Ini Lho 8 Ide Ngabuburit Irit Buat Kamu Yang Ngekos!


Bulan Ramadan ini bagi yang kuliah dan ngekos pasti ada waktu-waktu kamu ngerasa bosen saat ngabuburit. Shopping terlalu sering juga itu cenderung pemborosan buat yang kuliah dan ingin lebih irit. Kalau ingin ngirit ujung-ujungnya pasti jadi banyak tidur. Tapi apa yah kira-kira ide buat ngabuburit yang lebih ekonomis dan lebih produktif? Inilah beberapa ide ngabuburit buat kamu yang ngekos. Yuk disimak!

1. Nonton Serial, Film, atau Video Lucu Bareng Teman-teman Kos

(via il4.picdn.net)
(via il4.picdn.net)

Dari pada tidur saat puasa lebih baik ajak temen kamu nonton serial TV bareng atau nonton film bareng di laptop kamu atau laptop temen kos kamu. Misalnya, kamu bisa ngejadwal buat maraton serial tv bareng atau nonton film di laptop kamu sambil nunggu adzan maghrib. Atau nonton video-video lucu di internet bareng. Kan asik nonton bareng soalnya bakal jadi bahan obrolan nantinya dan bikin kamu lebih deket dengan temen kos kamu dari pada nonton sendirian.

2. Perawatan

(via cdn2.stylecraze.com)
(via cdn2.stylecraze.com)

Kalau ingin lebih rileks dan menghilangkan stress saat berpuasa, mending perawatan sendiri di kosan. Misalnya kamu bisa maskeran atau kamu bisa creambath sendiri sambil nunggu waktu berlalu. Bisa juga kamu rendam kaki di air hangat buat ngilangin stress sambil dengerin musik.

3. Download Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Lain

(via wied.com)
(via wied.com)

Kalau ingin lebih produtif, kamu bisa belajar bahasa lain dengan cara download aplikasi bahasa di handphone kamu atau lewat laptop kamu. Cari saja aplikasi yang menurut kamu asik. Cara ini jauh lebih murah daripada bayar untuk kursus.

4. Belanja ke Pasar Bareng Teman Kos Lain

(via wongjogja.com)
(via wongjogja.com)

Untuk menjalin silaturahmi antar temen kos, belanja ke pasar bareng itu cara yang paling baik. Contohnya, kamu bisa belanja pagi setelah sahur bersama temen kos kamu. Setelah bahan-bahan terkumpul kamu bisa…

5. Masak Bareng Teman Kos

(via wrvu.org)
(via wrvu.org)

Kamu bisa mengundang teman-teman kos kamu untuk masak-masak untuk buka atau sahur bersama-sama. Kamu bisa udunan bahan masakan dan nentuin menu of the day bareng-bareng. Daripada buka di luar mending masak sendiri kan? Selain itu bakal jauh lebih sehat juga.

6. Olah Raga

badminton-1428047_1280
(via pixabay.com)

Sebetulnya ini tergantung masing-masing, tapi olah raga sebelum buka itu bisa dilakukan lho. Misalnya kamu jalan-jalan waktu matahari mulai redup waktu matahari tidak terlalu terik. Kamu bisa foto-foto pake HP kamu atau degnerin musik saat jalan-jalan. Atau kamu pilih satu jenis olah raga yang bisa bikin lupa waktu, seperti badminton misalnya.

7. Bersih-Bersih

(via cdn-a.production.liputan6.static6.com)
(via news.com.au)

Kalau kamu ingin cari suasana baru di kosan kamu, saat ngabuburit kamu bisa bersih-bersih kosan kamu. Kamu bisa lebih banyak mengorganisir hingga yang paling kecil. Ya itung-itung ngatur ulang kamar, misalnya. Kalau berantakan kamar kosannya pasti bikin mood puasa enggak banget deh!

8. Baca

(via muslim.or.id)
(via muslim.or.id)

Yang sudah jelas paling ekonomis dan paling produktif adalah membaca. Kamu bisa membaca novel. Atau membaca majalah dan koran. Atau alangkah lebih baiknya kalau kamu mengkhatamkan Qur’an kamu saat bulan puasa ini saat ngabuburit.

 

Gimana menurut kalian? Bisa dicoba nih ide-ide ngabuburit di atas buat yang ingin lebih irit lagi bulan puasa ini. Kalau menurut kalian, ide ngabuburit irit apa lagi ya yang bisa dicoba?

 

Komentar:

Komentar