Kalau Kamu Merasa Jenuh Dengan Rutinitas Kerja Kamu, Cobain 5 Hal Ini Deh


Anak muda jaman sekarang sudah memiliki pekerjaan yang sangat beragam dan tentunya yang akhir-akhir ini sangat diminati adalah pekerjaan yang remote dan pekerjaan yang bersifat digital. Istilah yang tepat untuk dipakai untuk anak muda seperti ini adalah digital nomad. Yup, pastinya kamu punya beberapa teman yang bekerja sebagai freelancer di sebuah media digital atau yang sedang memulai startup dan saat mau bekerja mereka pasti pergi kesana kemari, sebagai “nomaden,” mencari kopi, colokan, dan Wi-Fi? Atau mungkin kamu sendiri punya pekerjaan seperti itu?

Tapi, pernah tidak kamu merasa jenuh dan bosan ketika kamu bekerja? Contohnya, ketika kamu harus memiliki rutin shift untuk submit 3 tulisan per hari di jam tertentu atau ketika kamu harus memonitor sosial media di jam-jam tertentu. Karena ini kamu ingin ada semacam perubahan rutin atau menambahkan sesuatu pada kebiasaan kerja kamu supaya tidak monoton. Tentunya pernah, kan? Rasa jenuh dan bosan ini sudah secara natural muncul karena memang kita sekali-sekali perlu keluar dari rutinitas kerja kita yang monoton.

Mau tahu rahasia untuk keluar dari rasa bosan dan jenuh ketika bekerja? Yuk, simak 5 cara untuk keluar dari kejenuhan kamu, menemukan suasana baru, dan juga membuat kerjamu lebih efisien!

1. Waktunya Rapi-Rapi

startup-photos

Di sini bukan berarti kamu harus pulang ke rumah atau kosan terus bersih-bersih. Maksud rapi-rapi di sini itu adalah merapikan hal-hal yang bersangkutan dengan pekerjaan kamu. Misal kamu punya dokumen yang berceceran di komputer kamu, yuk mulai rapikan. Dengan cara rapi-rapi ini kamu bisa merasa lebih tenang dengan pekerjaan kamu.

2. Rencanakan Hari-Harimu

pexels-photo-58457

- Advertisement -

Kadang kalau kamu sudah lama ada di tempat kerja kamu, job description kamu akan bertambah, kan? Nah, pastinya waktu kamu akan semakin terbagi dengan berbagai macam pekerjaan yang bertambah banyak. Kamu bisa mulai menata waktu kamu agar bisa menyediakan waktu istirarahat yang cukup. Kamu bisa memulai jurnal untuk menyimpan to-do-list kamu dan bahkan untuk membuat rencana ke depan.

Kamu juga bisa mulai merencanakan banyak hal yang bisa kamu lakukan kedepannya atau kamu bisa membuat konsep baru yang bisa kamu kontribusikan ketika rapat. Dibandingkan dengan bekerja tanpa rencana, dengan mencatat hal-hal yang akan dan sudah kamu lakukan, kamu justru dapat meluangkan waktu untuk refreshing yang tentunya tidak kalah penting dengan pekerjaan kamu.

3. Networking

people-coffee-tea-meeting

Membuat jaringan itu penting dalam mengerjakan pekerjaan apa pun karena dapat mendatangkan kesempatan baru dan juga dapat menambah ilmu. Kamu bisa mulai menambahkan dan update hal-hal terbaru di akun linkedin kamu, misalnya. Atau kamu bisa mendatangi workshop atau presentasi tentang hal-hal yang bersangkutan dengan pekerjaan kamu. Dengan cara ini kamu bisa membangun koneksi antara satu sama lain, khususnya bagi kamu yang memiliki bisnis atau startups yang perlu lebih banyak jaringan.

4. Mengerjakan Sesuatu Jauh Hari Sebelum Deadline

pexels-photo-57690

Trik ini sebetulnya bisa dilakukan di berbagai jenis hal baik dalam bekerja di media digital atau ketikan kamu mengerjakan tugas sekali pun. Kadang ketika mendapatkan suatu project yang diberikan dengan deadline yang masih lama, kebanyakan akan menyimpannya untuk dilakukan nanti. Tapi, agar lebih efisien, lebih baik kerjakan proyek itu jauh hari sebelum deadline. Dengan cara ini kamu bisa membuat hasil akhir dari proyek tersebut lebih maksimal karena kamu bisa memoles hasil kerja kamu seiring waktu. Mantap, kan?

5. Coworkation

pexels-photo-247824

Di tengah maraknya pekerjaan yang serba digital dan remote (khususnya startups, entrepreneurship, dan freelance) terkadang suasana baru sangat diperlukan untuk memberikan inspirasi baru. Setelah melihat screen komputer selama berjam-jam setiap hari, kamu pasti sering merasa ingin bekerja namun juga ingin merasa rileks dalam waktu yang sama. Iya, kan? Solusinya adalah coworkation.

Coworkation itu adalah gaya bekerja yang menggabungkan collaboration, meeting, dan vacation. Tapi bukan sekedar itu juga, coworkation juga bisa membangun jaringan kamu dan juga memberikan kamu inspirasi yang bisa diaplikasikan langsung ke pekerjaan kamu.

Salah satu tempat yang cocok buat coworkation itu di Bandung. Bandung itu terkenal sebagai kota yang penuh dengan wisata kulinernya dan taman-taman yang indah. Tapi, kamu tahu tidak? Ternyata bandung juga telah diberi label sebagai creative hub, lho. Kenapa? Karena saking banyaknya digital nomad di sana yang terdiri dari mahasiswa serta fresh graduates dari universitas-universitasnya, Bandung memiliki destinasi untuk memaksimalkan perkerjaan dengan tempat-tempat yang unik di kotanya yang dapat memberikan suasana kerja yang berbeda di bandingkan bekerja di kantoran.

Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Berikut 5 tempat yang bisa kamu kunjungi di Bandung saat coworkation nanti:

  • Selasar Sunaryo Art Space
via selasarsunaryo.com
via selasarsunaryo.com

Terletak di Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung di daerah Dago, kamu akan menemukan tempat yang fresh dan artistic. Di Selasar Sunaryo terdapat instalasi serta patung-patung hasil karya seniman-seniman, termasuk karya Sunaryo juga. Tempat ini juga memiliki cafe yang sangat cozy dengan dikelilingi suasana alam asri serta udara yang sejuk yang cocok banget untuk dijadikan tempat diskusi selagi mencari inspirasi!

  • NuArt Sculpture Park
via pinterest.com
via pinterest.com

Taman yang terletak di perumahan Setra Duta, Jl. Setraduta Raya No L 6, Ciwaruga, Bandung ini khusus memajang karya-karya patung Nyoman Nuarta. Tapi selain pajangan karya patung, taman ini juga sering mengadakan event-event pergelaran dan workshop juga.

  • Dago Tea House
via jalanjajanmurah.com
via jalanjajanmurah.com

Tempat yang terletak di Jl. Bukit Dago Utara No.53 ini yang sudah lumayan dikenal di Bandung. Dago Tea House atau Taman Budaya Bandung ini cocok banget buat kamu yang suka dengan budaya dan seni. Juga, selain tempat untuk menikmati berbagai jenis kuliner dan pementasan, tempat ini juga memiliki galeri lukisan dan sering digunakan tempat hangout para seniman di Bandung untuk diskusi.

  • CO&CO Space
via coandcospace.com
via coandcospace.com

CO&CO Space, yang terletak di Jl. Dipatiukur No.5, itu sangat cocok buat kamu yang mencari tempat untuk menambah networking kamu serta dijadikan tempat meeting yang kondusif. Khususnya bagi freelancers, startups, dan entrepreneurs, CO&CO Space bisa dijadikan wadah untuk mengasah kreatifitas kamu. Tempat ini menyediakan fasilitas yang bisa banget mendukung kerja kamu seperti Wi-Fi, ruangan yang tenang, colokan listrik, minuman (kopi dan teh), meja dan kursi yang nyaman buat kamu yang selalu bekerja menggunakan laptop kamu. Tapi jika kamu berada di daerah barat Bandung, kamu bisa menggunakan fasilitas di…

  • CO&CO Workshare

IMG_0235

Selain CO&CO Space, Tempat yang terletak di Jl. Cipaganti No. 138 ini juga adalah tempat yang cocok buat para freelancers, startups, dan entrepreneurs. Dengan tambahan fasilitas seperti Idea Room dan Meeting Room, CO&CO Workshare dapat mendukung aktivitas diskusi kamu dan meeting kamu. Selain itu, CO&CO Workshare juga sering mengadakan workshop, mini class atau seminar yang tertunya dapat memperluas pengetahuan kamu.

 

Supaya lebih mudah mengakses semua tempat itu, disarankan memilih letak hotel atau penginapan di daerah Bandung bagian Utara atau Bandung bagian Barat. Dengan coworkation, kamu akan merasa kalau bekerja itu tidak selamanya harus stressful tapi ternyata bisa fun dan membangun juga. Iya, kan?
Nah, gimana? Buat yang sedang merasa bosen dengan suasana kerja dan ingin mencari suasana baru, mau dicoba?

- Advertisement -
Shares 35

Komentar:

Komentar