Inilah Kenapa Kamu Harus Mulai Usaha Sejak Usia 20-an


Usia 20-an merupakan usia-usia produktif, dimana produktivitas dan kreatifitas manusia sedang dalam puncaknya. Meski banyak dari mereka yang sudah bekerja kantoran, tidak sedikit pula yang sudah berani membuka usaha sendiri dan terbukti sukses.

Kamu bisa membaca biografi seller-seller yang tersebar di internet bagaimana mereka memulai usaha dan sejak umur berapa mereka membuka usaha sendiri.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus membuka usaha sendiri di usia 20-an, ini dia.

1. Sosial Media

Popularitas sosial media begitu melonjak akhir-akhir ini. Terima kasih kepada perkembangan teknologi saat ini. Banyak dari kamu yang hanya menggunakan sosial media untuk sekedar posting foto atau stalking mantan. #eh.

Padahal sosial media adalah satu tool yang sangat powerful kalau kamu ingin memulai bisnis sendiri. Kamu dapat memasarkan produkmu kemana saja dengan mudah dan cepat, dan produk yang dipasarkan pun bisa menjangkau ke segala kalangan.

2. Banyak Ide di Dunia Maya

Inspirasi bisa datang dari mana saja, saat sedang membaca artikel, menonton video di Youtube, membaca kisah sukses seseorang, ataupun hal-hal yang tidak disebutkan lainnya.

Ambil contoh di Youtube, kamu bisa membuka video DIY (Do It Yourself) dimana kamu bisa membuat hasil karya dari barang-barang di sekitarmu untuk kamu jual kembali. Itu baru sebagian, masih banyak kok ide-ide bisnis lainnya kalau kamu mau mencoba.

3. Prinsip Sukses Tanpa Bantuan Orang Tua

Demi ingin menunjukkan pada orang tua bahwa kamu bisa sukses tanpa bantuan mereka adalah salah satu motivasi terbesar untuk memulai bisnis sejak dini. Dengan begitu kamu bisa belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang tuamu.

Banyak kok usaha yang tidak membutuhkan modal uang, hanya membutuhkan modal kreativitas, ketekunan, dan konsistensi sudah cukup untuk memulai bisnis sejak dini.

4. Passion dan Kreativitas Tinggi

Rata-rata anak muda jaman sekarang mempunyai kreativitas tak terbatas dan passion yang tinggi terhadap apa yang mereka kerjakan, hanya saja kadang kamu belum menyadarinya.

Berbisnis tentu saja akan ada saatnya kamu merasa jenuh, tapi dengan tetap menjaga passion yang kamu miliki di titik tertinggi, saat kejenuhan melanda hal itu bukanlah masalah besar.

5. Tidak Suka Diperintah

Pernah dengar lagu Rhoma Irama yang judulnya Darah Muda? Yup, gambaran anak muda dari dulu sampai sekarang tetap begitu-begitu saja. Kamu nggak pernah mau mengalah, apalagi diperintah.

Tapi, terkadang inilah salah satu kelebihanmu. Karena tidak mau diperintah, maka kamu lebih baik membuka bisnis sendiri karena kamu ingin menjadi bos untukmu sendiri dan memimpin orang lain untuk mewujudkan mimpi-mimpimu.

6. Ingin Hal-Hal Baru

Jiwa-jiwa muda ini begitu haus akan hal-hal baru, oleh karena itu kamu bakal cepat bosan dengan rutinitas kerja yang begitu-begitu saja. Terlebih karena kamu selalu penasaran, punya daya jelajah yang tinggi dan ingin tahu akan segala hal.

Sayangnya sifat ini juga bisa menjadi bumerang apabila bisnismu sedang berjalan dan kamu mulai merasa jenuh. Kembali lagi ke poin awal dimana passion adalah jawabanmu ketika kamu sedang jenuh.

7. Belajar Dari Melihat Orang Tua

Pernahkah kamu merasa tidak tega dengan orang tuamu yang bekerja siang dan malam demi menghidupi keluarga? Hal inilah yang biasanya mendasari anak muda sepertimu untuk mulai berbisnis.

Dengan mencoba mencari uang sendiri kamu akan merasakan susahnya bekerja dan akan lebih menghargai apapun yang kamu punya.

Lanjut ke halaman selanjutnya.

Komentar:

Komentar