Ini 5 Penyebab Kamu Sulit Kaya Meskipun Udah Rajin Nabung, Yuk Cek!


Katanya, menabung adalah salah satu kunci sukses untuk jadi orang kaya. Dengan menabung, kamu akan punya banyak uang yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tapi faktanya, kok nggak kaya-kaya juga ya meskipun udah sering nabung? Banyak orang yang mengeluh bahwa dirinya merasa tetep biasa-biasa aja meskipun udah berjuang sekuat tenaga buat jadi orang kaya. Nah kalau kamu juga mengalamninya, mungkin kamu masih melakukan beberapa kesalahan ini.

1. Menabung tanpa rencana dan prioritas

via getscoop.com
via getscoop.com

Meskipun udah sering menyisihkan uang yang kamu miliki, tapi kamu nggak akan bisa kaya kalau kamu nggak punya tujaun finansial yang jelas. Untuk mencapai target finansial tertentu, kamu perlu rencana dan prioritas. Akan kamu gunakan untuk apa saja uang tabunganmu, termasuk berapa dana ready yang harus ada di dalam dompet diluar tabungan. Jadi kalau sampai sekarang kamu belum punya planning yang jelas, wajar aja kalau kamu masih belum merasa cukup.

 

2. Kurang konsisten dan gampang terpengaruh

via pekanbaru.co
via pekanbaru.co

Terkadang kamu masih suka terjebak membeli barang-barang yang sebenernya enggak terlalu penting. Kamu cuma teroengaruh sama orang-orang sekitar yang punya oerilaku boros. Alhasil kamu menyesal sampai rumah. Kamu kurang konssiten dalam menentukan mana kebutuhan yang perlu dan mana yang sebenernya bisa ditunda atau malah nggak dibutuhkan sama sekali. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, bisa–bisa uang bulananmu cepet habis dan kamu harus ngerogoh uang tabungan yang udah kamu kumpulkan.

 

3. Nggak punya dana darurat

via republika.co.id
via republika.co.id

Idealnya, seseorang harus punya dana darurat sekitar 5-6 kali pendapatan bulanan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kebutuhan yang mendesak dan nggak terpikirkan. Tapi ketika kamu lupa akan dana darurat dan cuma fokus pada tabungan aja, kamu bakalan susah kaya. Lagi-lagi kamu harus membongkar tabungan ketika terjadi hal-hal diluar dugaan.

 

4. Sering mengeluh

via merdeka.com
via merdeka.com

Emang ada hubungan sering mengeluh dan sulit kaya? Jelas ada! Orang yang suka mengeluh biasanya cuma mengandalkan keluhan aja tanpa bisa berkomitmen. Kamu sering mencap dirimu sendiri sulit kaya sehingga tanpa sadar sering mengeluh ini itu. Ketimbang terus-terusan mengeluhkan keadaan, mending segera ambil tindakan konkrit suapaya pengelolaan keuangan lebih rapi.

 

5. Kurang bersyukur

via apakabardunia.com
via apakabardunia.com

Disamping sering mengeluh, penyebab sulit kaya yang lain adalah kurang bersyukur. Kamu terus merasa kurang dan nggak pernah puas terhadap apa yang kamu miliki. Sebenernya kaya atau enggak itu relatif, tergantung diri sendiri yang menilainya apakah udah cukup atau belum. Dan ketika kamu mau bersyukur, kamu akan merasa hidupmu lebih indah dan bermakna, bukan sekedar kaya aja.

13 Shares

Komentar:

Komentar