Selain Tangan, Ternyata 8 Bagian Tubuh Ini Juga Bisa Terbakar Matahari Tanpa Kamu Sadari

Tangan belang = bikers sejati?

:

Sering mengendarai motor tanpa sarung tangan? Kalau iya, coba kamu lihat pergelangan tangan kamu sekarang. Belang, ya?

Kulit tangan yang belang karena pengaruh sinar matahari memang kurang sedap dipandang. Tapi ternyata, nggak cuma tangan aja lho yang bisa menghitam gara-gara keseringan terbakar matahari. 8 bagian tubuh ini juga bisa terkena masalah yang sama, bahkan tanpa kamu sadari.

Apa aja sih? Yuk, intip satu-satu.

1. Leher belakang

via precisionchiroga.com

Bagian tubuh yang satu ini paling sering terlupakan untuk dilindungi dari terik matahari. Lebih parah lagi kalau kamu suka mengendarai motor cuma pakai kaus oblong, tanpa helm dan jaket. Jarak 200 km pun kamu tempuh hanya dengan bermodalkan kaus oblong!

Kalau dipikir-pikir, hebat juga sih. Pengendara motor tipe kaus oblong ini benar-benar tahan sama terpaan angin dan panas sinar matahari, salut!

Tapi ya, itu tadi, selain dada kamu kurang terlindungi dari tamparan angin, leher kamu juga jadi rentan belang. Jadi ada baiknya mulai sekarang kamu pakai syal atau jaket berkerah buat menutupi leher. Leher terlindungi, kamu pun kelihatan makin fashionable.

Jadi mulai sekarang, jajan ke warung dekat rumah pun mendingan kamu pakai syal.


2. Rambut

Sering beraktivitas di luar ruangan? Ada baiknya kamu memakai penutup kepala seperti topi. Mau pakai helm perang atau helm proyek juga nggak apa-apa. Itu bergantung kamunya sendiri dan selera fashion kamu.

Helm proyek modis! Hanya dengan sembilan ratus sembilan sembilan sembilan sembilan kali rupiah!/via pixabay.com

Atau kalau kamu kurang suka pakai topi, kamu bisa pakai vitamin rambut yang mengandung tabir surya. Jangan disepelekan, sengatan sinar matahari tuh bisa bikin rambut rapuh lho.

3. Telinga

via cloudfront.net

Saat kamu mengolesi tabir surya ke wajah kamu yang tampan atau cantik, jangan lupakan area telinga. Karena kalau nggak, bisa-bisa kulit wajah kamu warnanya putih, tapi telinga kamu gosong. Nggak banget ‘kan kelihatannya?

“Apa saya harus mengoleskan sun block ke dalam telinga? Apa gendang telinga harus diolesi juga?”

Nggak usah sampai segitunya juga kali.

4. Mata

via thealternativedaily.com

Pernah kepikiran nggak sih kalau mata dan kelopaknya juga bisa terbakar matahari? Dilansir Insider, The American Academy of Ophthalmology menyebutkan jika terlalu sering terpapar matahari, mata kamu lebih berisiko untuk terkena penyakit seperti katarak dan kanker mata.

Solusinya, pakai topi (helm proyek) atau kacamata hitam saat bepergian dalam waktu lama.

5. Ketiak

via ndtv.com

Ya, ya, ya. Kamu mungkin nggak pernah keluar rumah tanpa memakai baju, lalu dengan bangganya memamerkan ketiak kamu ke arah sinar matahari. Tapi ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan ketiak kamu untuk terpapar sinar matahari. Seperti misalnya:

  1. Saat berenang
  2. Saat kamu jadi bintang iklan produk deodoran, dan kamu harus memamerkan ketiak di luar ruangan.

Untuk kamu ketahui, ketiak itu lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Jadi jangan ragu lagi untuk mengoleskan tabir surya ke kulit ketiak, terutama saat kamu mau berenang, atau sekadar berjemur di pantai atau alun-alun kota.

6. Bibir

via thisisinsider.com

Kulit bibir yang gelap memang bisa ditutupi dengan lipstik. Tapi sebaiknya, kamu pilih lipstik atau lipbalm dengan kandungan SPF 30 untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

Nggak enak juga ‘kan kalau ada orang yang bilang, “Iiih, kok bibir kamu bau matahari sih!?”

7. Belakang lutut

via thephysicaltherapyadvisor.com

Pernah mengaplikasikan tabir surya di belakang lutut? Waaaw, cara berpikir kamu out of the box ya! Sungguh-sungguh di luar boks!

Tapi memang benar, kebanyakan orang sering lupa buat memperhatikan bagian belakang lutut, terutama kalau mereka lagi pakai celana pendek. Padahal, bagian belakang lutut juga bisa terbakar oleh paparan sinar sang surya.

8. Kaki

via footfiles.com

Kamu yang hobi pakai alas kaki terbuka seperti sandal, wajib banget memakai tabir surya di bagian kaki. Kalau nggak, siap-siap aja kulit kaki kamu jadi belang kayak papan catur.

Menggunakan tabir surya agar kulit nggak terbakar matahari bukan cuma bertujuan untuk mencegah kulit belang. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari di sisi lain juga berpengaruh besar untuk kesehatan, khususnya mencegah timbulnya kanker kulit.

Jadi, lindungilah kulit kamu dari sengatan matahari. Ini nggak cuma berlaku buat cewek, tapi cowok juga.

Komentar:

Komentar