Mau Sehat Tapi Tetep Irit? 5 Cara Olah Raga Ini Bisa Kamu Coba

Ternyata buat punya badan yang sehat itu nggak perlu ribet dan ngehabisin banyak duit, lho.

:

Seiring zaman, rutinitas anak muda masa kini menuntut kinerja otak yang maksimal karena lifestyle yang serba digital, khususnya bagi anak muda yang kerja sebagai freelancer yang sifatnya remote atau para mahasiswa yang sibuknya nugas di depan komputer tanpa henti. Namun, karena ini, aktifitas fisik kita jadi semakin hari semakin berkurang yang tentu memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita juga. Karena tuntutan kerja dan kuliah, kita sulit untuk meluangkan waktu untuk berolah raga, meski hanya dua kali seminggu pun.

Sebagai solusinya, dilansir dari savethestudent.org, 5 cara olah raga yang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi jauh dari rumah ini bisa kamu ikuti:

1. Jalan Kaki di Sekitar Rumah

pexels-photo-200249

Tentunya kamu bisa meluangkan waktu 30 menit dalam sehari untuk jalan kaki di sekitar rumah kamu, kan? Paling tidak, untuk refreshing setelah berjam-jam di depan komputer, kamu bisa istirahat sejenak dari monitor dan jalan kaki di sekitar rumah sambil meregangkan otot kaki dan tubuh kamu yang seharian membungkuk.

2. Jumping Jacks

via stylecraze.com

Kalau kamu tidak terlalu suka olah raga ribet, cobain aja jumping jacks. Setelah bangun pagi atau beberapa jam setelah makan siang, kamu bisa melakukan ini untuk membakar kalori. Dengan cara ini kamu bisa memerkuat jaringan kardiovaskular, persendian, dan juga metabolisme.

3. Angkat Berat dengan Benda-Benda di Sekitar Rumah

photo by Kathleen Kamphausen via cosmopolitan.com

Kadang yang menghambat kita olah raga itu memang alat-alat olah raga yang mahal. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan benda-benda yang ada di sekitarmu, lho. Contohnya, kalau kamu membeli beras, kamu bisa masukkan sebagian beras tersebut ke dalam karung kecil dan menggunakannya untuk angkat berat. Lumayan untuk memperkuat otot-otot kamu tampa harus pergi ke gym, kan?

4. Menari

via shutterstock.com

Cara yang olah raga yang satu ini gampang banget! Coba setel musik yang bisa membuat kamu merasa ingin bergerak seperti EDM atau K-Pop atau jenis lagu lainnya yang ngebeat, lalu kamu bisa gerak-gerak sesuka hati kamu! Kalalu kamu di kosan sendirian, kamu nggak usah malu nari loncat-loncat sesuka hati kamu. Olah raga yang simple banget kayak gini selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi bisa bikin kamu senang juga. Iya, kan? Tapi kalau ngekos jangan sampai bikin kegaduhan dan hati-hati dengan barang yang ada di sekitar kamu, ya.


5. Lari Pagi

via pexels.com

Yang ini mungkin agak sulit untuk diterapkan bagi sebagian orang, tapi coba untuk bangun lebih pagi dan berlalilah sambil menghrup udara pagi yang segar. Kamu hanya bermodal sepatu olah raga dan baju yang nyaman untuk lari saja, kok.

 

Gimana? Ternyata buat punya badan yang sehat itu nggak perlu ribet  dan ngehabisin banyak duit, kan? Yuk, meski sibuk dengar rutinitas yang nuntut kita kerja depan komputer terus-menerus, mari perbanyak olah raga dan terapkan pola hidup sehat agar kesehatan kita tetap terjaga!

Komentar:

Komentar