Jangan Dibuang! Kalau Dimanfaatkan, Kulit Buah Bisa Bikin Hidup Kita Lebih Sehat

Dibuang sayang loh guys!

Setiap buah umumnya memiliki kulit buah yang harus dikupas ketika ingin memakannya. Setelah dikupas kulit tersebut biasanya langsung dibuang begitu saja. Padahal, kulit dari beberapa jenis buah ada yang bisa dimanfaatkan loh seperti pada kulit jeruk bali yang dapat diubah menjadi mainan anak-anak. Beberapa kulit buah ini juga ternyata menyimpan manfaat luar biasa yang bahkan penting buat kesehatan kamu.

1. Kulit pisang untuk memutihkan gigi

kulit buah pisang

via stylecraze.com

Kandungan bahan mineral pada kulit pisang (kalium, magnesium, dan mangan) dipercaya bisa membuat gigi lebih putih alami. Caranya pun mudah, ambil kulit pisang yang sudah dikupas, lalu gosokkan secara merata ke gigi kamu. Diamkan selama 10 menit dengan keadaan mulut tetap terbuka loh. Kemudian ambil sikat gigi kering (tanpa pasta gigi), lalu gosok gigi perlahan dengan gerakan memutar. Lakukan tiap hari ya, guys!

2. Kulit buah naga untuk mengobati kanker

kulit buah naga

via desigrub.com

Suka makan buah naga? Eits, jangan buahnya aja yang dimakan, kulitnya kamu manfaatkan juga loh. Kalau kamu memotong-motong kecil kulit buah naga, lalu menjemurnya sampe kering, kulit tersebut bisa dijadikan seperti teh yang diseduh loh. Manfaatnya? Ternyata dipercaya bisa mengobati tumor loh dengan menghambat pertumbuhan sel abnormal yang menjadi penyebab tumor.

3. Kulit alpukat untuk kulit lembab dan cerah

kulit buah alpukat

via prevention.com

Alpukat memang terkenal sebagai sumber vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kelembutan kulit. Kalau kamu biasanya hanya mengkonsumsi buahnya saja, ternyata kulit alpukat bisa juga menghaluskan kulit. Carannya pun sama seperti kamu menggunakan scrub, kamu tinggal menggosok kulit alpukat ke area kulit, lalu bilas.

4. Kulit manggis, sumber penyembuh segala penyakit

kulit buah manggis

via vegetafruit.com

Mungkin kamu sudah pernah mendengar berbagai macam iklan produk kesehatan yang menggunakan kulit manggis yang kaya manfaat sebagai bahan utamanya. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, antioksidan dalam kulit manggis mampu mencegah kanker, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lainnya. Pengolahannya pun mudah, kamu bisa merebus kulit manggis untuk menghilangkan rasa pahitnya, kemudian memblendernya. Bisa juga loh kamu tambahkan alpukat, lemon, atau madu.

5. Kulit jeruk jangan dibuang ya, manfaatkan dengan cara ini

kulit buah jeruk

via stylecraze.com

Kalau makan jeruk, pasti dong kulitnya kita kupas dulu. Nah, kulitnya jangan kamu buang ya karena banyak manfaat yang tersembunyi dalam kulit jeruk. Merebus kulit jeruk bisa menyegarkan udara di ruangan kamu loh. Kamu juga bisa menjemur kulit jeruk, lalu ditumbuk jadi halus dan kamu jadikan masker. Masker kulit jeruk ini bisa mencerahkan kulit, menipiskan noda hitam di wajah, dan menghilangkan jerawat.

Nah, jangan dibuang dulu yaa kulit buah mulai dari sekarang. Siapa tahu bisa dimanfaatkan!

4 Shares

Komentar:

Komentar