Lagi Cari Pekerjaan Yang Sesuai Passion Kamu? Coba Datangi Event Satu Ini

Siapkan CV kamu dari sekarang

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Mungkin kamu sudah pernah dengar ungkapan seperti itu. Tapi di sisi lain, kita semua sama-sama tahu kalau mencari pekerjaan di era persaingan seperti sekarang ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang mengandalkan lamaran yang dikirim online pun nggak cukup; kita perlu langsung bergerak.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi job fair yang diselenggarakan di kota (dekat) tempat tinggalmu. Nah, di sini Selipan mau bagi-bagi informasi buat kamu yang lagi cari pekerjaan idea. Salah satu job fair besar Indonesia Career Expo – Jakarta bakal digelar 6-7 April 2018 di Gedung Smesco Conv. Hall, Jakarta.

Eits, tapi jangan asal berangkat. Persiapkan dulu diri kamu! Dengan persiapan yang matang, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian tentu makin besar. Yuk, disimak hal-hal apa saja yang harus kamu siapkan sebelum datang ke job fair.

1. Dihadiri 70 lebih perusahaan bergengsi, kamu harus punya rencana mau melamar ke mana

via timeshighereducation.com

Dalam Indonesia Career Expo kali ini akan hadir 70 lebih perusahaan dari berbagai bidang, baik Nasional maupun Multi Nasional. Mulai dari BCA, Honda, Kalbe, Frisian Flag, sampai Prudential bakal meramaikan job fair ini. Untuk itu, kamu harus tahu perusahaan mana yang akan kamu lamar. Jangan sampai kamu datang tanpa punya tujuan yang jelas.

Sebaiknya tetapkan dulu perusahaan perusahaan yang kamu incar, lalu cari tahu lebih banyak informasi soal perusahaan tersebut. Jadi saat di lokasi, kamu nggak bakal bingung dan bimbang. Lebih efisien pula, waktu kamu jadi gak banyak terbuang dengan berjalan mondar-mandir di lokasi job fair sambil mikir, “Ini CV harus saya kasih ke perusahaan mana ya?”.

Satu keuntungan lainnya, kamu juga akan lebih siap saat tes wawancara.

2. Lain daripada yang lain, kamu bisa mengenal perusahaan lebih jauh di event ini

via keepoint.co.uk

Sudah pernah ikut job fair sebelumnya? Kamu pasti pernah merasa ragu karena belum kenal betul dengan perusahaan yang akan kamu tuju. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.

Nah, di Indonesia Career Expo perusahaan yang terlibat akan memperkenalkan diri kepada pengunjung di booth mereka. Nggak cuma soal profil perusahaan, mereka juga akan mengenalkan produk dan jasa yang mereka tawarkan pada konsumen. Dengan Company branding yang dihadirkan, ini bakal lebih memudahkan kamu untuk bertanya lebih jauh tentang suatu perusahaan, bukan? Jadi, jangan ragu untuk menyisihkan sedikit waktu kamu di booth perusahaan. Toh, itu dilakukan demi mengenal perusahaan yang (semoga saja) bakal jadi tempat kerja kamu nanti.

3. Sebelum berangkat, cek sekali lagi CV milikmu

via botswanayouth.com

Kalau perusahaan punya company branding, kamu sebagai pelamar punya CV untuk memperkenalkan dan menjual keahlianmu. Belum punya pengalaman kerja alias fresh graduate? Nggak masalah, kamu bisa menonjolkan pendidikan dan keterampilanmu kok.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, CV adalah cara untuk memperkenalkan diri pada perusahaan. Nggak usah ragu untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilanmu. Kamu juga bisa sedikit menambahkan soal kepribadian dan antusiasmemu pada pekerjaan yang akan kamu lamar.

Pastikan juga kamu membawa cukup banyak CV dan pas foto biar nggak kehabisan pas di lokasi. Kalau perlu, kamu bisa membawa soft file-nya untuk lebih memudahkan.

4. CV saja nggak cukup, siapkan diri untuk wawancara

via paraibatotal.com

Selain menyiapkan CV, kamu juga harus menyiapkan diri untuk wawancara. Siapa yang tahu, soalnya di Indonesia Career Expo ini ada walk in interview juga. Jadi nggak ada salahnya kamu mempersiapkan diri.

Siapkan diri kalau-kalau menerima pertanyaan yang sama sekali di luar dugaan. Pertama, pastikan kamu nggak merasa tertekan. Deg-degan sih boleh tapi jangan sampai grogi. Kedua, ambil waktu sejenak sebelum menjawab pertanyaan. Trik ini akan membuat kamu terlihat tenang dan percaya diri.

Terakhir, jawablah pertanyaan dengan jujur. Biasanya, pewawancara akan mudah mengetahui kalau kamu sedang berbohong.

5. Sudah siap berangkat? Perhatikan pakaian dan penampilan juga ya

via netdna.com

Saat pertama kali bertemu dengan seseorang, kamu pasti akan menilainya dari penampilannya terlebih dulu. Hal itu juga berlaku saat kamu akan melamar kerja, meskipun kamu melamar lewat ajang job fair.

Pastikan kamu berpenampilan rapi dengan pakaian yang sopan. Nggak ada larangan untuk memakai kaus oblong memang, tapi pakaian model ini tentu nggak pas digunakan untuk melamar kerja. Aturan tak tertulis bisa diterapkan di sini. Kalau kamu berniat melamar ke perusahaan besar, gunakan kemeja formal; melamar ke perusahaan berkembang atau media, kamu bisa pakai kemeja yang lebih kasual tanpa perlu melapisi kaki dengan celana bahan kantoran.

Sudah siap menghadiri job fair? Jangan lupa kalau Indonesia Career Expo diselenggarakan tanggal 6-7 April 2018 dari jam 09.00 sampai 17.00 WIB. Event ini terbuka untuk umum dan segala jurusan. Jadi kalau kamu merasa diri mahasiswa tingkat akhir, fresh graduate, atau sudah berpengalaman kerja sebelumnya, datang saja ke lokasi event di Smesco Conv. Hall, Jakarta. Gratis alias tak dipungut biaya!

Kamu bisa daftar online di sini. Pantengin juga Instagram @indonesiacareer untuk update informasi.

- Advertisement -
Shares 5

Komentar:

Komentar