6 Cara Membuka Situs yang Diblokir secara Cepat, Mudah, dan Gratis!

Selamat tinggal, pemblokiran!

Di tahun 2019 ini saya yakin sebagian besar netizen sudah tahu cara membuka situs yang diblokir. Entah itu situs yang memang sengaja diblokir oleh pemerintah seperti Reddit atau Vimeo, atau situs yang diblokir karena ada pembatasan akses di luar area seperti Hulu.

via youtube.com

Situs yang sengaja diblokir oleh pemerintah biasanya sih mengandung 10 kategori ini: SARA, pornografi, penipuan atau perdagangan ilegal, narkoba, perjudian, radikalisme, kekerasan, eksploitasi anak, keamanan internet, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Sedangkan untuk situs yang diblokir karena pembatasan akses, itu merupakan hasil dari kebijakan penyedia layanannya.

Terus cara-cara apa saja yang paling mantap untuk dipakai membuka situs yang diblokir? Ada 6 cara yang mudah.

1. Mengubah dari HTML ke PDF

Cara membuka situs yang diblokir pertama adalah mengubah atau convert dari HTML ke PDF. Cara ini bisa kamu lakukan kalau halaman situs yang kamu inginkan bentuknya statis atau banyak tulisan. Sedangkan untuk web yang isinya dipenuhi gambar atau video, metode ini kurang direkomendasikan.

Untuk caranya sendiri, kamu tinggal masukkan tautan atau link yang kamu inginkan ke sini. Tunggu beberapa saat, dan kalau sudah selesai tinggal unduh. Cara ini sudah saya coba untuk membuka Reddit. Contoh penampakannya ada pada gambar di atas tuh.

2. Telusuri arsip di Wayback Machine

Kamu pernah pergi ke perpustakaan dan melihat arsip untuk mencari buku yang kamu inginkan? Nah, cara kedua ini konsepnya mirip seperti itu.

Di Wayback Machine kamu dapat mencari arsip situs di internet berdasarkan tanggal, bulan, dan tahunnya. Kalau kamu tahu kapan persisnya informasi tersebut disimpan, cara ini bisa kamu gunakan. Hanya saja nggak ada jaminan tautan atau video yang ada di arsip bisa kamu akses, karena nggak semuanya diarsip oleh situs ini.

3. Mengunduh aplikasi VPN

Untuk cara membuka situs yang diblokir satu ini kayaknya sudah jadi rahasia umum di kalangan netizen tanah air deh. Habisnya sudah banyak netizen yang tahu cara ini sebelumnya.

Untuk penggunaannya pun terbilang mudah dan praktis: tinggal unduh, pasang, aktifkan, dan gunakan. Bentuk aplikasi ini juga beragam. Ada yang berupa ekstensi browser seperti Zenmate atau anonymoX, aplikasi PC seperti HotspotShield, atau aplikasi smartphone seperti Turbo VPN atau NordVPN.

4. Memanfaatkan browser khusus

Cara yang keempat ini hampir sama dengan cara ketiga, tapi dalam bentuk browser. Kalau lewat aplikasi kan harus diaktifkan dulu, baru buka browser untuk mengaksesnya. Tapi kalau pakai cara ini, kamu tinggal buka browser dan langsung bisa membuka situs yang diinginkan.

Beberapa browser yang bisa kamu gunakan antara lain Opera Browser (Windows), TorBrowser (Windows), Puffin Web Browser (Android), dan Aloha Browser (Android). FYI, untuk Opera Browser, VPN sudah termasuk fitur bawaan. Jadi kamu nggak perlu instal lagi. Tinggal aktifkan di pengaturan dan bisa langsung gunakan.

Untuk sistem operasi yang lain saya kurang tahu karena belum pernah mencobanya. Kalau ada yang mau memberi masukan, kamu bisa tulis di kolom komentar.

5. Menjelajah dengan web proxy

Kalau kamu termasuk tipe yang malas unduh aplikasi dan sudah kadung nyaman dengan browser tertentu, kamu bisa memanfaatkan web proxy seperti HIDEmeHide My Ass!, atau My-Proxy.

Cara pakainya mudah kok, tinggal masukkan alamat URL ke kotak yang sudah disediakan.  Dan kamu pun sudah bisa menjelajahi situs yang sebelumnya kena pemblokiran.

6. Ganti DNS yang kamu pakai

via play.google.com/Cloudflare

Tahu nggak kalau pengubahan DNS itu bisa memengaruhi kecepatan browsing atau membuka blokir? Dari beberapa cara membuka situs yang diblokir, ini merupakan cara yang gampang-gampang susah. Kamu harus cari dulu daftar DNS yang “aman dan nyaman” sebelum mencobanya. Kalau DNS tersebut ternyata nggak bisa, ya harus ganti yang lain; kalau bisa, ya tinggal pakai.

Tapiiii…. Sejak Cloudflare mengeluarkan aplikasi mobile bernama 1.1.1.1 DNS yang bisa digunakan di iOS dan Android, pengubahan DNS jadi lebih mudah. Seenggaaknya itu lebih gampang untuk perangkat smartphone.

Kamu tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan mengaktifkannya, dan selanjutnya DNS kamu akan langsung berubah menjadi DNS spesial itu. Situs yang tadinya terblokir pun bakal bisa kamu akses. Untuk perangkat selain smartphone, sudah ada langkah-langkahnya kok di situs resmi 1.1.1.1 DNS. Tinggal kamu ikuti saja petunjuknya.

via 1.1.1.1

Dari 6 cara membuka situs yang diblokir di atas, semuanya nggak ada yang ribet ‘kan? Kebanyakan tinggal unduh atau langsung gunakan. Tentunya keenam cara tersebut harus kamu gunakan secara bertanggung jawab ya. Tentu ada alasan kuat kenapa pemerintah memutuskan untuk memblokir suatu situs, terlepas dari segala kontroversinya.

Lagipula kalau situs tersebut mau bekerja sama dengan pemerintah, pasti bakal dibuka kok. Contohnya? Lihat Telegram dan Tumblr.

Oh iya, kalau kamu punya cara membuka situs yang diblokir selain 6 cara di atas, kamu bisa ikut berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar.

19 Shares

Komentar:

Komentar