Patut Dicoba nih, 5 Tips supaya Kamu Tidur Nyenyak meski Udara Lagi Panas-panasnya

Kalau masih nggak mempan, baru deh kamu coba tidur di kulkas!

:

Tidur dalam kondisi udara panas memang nggak akan pernah jadi pengalaman hidup yang menyenangkan. Kalau udara lagi dingin, kita bisa bersembunyi di balik selimut tebal atau pakai jaket dan kaus kaki tebal. Lah, kalau panas? Buka baju dan tidur dengan keadaan bugil pun kadang nggak mempan. Masa iya harus kayak gini?

Ya nggak gini juga malih!/via levante-emv.com

Jika di kamar kamu ada AC, masalah bisa langsung selesai. Tapi gimana kalau kamu nggak punya AC? Mau pakai kipas angin? Asal kamu tahu, buat sebagian orang, setiap hari tidur pakai kipas angin itu nggak bagus juga (baca: bahaya masuk angin mengintai). Jadi saat tidur di malam hari, lebih baik kalau kamu jangan sering-sering pakai kipas angin.

Memaksakan diri tidur dalam kondisi ruangan yang panas pun sebenarnya bakal kasih dampak buruk. Logikanya gini, di suhu yang panas, badan kamu pasti mengeluarkan lebih banyak keringat. Saat kamu tidur, otomatis kamu nggak akan bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Gimana mau minum, kamunya aja lagi dalam keadaan tidur. Walhasil, saat kamu bangun, tubuh kamu bakal mengalami dehidrasi dan terasa lemas. Lagi pula tidur dalam kondisi suhu ruangan panas juga bakal bikin kualitas tidur kamu menurun.

Jadi solusinya gimana dong, apalagi buat kamu yang tinggal di kota seperti Jakarta yang panasnya kadang bisa, uuuh… gila banget itu? Tenang, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba.

1. Dinginkan seprai secara manual

via pio3/Shutterstock

Semprot seprai secukupnya dengan air dingin dan gantung di tempat yang berangin. Lalu ketika jam dinding sudah menunjukkan waktunya tidur, langsung pasang seprai dingin tersebut di ranjang tempat engkau memadu cinta. Euhm… maksudnya tempat engkau memejamkan mata.

Tapi cara ini membutuhkan perjuangan dan waktu yang memadai. Kalau kamu termasuk orang yang sering malas gerak atau nggak punya waktu luang banyak, luangkan waktu sebentar deh buat melakukannya. Nggak akan lama kok.

2. Pasang AC DIY

Siapkan semangkuk es batu dan letakkan di depan kipas angin.

Bukan es yang ini ya/via williams-sonoma.com

Setelah itu arahkan kipas angin sedemikian rupa, hingga anginnya nggak mengenai badan kamu secara langsung. Misalnya kalau kepala kamu posisinya di utara dan kaki di selatan, arahkan kipas ke barat atau timur.

Hmm, kamu nggak ngerti arah mata angin? Coba buka lagi buku geografi, RPUL, atau apa pun itu, lalu pelajari.

3. Mandi sebelum tidur

via mpasho.co.ke

Jangan kehilangan akal jika kamu nggak bisa mendinginkan kamar. Daripada pusing-pusing, coba dinginkan saja badanmu. Sesekali mandi dengan air dingin sebelum tidur itu nggak ada salahnya, walaupun sangat disarankan agar kamu nggak terlalu sering melakukannya. Biar bagaimanapun, mandi pakai air dingin saat malam hari itu nggak baik buat kesehatan.

Kalau mau benar-benar aman, mandi aja dengan air hangat. Pengaruh mandi air hangat memang nggak akan semaksimal jika kamu mandi pakai air dingin. Tapi seenggaknya, badan nggak akan terlalu lengket oleh keringat di saat kamu akan tertidur.

4. Kompres badan

Kalau mau kayak gini juga boleh sih/via journals.worldnomads.com

Kalau nggak kuat mandi air dingin malam-malam, coba alternatif lain. Basahi bandana atau kaus kaki dengan air dingin, kemudian peras supaya nggak membasahi kasur atau bantal. Setelah itu lipat jadi bentuk kotak dan letakkan di leher atau area yang dekat dengan pembuluh darah utama.

5. Matikan semua peralatan elektronik

via kiwireport.com

Peralatan elektronik yang menyala atau kabelnya masih menancap di stop kontak (bahasa Turki-nya, cocolok) dapat memancarkan panas. Dan suhu ruangan yang awalnya sudah panas bisa jadi lebih menyiksa raga dan jiwa cuma gara-gara barang elektronik masih nyala. Oleh karena itu, sebelum kamu tidur pastikan kabel laptop, PC, TV, dispenser, penanak nasi, dan mesin cuci tercabut dari stop kontak.

Ya, kali aja kamu orangnya hobi simpan dispenser, penanak nasi, dan mesin cuci di dalam kamar tidur.

Kalau kamu terlalu malas untuk nyabut kabel, matikan saklar terminal seperti pada gambar di atas. Dan kalau kamu terlalu malas untuk mematikan saklar, saya ucapkan selamat tertidur hanya dengan memakai celana dalam sambil kipas-kipasin badan pakai majalah tipis.

Oh iya, selain itu mematikan lampu sebelum tidur juga bisa mengurangi panas lho.

Kalau kamu belum pernah mencoba 5 cara di atas, mungkin kamu bisa memulainya dari malam ini. Yaah, mau mulainya besok juga nggak apa-apa sih. Itu terserah kamu.

Tapi, kalau semua cara sudah dicoba tapi kamu masih kepanasan, mungkin sudah waktunya beli AC dan pasang di kamar tidur. Merasa AC kemahalan? Iya sih, AC memang lumayan mahal. Kamu tahu merek AC yang murah tapi berkualitas?

19 Shares

Komentar:

Komentar