Kamu Perlu Tahu 10 Tips Ini, Biar Nggak Kesusahan Saat Interview!


Zaman sekarang cari kerja emang susah. Bukan cuma yang nggak bergelar, yang bergelar juga sama-sama harus merasakan ketatnya mendapatkan pekerjaan. Makanya calon tenaga kerja harus mempersiapkannya dengan baik. Apalagi interview sangat penting lho! Iyalah penting, soalnya salah satu penentu lulus nggaknya calon tenaga kerja, ya dari interview ini. Simak yuk 10 tips ini, biar interview-mu berjalan semulus dan selurus jalan tol!

1. Latihlah bahasa tubuhmu!

via lifepurposematters.com
via lifepurposematters.com

Bahasa tubuh penting banget buat interview, guys! Karena bahasa tubuh bisa jadi kesan pertama saat kamu interview. Kalau kesan pertamamu bagus, ya pasti interview-mu bakal lancar. Kamu bisa lakukan bahasa tubuh ini: berdiri tegak, pasang kontak mata, dan berjabat tangan dengan erat. Bahasa tubuh seperti ini bisa membuat kesan kalau kamu percaya diri.

2. Pakailah baju yang tepat!

via lauriedesautels.com
via lauriedesautels.com

Kamu harus tahu kode pakaian seperti apa yang harus dipakai. Jangan sampai salah kostum deh! Kode pakaian interview biasanya diatur oleh perusahaan sendiri. Makanya lebih baik tanyakan dulu kode pakaian yang harus dipakai, sebelum tibanya waktu interview. Penampilanmu harus rapi ya, jangan sampai acak-acakan!

3. Dengarkan pembicaraan pewawancara!

Hasil gambar untuk pewawancara
via lifestyle.liputan6.com

Perhatikan pembicaraan pewawancara! Kamu jangan sampai melamun, guys. Kalau kamu nggak dengerin pewawancara, kamu bisa ketinggalan info penting. Makanya kamu sebagai pelamar harus menghargai pewawancara. Sesuaikan juga kecepatan dan gaya bicaranya ya!

4. Jangan terlalu bawel!

Hasil gambar untuk interview bawel
via malesbanget.com

Tips ini berhubungan dengan tips di atas. Intinya kamu harus menghargai pewawancara. Kalau pewawancara sedang bicara, kamu jangan memotong. Itu akan membuat pewawancara nggak nyaman. Kalau sudah disuruh, baru kamu bisa bicara. Tapi ingat, pembicaraanmu jangan sampai keluar dari topik ya!

5. Jangan sok akrab!

Hasil gambar untuk interview bawel
via blog.tokopedia.com

Interview bukan ajang mencari teman baru, tapi sebuah ajang untuk mencari tenaga kerja baru. Makanya jangan terlalu bersikap akrab. Kalau kamu semangat dan antusias, itu wajar sih. Tapi jangan berlebihan ya, karena statusmu saat ini masih pelamar, belum sah jadi tenaga kerja.

6. Pakai bahasa yang tepat!

Hasil gambar untuk bahasa gaul
via blog.carionline.com

Karena ini interview, makanya kamu harus memakai bahasa yang resmi dan sopan. Jangan memakai bahasa gaul, karena kamu sedang bicara dengan pewawancara, bukan dengan teman. Kamu juga jangan sampai memakai bahasa yang kurang sopan dan menyinggung SARA. Kalau ini terjadi, kamu harus siap-siap nggak lolos deh!

7. Jangan sombong!

Hasil gambar untuk orang angkuh
via ideklik.com

Tips ini juga penting. Kamu harus ramah kepada pewawancara. Jangan sampai pewawancara nggak nyaman, gara-gara kamu bertingkah sombong. Makanya tunjukkan sikap ramah kamu ya. Tapi jangan berlebihan juga ya, guys.

8. Jawablah pertanyaan dengan hati-hati!

Hasil gambar untuk pewawancara
via news.okezone.com

Pewawancara pasti akan bertanya kepada pelamar. Tujuannya agar pewawancara tahu karakter asli kamu seperti apa. Nah di saat seperti ini, kamu harus hati-hati menjawabnya. Kalau jawabanmu bagus, maka kesempatanmu bakal terbuka lebar.

9. Jangan ragu untuk bertanya!

Hasil gambar untuk pewawancara
via news.okezone.com

Kalau ada kesempatan, bertanyalah kepada pewawancara. Kamu harus memanfaatkan kesempatan ini. Karena dari sini, pewawancara bisa menilai seberapa minatkah kamu dengan pekerjaan ini. Terus kamu juga jadi tahu lebih detail tentang pekerjaanmu kalau bertanya. Kamu jadi bisa menilai apakah ini pekerjaan yang tepat buat kamu. Kalau bisa, pertanyaannya yang berhubungan dengan pekerjaan ya. Jangan sampai keluar dari topik pembicaraan.

10. Jangan putus asa!

Hasil gambar untuk semangat pekerja
via blog.sukawu.com

Inilah tips yang terakhir! Kalau interview sudah selesai, kamu tidak usah cemas. Yang penting kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Jangan lupa berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing. Apapun hasilnya, diterima atau tidak, itu adalah yang terbaik untuk kamu. Kamu harus tetap semangat dan jangan putus asa!

 

Kamu punya tips interview yang lain nggak? Kalau ada, comment di bawah yuk!

 

Sumber: monster.com

Komentar:

Komentar