Biar Penglihatanmu Jernih Kembali, Jaga Kesehatan Mata dengan 10 Olahraga Mata Ini!

Gak akan lebih dari 15 menit kok olahraganya

Bukan hanya tangan atau kakimu saja yang bisa diajak berolahraga, ternyata mata juga bisa. Mungkin belum banyak orang yang tahu jika melakukan olahraga mata bisa menajamkan daya penglihatan. Tapi, buat kamu yang matanya masih bagus, kamu bisa juga melakukan olahraga mata ini. Tak ada ruginya kan mempertahankan ketajaman daya penglihatan. Apalagi kamu tak akan buang banyak waktu kok buat melakukan olahraga ini. Caranya simpel banget!

Pengen membuktikan sendiri khasiatnya? Yuk, kita lihat gimana caranya.

1. Kedipkan mata selama dua menit

Sumber: brightside

Dengan berkedip selama dua menit, maka itu akan membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam matamu. Lakukan gerakan ini di rumah atau pas kamu lagi sendirian. Kalau kamu lakukan ini di sekolah atau kantor, nanti kamu disangka aneh lagi.

2. Buat gerakan kepala melingkar, dan arahkan tatapan mata ke arah depan

Buat gerakan mulai dari kiri ke kanan, lalu lanjutkan dengan menggerakkan kepala ke atas lalu ke bawah. Dengan melakukan gerakan ini peredaran darah bisa lancar.

Read More

3. Lihat ke arah kanan, lalu alihkan pandangan ke arah kiri secara perlahan

Sumber: brightside

Lakukan juga gerakan yang sama, tapi dengan arah sebaliknya.

4. Tutup mata, lalu berusahalah untuk rileks

Kondisi yang gelap dipercaya bisa memperkuat sel fotoreseptor pada mata, sehingga daya penglihatan mata akan lebih tajam.

5. Gerakkan pandanganmu ke empat arah yang berbeda

Sumber: brightside

Kamu bisa memulai dengan menggeser pandanganmu dari yang asalnya melihat ke arah kanan jadi ke kiri, kemudian dari atas ke bawah. Buat gerakan melingkar, seolah-olah kamu membentuk angka 8 dengan memakai arah pandangan matamu.

6. Selama tiga – lima detik, tutup rapat matamu…

Lalu buka!

Lakukan gerakan ini sampai tujuh kali. Dengan gerakan ini, otot mata kamu bakal jadi rileks dan sirkulasi darah di mata juga jadi lancar.

7. Gunakan jarimu untuk menekan pelipis dengan lembut

Ingat ya, lembut aja; jangan secara kasar. Tekan pelipis selama dua detik, lalu kamu ulangi lagi empat hingga lima kali. Gerakan ini nantinya akan membantu melancarkan aliran cairan intraokular.

8. Cobalah membuat bentuk geometris simpel dengan memakai pandangan mata

Sumber: brightside

Ya, cukup dengan menggerakkan pandangan mata, seolah mata kamu lagi memegang pulpen. Bentuk geometrisnya bisa berupa persegi, segitiga, dan lingkaran. Jika sudah, kamu bisa lanjutkan dengan bentuk yang lebih rumit.

9. Tutup mata lalu gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah dengan lambat dan perlahan

Lima sampai sepuluh kali, terus ulangi gerakan ini.

10. Cara menguatkan penglihatan jarak dekat dan jauh

  • Kamu bisa melakukannya dengan duduk di kursi atau bisa juga berdiri membelakangi tembok. Setelah mendapat posisi yang nyaman, acungkan ibu jari sekitar 25 cm di depan mata kamu, lalu fokuskan pandangan ke arah jempol.
  • Kemudian, alihkan fokus pandanganmu ke objek/benda berjarak tiga – enam meter yang ada di hadapan kamu selama 10 – 15 detik. Lakukan itu tanpa menggerakan kepala.
  • Setelahnya, fokuskan kembali penglihatan ke ibu jari. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

Buat kamu yang sering melihat layar komputer atau smartphone, yuk dicoba.

Sumber: Brightside

59 Shares

Komentar:

Komentar