan dengan antena laptop. Atau bisa juga dengan mengaturnya di posisi vertikal untuk menyesuaikan antena di komputer desktop.

4. Menggunakan kaleng bekas minuman soda

Cara mempercepat koneksi internet yang keempat adalah dengan memasang penguat sinyal dari bekas kaleng soda. Kalau kamu punya kaleng alumunium bekas minuman soda, jangan dibuang! Rawat baik-baik dan besarkan mereka. Lalu kamu dapat memanfaatkan kaleng bekas itu untuk memperkuat sinyal Wi-Fi pada router. Untuk langkah-langkahnya, tiru saja cara yang ada pada video di atas.

Kalau nggak punya kaleng, alternatifnya kamu bisa gunakan kertas timah. Mereka berdua sama kok. Kalau ingin tutorial yang lebih jelasnya, coba lihat langsung di sini.

5. Membeli repeater

via amazon.com

Kalau kamu tinggal di rumah yang besar atau kamarmu terletak lumayan jauh dari router, coba deh beli repeater. Kebanyakan router hanya bisa memancarkan sinyal sejauh 45-50 meter. Jadi kamu butuh repeater supaya sinyalnya nggak gampang putus atau hilang.

Meskipun efek menggunakan repeater biasanya bikin kecepatan internet akan sedikit menurun, tapi itu masih jauh lebih mending daripada sinyal yang putus nyambung.

6. Ganti router, modem, atau gawai yang kamu punya

via pcmag.com

Router, modem, atau gawai yang umurnya sudah terlalu tua ternyata dapat menghambat kecepatan internet. Hal ini disebabkan perangkat keras tersebut sudah melewati usia produktif mereka. Jadi kalau router atau modem milikmu sudah berusia lebih dari lima tahun, mungkin bisa dipertimbangkan untuk ganti yang baru. Minta saja ke penyedia layanan internet, biasanya ada sedikit tambahan biaya untuk penggantian modem dan router.

Untuk masalah gawai, sebelum memutuskan untuk ganti yang baru, coba kamu tes terlebih dahulu dengan gawai yang lain. Kalau kecepatannya berbeda padahal menggunakan koneksi yang sama dan mengakses data yang sama, kemungkinan gawai kamu itu biang keroknya.

Tapi kalau kelemotannya masih bisa ditoleransi sih, ya nggak perlu ganti baru. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

7. Lihat program yang memakan koneksimu

Pas lagi asyik-asyiknya nonton MV Red Velvet yang baru, koneksi yang tadinya lancar tiba-tiba jadi buffer. Resolusi gambar pun turun jadi 144p. Ganggu banget nggak sih!?

Yah… meski di resolusi 144p wajah Irine tetap bening, tapi berasa ada yang kurang gitu. Coba deh lihat.

Tuh, burem, kan? via youtube.com/SMTOWN

Kalau sudah begini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah periksa apakah ada update/pembaruan Windows yang baru (khusus buat pengguna Windows ori).

Caranya tinggal klik Start dan ketikkan Windows Update, lalu periksa apakah ada unduhan update baru atau nggak. Kalau ada ya, kamu tunggu sampai beres. Tapi kalau nggak ada, coba buka “Task Manager” dan perhatikan “Tab Network”. Bila prosesnya tinggi, cek aplikasi apa yang proses Network-nya paling tinggi. Siapa tahu ternyata ada virus atau malware yang menyerang.

Aman komandan!

“Tapi, tapi, tapi… kalau Network-nya 0% seperti di gambar dan tetap lemot gimana?”

Kita lanjut ke cara mempercepat koneksi internet selanjutnya.

8. Periksa apakah ada penyusup di jaringanmu

Normalnya, semakin banyak pengguna maka koneksi akan semakin lemot. Begitu juga sebaliknya. Karena itu, nggak ada salahnya sesekali kamu periksa jaringan internetmu. Mungkin saja ada maling sinyal yang numpang di koneksimu.

Kayak gini nih contoh hasil scanningnya

Cara mendeteksinya cukup mudah. Install aplikasi IP Scanner (untuk Windows), masukkan rentang IP yang ingin kamu pindai, dan klik “Scan”. Kalau kamu mendeteksi perangkat yang asing, tinggal klik kanan, masuk ke menu Radmin, dan pilih tindakan yang kamu inginkan.

Kalau ada yang mencurigakan, langsung eksekusi

“Saya sudah cek, tapi nggak ada yang aneh tuh. Lalu apa gerangan yang harus saya lakukan?”

Wah… jika begitu kasusnya, mau nggak mau kamu harus keluar duit buat upgrade paket internet. Atau kalau mau sekalian ganti provider. Soalnya, berapa kalipun 8 cara mempercepat koneksi di atas kamu coba, hasilnya bakal sama, tetap begitu-begitu aja.

102 Shares

Komentar:

Komentar