Kerja Dari Rumah Itu Gak Ribet Kok, Asal Kamu Paham 5 Hal Ini


Saat ini bekerja tidak selalu harus berada di kantor. Produktivitas seseorang tetap bisa berjalan dan berkembang dimanapun sesuai kapasitasnya tergantung pada kemampuannya dalam bidang yang digeluti. Jadi bekerja dari rumah pun bukan lagi kendala dan hal yang aneh ditemui. Kamu yang sekarang merasa bekerja di rumah adalah hal yang baik, tentunya ada beberapa hal yang benar-benar harus kamu pahami sebelum benar-benar terjun dan bergelut di dalamnya.

1. Siap bekerja tanpa interaksi verbal

kerja tanpa bicara via molto.co.id
kerja tanpa bicara via molto.co.id

Bekerja di rumah berarti kamu tidak akan punya suasana kantor yang riuh dan rekan kerja yang siap menemanimu dalam mengerjakan tugas-tugas. Di rumah kamu tidak akan berinteraksi dengan rekan kerja, minim pembicaraan dan obrolan. Kamu hanya berinteraksi lewat monitor dan aplikasi chat di dalamnya. Jadi ketika bekerja di rumah jangan harap kamu bisa bergosip dan bersenda gurau dengan rekan kerja.

2. Ruang kerja sesuka hati

ruang kerja bebas via statistic.com
ruang kerja bebas via statistic.com

Ruangan kerja yang kamu desain sendiri tentunya lebih menarik dan lebih segar untukmu. Kamu tidak akan menemukan sekat-sekat dan ruangan yang pengap bersama pekerja lainnya. Kamu bisa bersantai di ranjang, di halaman belakang, atau bahkan teras rumah sambil menikmati secangkir kopi. Tapi tentunya semua kebutuhan itu harus kamu persiapkan sendiri. Tidak ada teknisi komputer yang akan bertanggung jawab dengan komputermu yang mati, atau pendingin ruangan yang kurang adem. Tempat kerjamu adalah senyamannya dirimu.

3. Jam kerja fleksibel

lebih fleksibel via kompas.com
lebih fleksibel via kompas.com

Dengan jam kerja yang lebih longgar pastinya kamu tidak akan kesulitan untuk bangun pagi dan berangkat tepat waktu. Kamu bisa mulai beraktivitas tengah malam saat semua orang sudah tidur, atau bahkan sore hari saat suasana sepi dan tentram. Tapi tentu saja kamu harus mengatur kedisiplinanmu sendiri. Dengan tidak adanya peraturan, kamu akan jadi lebih liar dan punya pola yang sedikit berantakan. Bagi orang-orang anti kemapanan, hal ini pasti menyenangkan, tapi jika kamu terbiasa hidup teratur maka kamu harus membuat jadwal yang tepat untuk ini semua.

4. Aktivitas beragam

aktivitas lebih banyak via majalahkartini.co.id
aktivitas lebih banyak via majalahkartini.co.id

Melanjutkan poin sebelumnya, jam kerja yang fleksibel akan memberikan banyak kesempatan untukmu berkembang lebih baik. Dengan banyak waktu yang longgar maka kamu bisa melakuan kesibukan lain yang juga produktif dan menghasilkan. Kamu bisa keluar rumah untuk jajan sebentar, atau ke bengkel tanpa harus ribet meminta ijin. Kamu juga bisa mengambil kursus bidang lain di jam-jam tertentu tanpa takut jadwalmu tabrakan dengan kegiatan yang lainnya.

5. Siapkan aturan sendiri

mengatur diri sendiri via petra.co.id
mengatur diri sendiri via petra.co.id

Kerja di rumah tanpa ada kantor dan pengawas jelas sebuah kesenangan yang diinginkan para pekerja. Tapi tentu saja kenyamanan ini bisa menjebakmu ke dalam zona nyaman yang berbahaya. Bisa jadi kamu sepele terhadap pekerjaan dan akhirnya banyak waktu terbuang dan produktifitas menurun dari yang dibayangkan. Kamu adalah bos untuk pekerjaanmu sendiri. Jadi sebelum benar-benar terjun, bersiaplah memarahi dirimu sendiri untuk hal-hal yang buruk, dan motivasi diri untuk melakukan pekerjaan lebih baik. Buat peraturan sendiri dan terapkan sendiri, buat juga sanksi atas peraturan yang dilanggar. Dengan begitu kamu siap meniti karir di rumah.

 

 

sumber: Kaskus

Komentar:

Komentar