Ingat 8 Saran Ini Baik-baik, Siapa Tahu Bisa Menyelamatkanmu Di Kemudian Hari

Selalu siap menghadapi segala kemungkinan!

Nggak ada yang bisa menebak apa yang bakal terjadi pada kita beberapa hari, beberapa jam, bahkan beberapa detik ke depan. Maka dari itu, semakin banyak pengetahuan kita mengenai cara mempersiapkan diri dalam menghadapi saat-saat tertentu, akan semakin baik. Masa depan nggak bisa diprediksi lho bro. Bahkan masa depanmu bersamanya juga salah satunya. Yakin nantinya kalian akan terus bersama? :p

Oke, back to topic, jadi ada 8 saran yang bisa kalian ketahui dan pelajari dalam mempersiapkan diri saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apa saja itu?

1. Cara memegang kunci saat ada orang jahat

via brightside.me

Entah itu begal atau perampok atau penjahat atau mantan, yang namanya orang jahat pasti ada di mana saja. Nah, saat kamu berhadapan dengan mereka dan nggak ada lagi yang bisa kalian gunakan untuk membela diri selain kunci, posisi tangan kalian saat memegang kunci memberi pengaruh besar lho.

Jangan sampai kamu memegang kunci seperti gambar pertama, karena yang ada malah bakal membuat jarimu sendiri terluka. Bahkan kamu butuh waktu untuk mengatur posisi kunci seperti gambar pertama. Jadi, mending kamu posisikan tanganmu saat memegang kunci sama seperti memegang pisau, seperti yang ada pada gambar kedua dan ketiga.

2. Bila supir taksi bersikap aneh

via pinnlandempire.com

Saat kamu naik taksi, entah itu taksi resmi atau taksi online seperti *ber, *rab, atau *ocar, mending jangan fokus sama smartphone atau keasyikan ngobrol sama temenmu deh! Cobalah bersikap waspada dan melihat tingkah laku supir taksi tersebut. Saat mereka bersikap aneh, teleponlah, atau pura-pura menelepon, seseorang dan beritahukan dengan suara agak keras tentang nomor taksi atau plat nomor mereka.

3. Jangan mudah percaya pada kata-kata ini

via dreamworkspictures.com

Jika ada seseorang yang menyuruhmu mendekat dan berkata “aku tidak akan menyentuhmu” atau “aku tidak akan mengganggumu,” ada baiknya kamu mending jaga jarak atau sekalian menjauhi dia. Karena besar kemungkinan mereka malah akan melakukan hal yang sebaliknya.

4. Selipkan uang darurat

via pinterest.com/explore/hide-money

Saat melakukan perjalanan lumayan jauh, nggak ada salahnya kalau kamu menyiapkan uang darurat yang diselipkan di tempat-tempat tersembunyi selain di tas atau jaket. Kamu bisa meletakkannya di dalam sepatu, kaos kaki, atau tempat-tempat lainnya. Karena apabila barangmu kemalingan atau ketinggalan, kamu masih mempunyai uang darurat yang bisa kamu gunakan.

5. Waspadai crowd effect

via depositphotos © ginasanders

Kalau kamu sedang merasa tidak enak badan di tengah keramaian dan sudah tidak kuat lagi menahannya, dekati satu orang yang menurutmu paling bisa membantumu. Karena terkadang rasa tanggung jawab akan cenderung hilang saat di tengah keramaian. Mereka akan saling berpikir bahwa akan ada orang lain yang membantu, tapi ujung-ujungnya nanti malah terlambat memberikan pertolongan atau bahkan tidak ada yang membantu sama sekali.

6. Keluar dari mobil jika pintu atau jendela tidak bisa dibuka

via onlyinyourstate.com

Saat keadaan darurat, misal mobil menabrak pembatas jalan dan jatuh tenggelam ke laut, ada kemungkinan bahwa pintu dan jendela mobil tidak bisa dibuka karena benturan akibat tabrakan sebelumnya. Kalau di mobil tidak ada palu atau alat lain yang bisa digunakan untuk memecahkan kaca, kamu bisa menggunakan head rest jok mobil kamu lho. Supaya lebih jelas kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

7. Jangan memasukkan lengan ke saku celana saat turun atau naik tangga

via depositphotos © stockyimages

Okelah, itu memang terlihat keren. Tapi, ada konsekuensinya bro! Saat kamu tergelincir atau terpeleset di tangga, tanganmu tidak akan bisa cukup cepat menjangkau pegangan tangga atau melindungi bagian tubuhmu yang lain. Bisa-bisa malah mengakibatkan cedera yang tidak diharapkan. Mau keren tapi sakit semua?

8. Buang rasa sungkan saat punya firasat yang tidak enak

via imdb.com

Budaya sungkan masih kental banget di negara kita tercinta ini. Tapi, kalau misal ada kejadian dimana kamu punya firasat yang tidak enak, buang rasa sungkan itu. Misal saja, saat akan naik lift, kamu hanya berdua dengan seseorang yang kamu sendiri tidak nyaman. Jangan sungkan-sungkan untuk menolak naik lift bareng dan suruh dia untuk naik dulu aja. Tentunya dengan nada yang tidak membuat dia tersinggung ya.

Nah, kamu setuju nggak nih sama 8 saran di atas? Atau kamu punya saran yang lain? Bisa dong dibagi ke kita dan pembaca yang lain di kolom komentar.

693 Shares

Komentar:

Komentar