6 Hal Ini Wajib Kamu Ingat ketika Merasa Kewalahan Menjalani Hidup

Ternyata bersyukur bukan satu-satunya cara supaya kamu bisa gak ngerasa stuck sama hidup kamu, loh.

:

“Kalau kau ingin berhenti… Ingat tuk mulai lagi.

Tetap semangat dan teguhkan hati.

Di setiap hari, sampai nanti… Sampai mati.”

Hayooo siapa yang tahu lirik lagu di atas? Yup… Ini adalah lirik lagu dari band asal Yogyakarta yang hits banget di awal tahun 2000-an, Letto. Lirik lagu yang memotivasi kita buat tetap semangat meski lagi ngerasa stuck sama hidup ini bisa jadi salah satu motivasi kita buat menghadapi berbagai tantangan hidup yang bikin kita kewalahan. Biar makin afdol, sambil dengerin lagu ini kamu juga bisa jadiin 6 hal ini sebagai reminder kalau hidup gak akan selalu stuck dan bikin kewalahan. Yuk, dicatet!

1. Gak cuma kamu yang ngalamin

1
Via: ak5.picdn.net

Target skripsi yang molor, beban kerjaan yang berat sampai diputusin pacar adalah hal-hal yang juga dialamin sama milyaran manusia di bumi ini. Setiap hari manusia ngadepin masalah yang sama dan terbukti kita selalu berhasil ngatasin itu semua. Inget, manusia itu diciptain buat ngalahin tantangan, bukan buat jadi produk gagal. Ngerasa capek itu wajar, tapi kalau terkukung di perasaan itu? Big no-no!

2. Capek itu cuma di mindset kamu

adhd-overwhelmed
Via: adhd.newlifeoutlook.com

Akal yang kita miliki punya kekuatan yang super besar dalam mengontrol hidup kita. Dalam bukunya yang berjudul As a Man Thinketh, James Allen bilang:

“As he thinks, so he is; as he continues to think, so he remains.”


Kita punya kontrol penuh sama pikiran kita dan ini artinya kita juga punya kontrol penuh buat jadiin diri kita sosok seperti apa. Ketika kamu ngerasa capek sama hidup kamu, coba ambil waktu istirahat sebentar buat ngilangin penat dan semua pikiran negatif yang ada di kepala kamu. Hasilnya dijamin kamu bakal ngerasa fresh buat memulai kegiatan kamu lagi.

3. Berani memulai justru bakal kasih perubahan

sb10062935a-002
Via: huffpost.com

Mungkin kamu ngerasa kewalahan dan gak punya energi buat nyelesein kerjaan yang numpuk belakangan ini. Tapi jangan biarin hal ini jadi alasan buat kamu terus-terusan loyo dan gak mulai-mulai kerja. Diem dan terus-terusan ngebayangin skenario buruk yang bakal terjadi sama kamu, gak akan bikin kerjaan kamu selesai, loh.

4. Semuanya nggak seburuk yang kamu kira

woman-enjoying-breath-of-wind_23-2147670157
Via: Freepik.com

Salah satu cara supaya kamu gak terus-terusan berpikir kalau kamu adalah manusia tercapek di dunia, adalah dengan melihat ke bawah. Coba kamu ikut program relawan di daerah sekitar kamu, dari situ kamu bakal sadar kalau masih banyak orang yang punya masalah lebih berat dari kamu, tapi mereka tetap bisa survive menghadapi itu semua. Selain bakal bikin mata kamu jadi terbuka, kamu juga bakal jadi sosok yang lebih bersyukur sama diri kamu sendiri.

5. Inget perjuangan orang-orang di sekitar kamu

silhouette-of-family-playing-on-the-beach_1160-596
Via: Freepik.com

 

Papa dan Mama kamu pasti udah berjuang habis-habisan buat ngusahain anaknya supaya sukses. Saat kamu ngerasa down, ingat pengorbanan dan perjuangan keluarga kamu selama ini supaya kamu ingat bahwa banyak orang percaya dan naruh harapan sama kamu. Jadi, jangan kecewain mereka dengan berlarut-larut dalam kemalasan, ya!

6. Bersyukur

close-up-of-guy-with-hands-together_23-2147562529
Via: Freepik.com

Hal terakhir yang wajib kamu lakuin saat ngerasa kewalahan adalah bersyukur. Mungkin kamu memang gak milikin semua hal yang kamu pengen, tapi kenapa harus fokus sama hal-hal yang gak kamu milikin? Mending syukuri hal-hal yang kamu punya supaya kamu gak terjebak sama rasa gak bersyukur berkepanjangan.

 

Semoga dengan nerapin enam hal di atas, kamu-kamu yang lagi ngerasa stuck sama hidup bisa jadi tahu harus ngelakuin apa biar bangkit lagi, ya! Selain tips di atas, kira-kira ada tips lain yang bisa kamu share supaya kita jadi tambah semangat ngejalanin hidup, gak?

Komentar:

Komentar