5 Aplikasi Edit Foto Gratis yang Bisa Jadi Alternatif Filter Bawaan Instagram

Karena foto bibir manyun tanpa editan itu kurang mantap!

:

Selama saya hidup lebih dari 20 tahun di dunia ini, saya tahu satu kata ajaib yang bisa bikin orang antusias. Dari yang awalnya lesu, itu orang semangatnya bisa jadi berlipat ganda setelah dengar kata ini. Ya, apalagi kalau bukan kata “gratis”!

Bandingkan, mana yang lebih terdengar merdu di telinga: Nasi Padang Gratis atau Nasi Padang Serba Rp5.000? Jika kamu pilih opsi yang kedua, saya nggak ngerti sama jalan pikiran kamu.

Itu makanya di artikel ini saya kasih kamu rekomendasi aplikasi edit foto gratis. Memang, filter bawaan Instagram udah lebih dari mencukupi buat bikin orang melirik foto kamu. Tapi kalau kita bicara soal kualitas, aplikasi editing punya sisi kelebihan yang nggak dimiliki filter Instagram.

Dan di antara sekian banyak aplikasi edit foto untuk smartphone, ini 5 aplikasi yang harus kamu coba. Nggak ada salahnya ‘kan mencoba sesuatu yang baru?

1. Adobe Photoshop Express

via play.google.com

Sampai dengan bulan Juni 2018, sudah ada sekitar satu juta pengguna Instagram yang menggunakan 40 filter bawaannya. Bahkan kamu bisa menjumpai ribuan foto menggunakan filter yang sama. Yang jadi pertanyaan adalah apa kamu nggak mau nyoba filter selain Clarendon, Juno, Lark, atau Lo-fi? Nggak bosan apa lihat foto dengan filter yang itu-itu terus?

Kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang unik dan berbeda, sesekali pakai deh Adobe Photoshop Express. Aplikasi dari Adobe ini punya banyak banget pilihan filter yang bisa kamu pilih untuk memberi warna dan tone yang berbeda.

Ada filter artistic yang bisa membuat gambarmu seperti lukisan, sketch untuk membuat fotomu terlihat seperti gambaran tangan, atau render untuk membuat pola awan, lens flare, dan efek kilat pada fotomu.


Download di Play Store | App Store

2. Snapseed

via play.google.com

Ketika mau unggah foto di Instagram, kamu memang bisa mengeditnya terlebih dahulu. Tapi yang bisa kamu edit hanyalah satu foto itu secara keseluruhan, bukan bagian-bagian tertentu. Gimana kalau kamu cuma pengin mengedit bagian tertentu, misal awan atau langitnya doang?

Solusinya, kamu bisa mencoba Snapseed. Lewat aplikasi ini kamu bisa memilih bagian tertentu dalam foto, lalu coba bereksperimen dengan editing eksposur, saturasi, atau fitur-fitur lainnya.

Download di Play Store | App Store

3. After Focus

via play.google.com

Cukup memanfaatkan After Focus, dan kamu nggak perlu smartphone mahal dengan dual camera demi membuat foto bokeh yang ciamik. Tinggal pilih area yang diinginkan, terus jadi deh.

“Eeh, tapi kan Instagram udah ada fitur bokeh di Portrait Modenya?”

Iya sih, tapi kan cuma bisa lewat Story. Dan kita nggak bisa menentukan area mana yang mau di-bokeh-in. Kalau pakai After Focus, kamu bisa dengan bebas menentukan areanya.

Download di Play Store | App Store

4. LightX

Fitur di Instagram bisa dibilang sudah “oke lah” walau belum “cakep bener”. Soalnya di Instagram kamu nggak bisa (atau belum bisa) pakai efek seperti double exposure, multi-image blending, menerapkan warna pada objek tertentu di foto hitam putih, atau fitur-fitur advanced lainnya.

Kalau ingin menggunakan efek canggih tersebut, mau nggak mau kamu harus mengandalkan aplikasi edit video seperti LightX. Hanya saja aplikasi ini hanya digratiskan bagi pengguna Android, sedangkan pengguna iPhone harus bayar $3.99 (sekitar Rp58.000).

Download di Play Store | App Store

5. AirBrush

via play.google.com

Buat para ciwi-ciwi, sekarang kalau mau keliatan cantik di foto nggak perlu dandan lama. Kamu bisa pakai fitur beautification alias dandan virtual pakai aplikasi ini. Entah itu mau menyembunyikan jerawat, mencerahkan kulit, atau ganti warna kulit, semua bisa!

Beda dengan beauty camera yang langsung menyulap wajah kita secara langsung, dengan aplikasi ini kamu bisa memilih apa yang ingin kamu rombak secara bertahap.

Download di Play Store | App Store

Terkadang foto yang diambil secara natural itu bisa terlihat menawan. Tapi, mari kita bicara jujur. Di mana ada permintaan, di situ ada penawaran. Nggak mungkin filter atau aplikasi edit foto kayak di atas eksis jika nggak ada orang yang pengin mempercantik foto mereka.

Dan nggak usah ragu untuk bereksperimen. Siapa tahu keindahan yang ingin kamu tampilkan lebih terpancar setelah menggunakan aplikasi-aplikasi itu.

BTW, berapa banyak di antara kamu yang sudah pakai 5 aplikasi di atas?

Komentar:

Komentar