7 Trik Cerdas Mengawetkan Makanan yang Jarang Diketahui ini Bisa Bikin Hidupmu Jauh Lebih Hemat

Pas banget nih buat di tanggal tua!

:

Setiap harinya kita selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti nasi, buah-buahan, ataupun camilan ringan. Nah, untuk memenuhi kebutuhan makana sehari-hari, kamu pasti melakukannya dengan belanja bulanan. Atau kalau lagi malas memasak nih, kamu pasti jajan di kafe sambil nongkrong bersama teman-temanmu. Sesekali sih tidak apa-apa, tapi terlalu sering jajan juga bisa bikin dompet ‘kanker’ alias kantong kering.

Untuk mengatasi kebiasaan jajanmu, 7 trik mengawetkan makanan yang sudah dihimpun dari Buzzfeed ini wajib kamu lakukan. Eits, bebas dari formalin atau bahan pengawet berbahaya loh pastinya!

1. Agar pisang tidak cepat busuk

sumber: paksc

Mengonsumsi pisang satu buah saja dalam sehari sudah mengenyangkan banget. Tapi, kamu harus tahu kalau pisang itu termasuk salah satu buah yang tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas.

Jadi, agar pisang tetap awet, kamu cukup membungkus ujung atas pisang dengan plastik sesuai dengan ilustrasi di atas. Pisang akan awet 4-5 hari lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dibungkus plastik.

2. Bingung cara merebus telur?

sumber: buzzfeed

Saat merebus telur, kamu tidak bisa membelah telur tersebut untuk melihat apakah sudah matang atau belum, ‘kan? Nah, cara yang paling efektif adalah dengan memerhatikan waktu perebusan. Ilustrasi di atas akan memberitahumu kapan telus rebus matang, termasuk jika kamu senang dengan telur rebus yang kuningnya masih meleleh itu. Yummy!

3. Agar kue tidak cepat ‘kering’

sumber: buzzfeed

Menghabiskan seloyang kue memang ‘pekerjaan’ yang cukup berat, tetapi jika dibiarkan sampai keesokan harinya malah bisa membuat kue jadi kering dan hilang kelembutannya. Ternyata solusi untuk menjaga kue tetap lembut adalah dengan menaruh selembar roti tawar di atasnya. Sungguh trik yang sangat tidak terduga.

4. Agar es loli tidak membuat lengket tanganmu

sumber: buzzfeed

Saat cuaca panas, memakan es loli memang paling menyegarkan. Tapi, seringkali es loli cepat mencair dan malah membuat lengket tangan. Nah, kamu bisa tuh mengakalinya dengan menaruh cup kue di ujung bawah es loli tersebut. Dijamin kenikmatan makan es loli jadi makin meningkat.

5. Lemon untuk mencegah avokad membusuk

sumber: buzzfeed

Terkadang saat mengonsumsi avokad, kita cuma memakan setengahnya saja. Daripada mubazir kalau membuang makanan dan akhirnya jadi busuk, kamu bisa loh membuatnya lebih awet dengan menaruh irisan lemon di atasnya.

6. Bikin minuman ala kafe

sumber: buzzfeed

Daripada kamu menghabiskan uang berpuluh-puluh ribu hanya untuk segelas minuman cantik di kafe, kamu bisa loh membuat Oreo Coffee Cream di rumahmu sendiri. Cukup sediakan oreo yang dihancurkan dan susu putih, kemudian masukkan ke dalam ice cube atau cetakan es batu lalu bekukan. Setelah selesai, kemudian kamu campur dengan minuman kopi favoritmu.

7. Agar makanan pengganti nasimu ini tetap segar

sumber: buzzfeed

Banyak kaum hawa yang memilih salad sebagai makanan pengganti nasi. Terkadang jika tidak bisa menghabiskannya, mereka membungkus bagian atas mangkuk salad tersebut dengan plastik. Padahal nih, itu bisa membuat salad tidak fresh karena lembab.

Agar salad tetap segar, taruh tisu di bawah bungkus plastik tersebut untuk menyerap uap air.

Kuy lah, coba di rumah masing-masing.

176 Shares

Komentar:

Komentar