Ingin Sukses Kurangi Berat Badan? 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Olahraga Pagi

Agar dietmu lebih maksimal hasilnya

:

Berbagai sumber artikel maupun jurnal kesehatan menyebutkan, makan setengah jam sebelum olahraga pagi itu wajib hukumnya. Tapi, anehnya banyak orang yang mengabaikan ini. Mereka cenderung langsung berolahraga setelah bangun tidur atau hanya minum air putih saja. Setelah olahraga pagi barulah sarapan yang ternyata pilihannya adalah ketoprak, soto, dan makanan berkalori tinggi semua. Gimana mau berhasil kurus badannya kalau pola dietnya seperti ini? Nah, supaya olahraga pagimu tidak sia-sia, wajib banget konsumsi salah satu dari 5 makanan ini.

1. Susu sereal

via spoonuniversity.com

Minuman susu sereal biasanya saya konsumsi sesaat setelah bangun tidur dan meminum air putih terlebih dahulu (karena perut saya tidak terlalu bisa mengkonsumsi susu murni pagi-pagi). Baru setengah jam kemudian saya mulai berolahraga. Kandungan sereal gandum pada susu akan memberi tubuh energi yang cukup untuk olahraga pagi.

2. Pisang

via bbcgoodfood.com

Kalau kamu termasuk orang yang tidak toleran dengan minum susu (atau tidak bisa minum susu di pagi hari seperti saya), mengkonsumsi pisang bisa menjadi pilihan terbaik. Dalam sebuah pisang terkandung kalium, potassium, folat, mangan, sodium, magnesium, dan zat besi, tidak lupa Vitamin A, B1 dan B2 membuat pisang menjadi buah favorit sebagai pengganti sarapan nasi.


3. Roti atau kue-kuean

via seeker.com

Roti atau kue-kuean yang berbahan dasar gandum juga sangat baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga pagi. Eits, tapi kalau kamu terbiasa dengan kue-kue yang manis atau menambahkan selai cokelat di dalamnya sebaiknya dikurangi ya. Karena walau jumlahnya sedikit, hal ini malah menambah kalori yang tidak diperlukan dalam tubuh. Sebagai alternatif selai cokelat, kamu bisa menggunakan selai madu yang lebih sehat dan tentunya lebih berenergi.

4. Apel

via woolworths.com

Selain pisang, buah apel juga sangat baik dikonsumsi sebelum berolahraga. Bukan tanpa alasan, sebuah apel memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga energi yang dihasilkan juga lebih maksimal. Bahkan akan lebih bagus lagi kamu mulai mengganti menu makan malam selama beberapa hari dengan apel. Lihat deh perubahannya.

5. Telur rebus

via incredibleegg.com

Telur rebus adalah salah satu makanan favorit saya. Walau banyak orang yang mengatakan hanya mengkonsumsi putih telurnya saja karena di sanalah letak proteinnya, tapi buat saya mengkonsumsi kuning telurnya tidak terlalu bermasalah. Toh, kita tetap membutuhkan lemak dari kuning telur. Jadi, jangan takut ya mengkonsumsi telur rebus secara utuh tanpa dipisah-pisah.

Lima makanan di atas adalah yang biasa saya konsumsi 30 menit sebelum berolahraga. Coba deh kamu lakukan dan bandingkan perbedaannya dengan kebiasaan olahraga pagi tanpa makan sebelumnya.

 

Komentar:

Komentar