12 Trik Rahasia Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Mudah Mengingat

Yuk, buat ingatanmu lebih baik lagi

:

Kita sudah mulai mengingat segala sesuatu semenjak kita lahir. Namun, kita seringkali melupakan banyak hal. Hmm, kenapa ini bisa terjadi, ya?

Dilansir dari BrightSide, setelah dipelajari, hal ini terjadi karena beberapa faktor dan ada 12 cara yang sangat efektif dalam mengingat suatu hal. Tahukah kalian bahwa ada cara universal yang dapat membantu kita dalam mengingat sesuatu? Cara yang dicetuskan oleh Hermann Ebbinghaus, seorang psikolog Jerman ini benar-benar efektif, lho.

Otak kita menjaga agar memori yang kita tampung tidak overload dengan informasi yang kurang berguna. Itulah kenapa informasi yang disimpan dalam short-term memory, apabila kita tidak mengulangnya atau menggunakannya kita akan melupakannya secara cepat.

Dalam curva yang dibuat oleh The Ebbinghaus Forgetting Curve memperlihatkan bahwa setelah satu jam kita mempelajari sesuatu kita akan melupakan sebagian dari apa yang telah kita pelajari. Satu minggu kemudian kita hanya akan mengingat 20% dari apa yang sudah kita pelajari.

Untuk membuat informasi yang telah kita dapat berada di ingatan kita lebih lama, kita harus menyimpannya di long-term memory. Nah, untuk pengaplikasiannya, kita tidak bisa langsung memaksakan informasi tersebut masuk ke otak karena otak akan menolaknya. Bila kita mau mengingatnya lebih lama, kita harus memperpanjang periode ingatan kita. Ingatan kita ini sebenarnya dapat diperpanjang periodenya selama beberapa hari, atau bahkan beberapa minggu, lho.


Kalau kamu penasaran bagaimana caranya, berikut ada 12 cara yang efektif untuk memperpanjang interval memori kita dan dinilai sangat efektif. Apa saja cara tersebut? Ini dia nih.

1. Coba mengerti apa yang sedang kamu pelajari

via Tenor GIF Keyboard

Sesuatu yang kita mengerti dan pahami akan otomatis diingat oleh otak 9 kali lebih cepat.

2. Pahami informasi yang paling penting

Tentukan prioritas informasi yang ingin kamu pahami, agar lebih mudah dicerna oleh otak.

3. Penempatan yang tepat

Apabila kamu mempelajari sesuatu, hal pertama dan terakhir yang kamu lihat adalah yang akan paling kita ingat dengan baik nantinya.

4. Jangan mencampur informasi

Membaca dengan cepat dan berpindah-pindah bacaan dengan cepat akan membuat informasi tercampur dan seringkali malah menjadi kacau.

5. Belajar lah secara berkebalikan

Contohnya, apabila kamu belajar bahasa asing dan mengingatnya siang malam. Cobalah menghapalnya dengan menggunakan bahasa kamu sendiri dan mengartikannya ke bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Kamu akan mengingatnya dengan lebih mudah.

6. Buatlah “mind palace” mu sendiri

via worldofthemindpalace.tumblr.com

Yang dimaksud dengan mind palace di sini adalah dimana ketika kamu mempelajari sesuatu, cobalah untuk mengasosiasikan hal yang kamu pelajari dengan benda di sekitarmu. Ulangi beberapa kali. Cara ini dinilai membuat belajar lebih mudah.

7. Gunakan “nail words”

Dalam teknik ini kamu bisa menyambungkan satu hal yang kamu pelajari dengan hal lainya. Dengan cara ini apabila kamu mengingat satu hal, maka akan membuat kalian mengingat hal lainya.

8. Asosiasikan kata-kata baru dengan sesuatu yang sudah kalian kenal

Apabila kamu sedang mempelajari suatu bahasa, kamu bisa mengingat kata-kata baru yang kalian pelajari dengan sesuatu yang sudah kalian kenal.

9. Buatlah sebuah cerita

Gunakan setiap hal yang baru kamu pelajari kedalam cerita yang kalian buat. Sambungkan setiap point penting kedalam cerita namun semua hal itu haruslah berhubungan. Jangan lupa, buat plot yang menarik agar proses belajar jadi lebih menyenangkan.

10. Gunakan perekam suara

Rekam informasi penting yang sudah kamu pelajari dan dengarkan rekaman tersebut berulang-ulang. Metode ini akan lebih efektif apabila digunakan oleh orang yang memang memiliki daya rekam suara yang tinggi.

11. Melalui gerakan

Gunakan bahasa tubuh ketika belajar. Cara ini juga akan membantu memori otot kalian terpacu.

12. Gunakan alat belajar yang kamu anggap terbaik

Jangan gunakan buku atau cara belajar yang sudah kamu coba namun tetap gagal. Cobalah sesuatu yang baru dan buku yang paling tepat untuk kamu. Jangan buang waktu dan energi kalian untuk mempelajari sesuatu yang sudah terbukti salah atau tidak efektif.

 

Nah, tadi itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kalian mengingat lebih mudah. Gimana menurut kamu? Apa kamu tertarik mencobanya? Kalau kalian sudah mencobanya, beritahu kami seperti apa hasilnya di kolom komentar, ya!

Komentar:

Komentar