Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidup Kita


Dalam hidup, kita mengenal apa itu kebiasaan. Kebiasaan bisa menentukkan bagaimana kualitas hidup dan pencapaian apa saja dalam hidup kita. Setiap individu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Seringkali orang merasa bingung apa saja kebiasaan positif yang ingin coba mereka bentuk, karena ada banyak kebiasaan yang bersifat positif, misalnya mulai berolahraga, berhenti merokok dan lainnya. Kebiasaan-kebiasaan kecil inilah yang secara perlahan dapat mengubah hidup kita.

Mau tau apa aja sih kebiasaan yang bisa mengubah hidup kamu selamanya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Jalani hidup sehat  

olahraga

Hidup sehat adalah gaya hidup yang paling simpel yang bisa kita lakukan setiap hari. Cara yang paling gampang yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, hindari makan junk food, mulai berhenti merokok, dan hindari hal-hal negatif yang bisa merusak tubuh. Bangun pagi lalu berolahraga atau beberes rumah agar badan kamu bergerak. Dengan berolahraga stress akan hilang dan dapat memberikan waktu kamu untuk berpikir.

2. Memiliki tujuan hidup

tujuan

Setiap orang pasti memiliki kehidupan yang di impi-impikan. Dengan minat dan hasrat yang berbeda-beda, kita semua terus maju ke depan untuk menjalani kehidupan. Namun, masih ada orang yang bingung mau kemana sih hidup kita? Dalam hidup kita harus memiliki tujuan. Secara umum dipastikan hampir semua manusia punya tujuan hidup yang hampir sama antara satu dengan lainnya. Coba tanya pada diri sendiri, apa tujuan hidup kita. Seperti ingin memiliki harta melimpah, istri cantik, rumah mewah dan dapat membahagiakan orang tua. Mulai sekarang tentukan tujuan hidup kita, jangan hidup tanpa arah dan tujuan.

3. Hidup tanpa hutang 

hutang

Besar pasak daripada tiang adalah peribahasa yang berarti besar pengeluaran daripada pendapatan. Keadaan ini apabila terjadi secara terus menerus maka akan membuat kita terlilit hutang yang semakin mencekik. Agar hal ini tidak terjadi, maka usahakan hidup sesuai dengan penghasilan. Menunggak cicilan, di tagih debt collector merupakan akibat jika kita tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Meskipun terlihat sepele, namun mengatur keuangan agar dapat hidup sesuai dengan penghasilan menjadi sulit pada prakteknya. Untuk itu, usahakan untuk tidak meminjam uang kepada siapapun agar hidup menjadi lebih baik.

4. Jalani hidup dengan cinta dan kasih 

kasih

Cinta dan kasih nggak harus merujuk pada kekasih hati. Cinta dan kasih bisa juga diterapkan pada Tuhan, orang tua, keluarga dan juga pada hidup kita. Caranya gampang banget,  kita harus senantiasa memiliki hati yang lembut dan nggak gampang marah. Segala sesuatu akan baik-baik aja jika kita menjalaninya dengan tenang dan selalu berpikir positif. Selalu tersenyum juga dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik. Tapi perlu di ingat yaa, jangan tertawa sendiri nanti di kira orang gila.

 

Sumber : lifehack.org

Komentar:

Komentar