10 Cara Menggemukkan Badan dengan Sehat, Nggak Perlu Pakai Obat

Bye bye badan lidi...

Permasalahan berat badan itu nggak cuma perkara menurunkan doang. Ada juga orang-orang yang punya keinginan buat menggemukkan badan, dan mungkin salah satunya kamu. Sudah seberapa sering kamu membuka Google dan mengetikkan kata kunci “cara menggemukkan badan”? Belasan kali? Lalu bagaimana hasilnya, apa berat badan kamu naik?

Berat badan seseorang itu dipengaruhi banyak hal. Dan dari sekian banyak faktor tersebut, faktor genetik juga termasuk di dalamnya. Artinya jika orangtua kamu punya badan yang kurus dari sananya, bakalan agak sulit bagi kamu menaikkan berat badan.

Tapi jangan keburu patah arang dulu. Coba 10 cara menggemukkan badan di bawah ini, apalagi kalau orangtua kamu badannya nggak kurus.

1. Hindari minum sebelum makan

via freepik.com

Sebagian orang mungkin punya kebiasaan minum sebelum makan, entah itu minum air putih, minuman berasa, atau air ludah sendiri. Tapi karena kamu lagi dalam proses menaikkan berat badan, coba deh mulai sekarang hindari minum sebelum makan. Kebiasaan seperti ini nih yang bisa jadi penyebab kamu gampang kenyang, padahal makanan yang masuk ke perut baru sedikit.

Ditambah lagi, minum tepat sebelum makan bisa melemahkan cairan pencernaan dalam tubuh kamu. Alhasil sistem pencernaan pun jadi bekerja kurang efektif.  Supaya sistem pencernaannya baik, minumlah setengah jam sebelum makan.

Boleh dicoba nih cara menggemukkan badan yang satu ini, berat badan naik dan sistem pencernaan juga tetap sehat. Kalaupun kamu terpaksa minum karena mulut kering, minumnya nggak usah banyak-banyak. Minimalnya mulut jadi basah dan kamu nggak susah menelan makanan.

2. Lebih baik makan sedikit tapi sering, daripada makan banyak tapi jarang

via freepik.com

Punya badan yang kurus kadang bikin kamu lebih cepat kenyang. Satu porsi makanan yang kamu pesan pun kadang nggak habis disantap. Bukannya bikin gemuk, tapi makanan malah jadi mubazir deh.

Kalau kamu pengin berat badan naik, disarankan buat makan dengan porsi yang nggak terlalu banyak. Di sisi lain, tingkatkan frekuensi makan kamu.

Misalnya satu hari kamu bisa makan dengan porsi sepiring kecil. Dari yang awalnya kamu makan dua/tiga kali sehari, tingkatkan freakuensinya sampai lima/enam kali. Tapi ingat, makan makanan yang bernutrisi ya. Bukan camilan yang lebih banyak anginnya.

3. Perbanyak makan buah

via freepik.com

Macam-macam buah yang dianjurkan buat menggemukkan badan adalah yang punya kandungan gula alami: mangga, pepaya, pisang, dan nanas. Dari gula alami itulah kalori di dalam tubuh kamu bisa bertambah, tapi tetap menyehatkan.

Selain buah-buah di atas, kamu juga bisa mulai rajin mengonsumsi avokad biar angka di timbangan berat badan kamu bertambah. Avokad itu mengandung 140 kalori dan beberapa manfaat lain seperti vitamin E, asam folat, dan kalium.

Niscaya, dengan rajin makan Avokad, badan kamu bisa tambah berisi sekaligus sehat.

4. Ganti minuman bersoda dengan jus atau smoothies

via freepik.com

Iya, daripada kamu minum minuman bersoda hampir setiap hari, kamu bisa menggantinya dengan jus atau smoothies.

Selain menambah variasi dalam mengonsumsi buah, makanan yang halus nutrisi bisa lebih cepat diserap oleh tubuh sekaligus lebih cepat membuat badan gemuk. Dan hidangan halus nutrisi itu bisa kamu temukan di jus atau smoothies.

Biar jusnya makin enak, campurkan dengan yoghurt atau susu sesuai selera kamu. Lebih enak lagi kalau jusnya dibayar teman.

5. Tinggalkan rokok

via freepik.com/katemangostar.com

Bisa jadi alasan kenapa berat badan kamu susah naik meskipun sudah mencoba berbagai cara, adalah karena kamu merokok.

Kandungan nikotin yang ada dalam rokok bisa mengacaukan hormon yang ada dalam tubuh. Efeknya nafsu makan kamu jadi berkurang. Nah lho, gimana mau gemuk kalau kamu nggak nafsu makan?

Efek dari merokok pada nafsu makan berbeda untuk setiap orang. Ada juga perokok yang tetap gemuk kok. Tapi, jika selama ini kamu merokok, coba berhentilah. Karena bukan cuma berpengaruh ke berat badan, merokok juga membahayakan kesehatan.

6. Perhatikan waktu tidur

via freepik.com/boryanam

Buat menaikkan berat badan nggak cukup dengan menjaga asupan makanan saja. Pola tidur juga harus diperhatikan lho.

Tidur yang berkualitas itu sekitar delapan jam. Berhubung kamu berniat menambah berat badan, coba kurangi waktu tidur kamu jadi enam jam saja. Katanya sih dengan mengurangi jam tidur, nafsu makan kamu jadi lebih besar.

Selain itu coba untuk tidur sedikit lebih malam. Soalnya di malam hari metabolisme tubuh bergerak dengan lambat. Oleh karena itu makanan yang masuk ke dalam tubuh pun akan tertimbun lebih banyak dan mengendap menjadi lemak.

7. Meminum susu

via freepik.com

Susu jadi salah satu pangan yang kaya akan lemak dan kalori, cocok tuh buat kamu yang sedang berusaha menggemukkan badan. Tapi minumnya harus dengan takaran yang pas, jangan berlebihan. Pilih susu sapi yang berjenis full cream supaya nutrisi yang didapat juga lebih banyak.

Minum susu sapi cukup tiga kali seminggu. Jangan lupa dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat dan…

8. Olahraga rutin

via everydayhealth.com

“Mau gemuk kok disuruh olahraga? makin kurus dong nanti.”

Eits… jangan salah lho, olahraga itu juga bisa bikin badan kamu lebih berat. Dengan berolahraga, massa otot kamu akan bertambah. Bukan menambah lemak seperti cara menggemukkan badan di poin-poin sebelumnya.

Olahraga yang bisa buat berat badan naik di antaranya berenang, bersepeda, angkat beban, tinju, squat, dan push up. Biar hasilnya maksimal usahakan olahraga yang rutin ya. Buat memulainya coba dari yang paling bisa kamu lakukan saja dulu.

9. Memakan madu

via freepik.com

Madu yang dikenal sangat manis bisa membuat berat badanmu bertambah karena kalori yang ada di dalamnya cukup banyak. Selain itu madu juga mengandung jenis gula fruktosa yang bisa membantu memproduksi lemak tubuh lebih banyak.

10. Makan makanan tinggi protein

via cathe.com

Makanan yang memiliki protein tinggi memang ampuh untuk menaikkan berat badan. Mulai sekarang kamu bisa isi menu makan harian dengan makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu (yoghurt atau keju), kacang polong, dan kacang-kacangan.

Dengan protein, massa otot bisa ditingkatkan sehingga berat badan juga bertambah.

Semoga cara menggemukkan badan di atas bisa membantu kamu ya. Tapi ingat, terlepas dari niat kamu untuk menaikkan atau menurunkan berat badan, yang paling penting adalah menjalani hidup sehat.

2 Shares

Komentar:

Komentar