Untuk Kamu Yang Merasa Salah Jurusan Lakukan 10 Langkah Ini Agar Skripsimu Beres!


Wisuda merupakan suatu hal yang sangat di nanti-nantikan oleh para mahasiswa maupun mahasiswi. Namun terkadang harapan itu terhalang skripsi yang tak kunjung selesai-selesai. Skripsi ternyata telah menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa. Banyak dari mereka yang mengaku kesulitan mengerjakan skripsi. Sebenarnya skripsi nggak sesulit yang kamu bayangkan kok.

Berikut 10 tips mengerjakan skripsi bagi kamu yang ngerasa salah jurusan.. Yuk simak..

1. Berdoalah

berdoa

Doa merupakan permohonan kita kepada Tuhan. Setelah kamu berusaha, jangan lupa berdoa agar di beri kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan skripsi. Berusahalah sebaik mungkin dan serahkan semua hanya kepadanya.

2. Tentukan judul yang mudah

judul

Tentukan judul yang menurut kamu itu mudah atau kamu kuasai. Penentuan judul dapat mempengaruhi kamu dalam proses mengerjakan skripsi. Jika kamu memilih judul yang mudah, maka kamu bisa lebih menikmati proses pengerjaan skripsimu. Begitu juga jika kamu salah dalam menentukan judul, maka kamu akan merasa sengsara dalam mengerjakan skripsi.

3. Berbaiklah dengan dosen

damai

Proses pengerjaan skripsi pastinya akan melibatkan dosen pembimbing. Untuk sebagian mahasiswa dosen pembimbing merupakan suatu mahluk yang menyeramkan. Berbagai pertanyaan atau kritikan akan diberikan oleh dosen, khususnya bagi kamu yang ngerasa belum paham. Tetapi inilah pentingnya kamu bertemu dosen. Selain mendapat kritikan dan masukan, kamu juga dapat berdiskusi mengenai skripsi yang tengah kamu kerjakan. Dengan seringnya kamu melakukan bimbingan, maka kamu akan tahu sebenarnya dosen pembimbing tidak seseram yang kamu pikir.

4. Memiliki tekad untuk lulus

tekad

Buat kamu yang merasa salah jurusan, tentunya kamu akan merasa pesimis, lelah, dan mudah menyerah. Hal ini wajar kok. Meskipun salah jurusan, tapi ini bukan alasan untuk kamu tidak lulus. Apapun yang terjadi kamu harus yakin kamu bisa menyelesaikannya meskipun hasilnya tak sesuai harapan. Dari sekarang bangunlah tekad untuk lulus entah bagaimana nanti hasilnya.

5. Jadikan mantan sebagai motivasi kamu

move on

Jadikanlah mantan sebagai penyemangat kamu dalam mengerjakan skripsi. Buktikan sama mantan meskipun kamu salah jurusan, tapi kamu mampu menyelesaikannya dengan baik. Buktikan pula kalau kamu bisa sukses nantinya. Buatlah dia menyesal karena telah meninggalkanmu. Mulai saat ini fokuslah untuk mengerjakan skripsi, jangan pernah membayangkan sosok dia dalam pikiranmu.

Komentar:

Komentar