Jangan Remehkan Kantong Teh Celup Bekas! Ini Dia 12 Kegunaannya yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Selain untuk diminum, teh celup juga berguna untuk 12 hal ini lho!

:

Menikmati teh di pagi hari merupakan cara sebagian orang memulai hari mereka. Teh juga bisa jadi minuman yang cocok diteguk saat kamu lagi asyik ngobrol bareng teman, kerabat, atau saudara. Apa kamu termasuk diantara orang-orang yang suka minum teh? Kalau saya sih iya, tapi kadang-kadang, hehe.

Tapi apa kamu tau…?

Teh yang abis kamu pakai, khususnya teh celup, ternyata masih bisa digunakan untuk berbagai hal yang bermanfaat lho. Dilansir dari Boredomtherapy, ini dia 12 kegunaan teh bekas yang mungkin belum kamu tahu. Yuk, kita simak.

1. Perawatan Rambut

via boredomtherapy.com

Percaya atau enggak, membersihkan rambut menggunakan air seduhan teh merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Penelitian menunjukkan hampir segala jenis teh terbukti bisa mencegah kerontokkan, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

2. Pupuk

via boredomtherapy.com

Tanaman rumah seperti pakis dan sejenisnya akan tumbuh lebih subur di atas tanah yang memiliki kadar asam. Supaya tanaman kamu lebih subur, coba deh robek kantung teh yang udah (atau belum) dipakai kemudian benamkan di tanah sekitar tanaman kamu. Cara ini bisa menurunkan kadar pH tanah dan memberikan tanamanmu nutrisi yang dibutuhkan supaya tumbuh dengan baik.

3. Menghilangkan Bau Sepatu

via boredomtherapy.com

Kantung teh yang sudah dikeringkan ampuh nyerap bau sepatu lho. Sehabis digunakan, coba biarkan kantung teh kamu terkena angin malam sampai mengering, kemudian tempatkan ke dalam sepatu. Seiring waktu, daun teh tersebut akan menyerap bau tak sedap dari dalam sepatumu.

4. Menghilangkan Kutil

via boredomtherapy.com

Teh hijau dapat digunakan untuk mengempeskan kutil-kutil kecil pada kulit. Khasiat teh ini terbukti ampuh karena kutil sering kali tumbuh akibat virus papilloma. Kalau kamu mengkonsumsi 2-3 gelas teh hijau per hari, antioksidan yang terkandung dalam teh dapat mengurangi pertumbuhan virus papilloma dan membantu menghilangkan kutil.


5. Meringankan Luka Bakar Ringan

via boredomtherapy.com

Menggunakan teh celup hitam yang sudah dipakai juga bisa meredakan luka bakar ringan. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung asam tanat yang diklaim para ahli berkhasiat meredakan luka bakar. Saat kamu nerapin teh hitam ke kulit, asam tanat akan memicu pembekuan sel-sel kulit yang terluka sekaligus melindungi permukaan kulit ketika beregenerasi.

6. Menghilangkan Mata Panda

via boredomtherapy.com

Coba kumpulin teh celup yang udah terpakai, terus simpan di lemari pendingin selama 3 hari. Kemudian kamu bisa menggunakan teh kantung tersebut untuk meredakan kantung mata yang menghitam akibat stress atau kurang tidur.

7. Alat Bantu Mencuci Perabotan

via boredomtherapy.com

Biarkan teh celup yang sudah terpakai tenggelam di wastafel selagi kamu mencuci perabotan rumah tanggamu. Setelah dibiarkan tenggelam beberapa saat, antioksidan dalam teh bakal bikin kotoran dan lemak di perabotan lebih gampang dibersihkan saat mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci perabotan.

8. Meringankan Sakit Pada Mulut Akibat Pencabutan Gigi

Kalau kamu baru aja pulang dari dokter gigi dan masih ngerasain sakit akibat gigi yang dicabut, coba deh ambil satu atau dua kantung teh celup, terus gigit di bagian yang terasa sakit. Kantung teh bakal bekerja seperti perban pasca pencabutan gigi sekaligus meredakan sakit di mulut kamu.

9. Menghilangkan Bau

Siap-siap deh nyimpen beberapa teh celup di sudut wastafel kamu. Kenapa? karena teh juga bisa menghilangkan bebauan seperti bau bawang, bau hanyir ikan, dan bau akibat kegiatan dapur lainnya. Coba cuci tanganmu pakai teh celup kayak kamu nyuci pakai sabun. Cara lainnya, rendam tangan kamu yang terkena bau bawang ke dalam air seduhan teh selama beberapa saat. Percaya deh kamu bakal seneng sama hasilnya.

10. Pencegah Hama

via boredomtherapy.com

Ada berbagai macam cara yang berbeda untuk membasmi hama di sekitar rumah. Percaya gak percaya, salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan menaruh teh celup di bagian rumah tempat hama-hama semacam tikus berkeliaran. Aroma teh yang lebih kuat, khususnya peppermint, bakal bikin ruangan lebih fresh sekaligus mencegah tikus-tikus nyebelin dateng lagi, hoho.

11. Menghentikan Infeksi

via boredomtherapy.com

Menerapkan teh celup yang hangat pada kulit yang terkena luka, lecet, memar, atau jenis infeksi lainnya bisa membantu menghentikan infeksi tersebut langsung ke sumbernya. Wow. Gak cuma itu, cara ini juga mampu menyembuhkan bekas luka akibat infeksi.

12. Pengharum Ruangan

via boredomtherapy.com

Coba campurkan minyak esensial ke teh celup yang sudah dijemur. Dengan cara ini kamu bisa membuat pengharum ruanganmu sendiri, lho. Sebab, daun teh yang telah dikeringkan dapat menyerap wewangian dengan sangat baik dan menyimpannya untuk waktu yang cukup lama. Kalau wanginya sudah mulai hilang, tinggal tambahkan minyak esensial selanjutnya dengan aroma yang kamu suka.

Nah itu dia 12 kegunaan teh celup yang mungkin belum kamu tahu. Semoga bermanfaat ya guys!

Komentar:

Komentar