Siapa Sangka, Ternyata 7 Benda yang Ada di Rumah Kamu Ini Bisa Dipakai buat Kondisi Darurat

Benda no. 1 bisa juga dipakai saat kamu pengin jadi ninja

Cara kerja akal manusia kadang memang bisa bikin takjub. Ada kalanya kita bisa melakukan improvisasi yang nggak terduga saat dihadapkan dengan kejadian tak terduga. Ya, siapa sangka kalau benda-benda yang biasanya tergeletak begitu aja di dalam rumah ternyata bisa difungsikan di situasi darurat!?

Bayangkan situasi ini:

Saat pagi yang damai, ketika kamu baru bangun tidur, tiba-tiba aja ada bus Damri yang melewat di depan rumah kamu. Asap knalpotnya pasti mengganggu banget ‘kan? Sialnya lagi, ternyata kamu nggak punya masker. Di saat mendesak seperti itu, sebenarnya kamu bisa…

1. Memanfaatkan bra sebagai masker

via imgur.com/drinkerofbleach

Kedengarannya memang sedikit konyol. Tapi kenyataannya, sebagian besar bra memang bisa menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Talinya pun bisa dilingkarkan sebagai kaitan di telinga.

Namun yang perlu diperhatikan, usahakan agar kamu selalu menyediakan masker yang layak pakai di rumah. Bra hanya dipakai saat kondisi darurat alias jika kamu benar-benar nggak punya masker. Dan terutamanya, kamu cuma bisa memakai bra sebagai masker kalau kamu lagi ada di rumah.

Bra sendiri nggak bisa sepenuhnya menyaring partikel seperti asap dan debu secara maksimal. Lagian kamu nggak malu dilihat orang? Kalau kamu nggak keberatan jadi bahan gunjingan tetangga, ya silakan aja pakai masker bra pas kamu lagi jalan-jalan.

2. Kertas timah untuk menghangatkan diri

Benda yang bisa dengan mudah kamu temui di dapur ini tak hanya berguna untuk kegiatan masak-memasak, tapi juga bisa kamu gunakan untuk bertahan hidup.

Permukaan kertas timah itu bisa memerangkap panas tubuh dan memantulkannya kembali, sehingga tubuh kamu jadi tetap hangat. Dalam kondisi darurat, kamu bisa menggunakan kertas timah sebagai selimut atau kaos kaki. Tapi karena kertas timah gampang robek, kamu harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan terlalu brutal.

3. Pembalut sebagai penutup luka

via facebook.com/Cindy Nobles

Selain digunakan untuk menampung darah bulanan (khusus untuk wanita), pembalut juga bisa digunakan sebagai penutup luka. Pembalut bahkan bisa menyerap darah dari luka lima kali lebih banyak jika dibandingkan dengan perban kapas biasa.

Tambahan informasi: pembalut biasanya dibuat dari Cellucotton, katun yang biasa digunakan untuk operasi saat Perang Dunia I.

4. Odol untuk menghilangkan gatal akibat gigitan serangga

Video di atas bukan dimaksudkan untuk bahan promosi terselubung atau iklan. Lagian, di mana kita bisa dapat pasta gigi tanpa merek di zaman sekarang?

Anyway, rasa gatal karena gigitan nyamuk atau serangga biasanya bisa bertahan lama. Tapi segatal apa pun kulit kamu, jangan digaruk. Baiknya kamu pergi ke kamar mandi, cari odol, buka tutupnya, lalu oleskan pastanya ke permukaan kulit yang ada bekas gigitan. Dengan restu Tuhan, rasa gatal dan bentol-bentol tersebut bakalan reda.

Selain meredakan gigitan serangga, odol juga bisa digunakan untuk kulit melepuh dan kaki atlet. Tapi yang perlu diingat, kamu cuma bisa memakai odol untuk luka kecil, bukan luka yang parah. Odol malah bisa memperburuk kondisi luka yang parah lho.

5. Kaus untuk menyaring air

Entah itu dengan memanfaatkan kapas filter atau karbon aktif, kita punya banyak opsi untuk menyaring air mentah jadi layak minum. Tapi di saat darurat — seperti saat terjebak di hutan atau gunung misalnya — kamu nggak perlu memaksakan diri untuk memakai alat penyaring air yang dijual di departement store. Belinya gimana coba, ‘kan kamu lagi terjebak di hutan.

Alternatifnya, cukup gunakan potongan kain kaus untuk menyaring air yang keruh jadi jernih dan layak minum. Hanya saja prosesnya cukup lama.

Caranya bisa kamu lihat pada video yang ada di atas tuh. Yang perlu kamu ingat, meskipun airnya udah jernih, kamu harus tetap merebusnya jika sebelum mengonsumsi air tersebut.

6. Garpu sebagai senjata

via depositphotos.com

Jika alat kejut listrik atau semprotan merica dirasa terlalu merepotkan buat dibawa-bawa, kamu bisa memanfaatkan garpu untuk alat perlindungan diri. Terlebih lagi kalau kamu orang yang selalu khawatir saat keluar rumah malam-malam sendirian. Selain mudah didapat dan ringan, garpu juga praktis buat dibawa ke mana-mana.

Kekurangan dari garpu mungkin ada di ukurannya yang pendek.

7. Tali sepatu untuk memotong zip tie

Misalnya saja karena nasib yang kurang beruntung, kamu diculik penjahat bengis (semoga saja ini nggak akan pernah terjadi). Dan karena si penculik itu dulunya terlalu banyak nonton film Jean Claude van Damme, dia pun memasang zip tie ke pergelangan tangan kamu.

Lalu bagaimana caranya biar kamu bisa melarikan diri? Sedangkan 30 menit lagi pentas drama anak kamu akan dimulai, dan kamu sudah janji dari jauh hari bakal menontonnya.

Kamu bisa menggunakan tali sepatu untuk melepaskan diri dari jeratan zip tie. Untuk caranya sendiri, kamu bisa langsung lihat di video yang tersedia. Coba deh langsung praktikkan. Anak sekecil itu aja bisa, apalagi orang dewasa!?

Tapi jangan pernah memutar atau menggeliangkan tangan saat kamu melakukannya. Itu hanya bikin tangan kamu jadi tambah sakit. Kulit kamu yang mulus pun bisa tergores.

Ternyata kreatif juga ya mereka yang menemukan cara-cara di atas. Apa kamu punya tips dan trik lain seputar alat-alat mainstream yang bisa dimanfaatkan saat situasi darurat?

23 Shares

Komentar:

Komentar