Hey, Mahasiswa! Ini Nih 7 Tips Cara Mencatat Yang Efisien dan Asik!


:

Hey, para mahasiswa! Gimana kuliah kamu? Apakah kamu senang dengan perkuliahan dan mata kuliahnya? Atau mungkin kamu sedang kesulitan dengan perkuliahan kamu karena bingung bagaimana cara mencatat dengan baik? Tenang! Kamu mau tahu nggak rahasia supaya belajar kamu makin efisien tapi tetep menyenangkan? Pasti dong! Berhubung saya juga pernah menjadi mahasiswa dan tentunya pernah juga menjadi mahasiswa baru, saya mau berbagi tips supaya kamu bisa mencatat dengan lebih baik nih.

Alasan kenapa saya selalu mencatat itu karena saya bukan orang jenius yang punya IQ yang bisa masuk ke MENSA dan saya juga tidak punya photography memory jadi mencatat itu penting banget buat kelancaran kuliah saya. Yuk ah, let’s check it out!

Pertama-tama…

1. Selalu Siap Dengan Perlengkapan

via retailmenot.com
via retailmenot.com

Ini sudah jelas penting banget soalnya kalau kamu nggak bawa perlengkapan kamu pastinya bakal ribet banget di kelasnya. Jadi selalu siap dengan perlengkapan kuliah kamu dan buku yang kamu perlukan serta alat tulis juga. Ikuti peraturan yang sudah ditetapkan dosen ya. Kalau kamu anak bahasa dan disuruh bawa kamus setiap hari, bawalah kamus setiap hari. Selain itu kan lebih enak kalau kamu nggak usah minjem perlengkapan orang lain, kan?

2. Pilih Cara Mencatat yang Cocok Buat Style Kamu

via sketchnotearmy.com
via sketchnotearmy.com

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing  kalau mencatat. Buat saya pribadi, karena saya itu orangnya visual learner atau orang yang lebih baik meresap informasi jika ada visualnya dan contohnya, saya selalu menggambar di sebelah catatan saya. Ya gambarnya pasti sesuatu yang berhubungan dengan topiknya. Misalnya, waktu saya belajar tentang tipe-tipe auditorium di sejarah pertunjukan drama saya menggambar bentuk auditoriumnya di sebelah catatannya. Nggak usah detil banget sih gambarnya, tapi cukup supaya kamu bisa mengingatnya dengan baik.

3. Singkat, Padat, dan Jelas

via ushistoryeducatorblog.blogspot.com
via ushistoryeducatorblog.blogspot.com

Kalau kamu di kelas dan melihat kalau bahan presentasi dosen itu panjang-panjang, kamu nggak usah pusing dengan betapa panjangnya presentasi tersebut. Cukup dengarkan dan catat hal-hal yang terpentingnya saja. Bikin semacam mind map juga membantu karena bisa memetakan pola pikir kamu (contohnya gambar diatas) tanpa harus nulis panjang-panjang. Biasanya ini membantu banget kalau kamu harus bikin essay dan jenis tulisan lainnya.

4. Baca Lagi Sesudah Mencatat

via pexels.com
via pexels.com

Ini juga penting banget karena buat apa kamu mencatat tapi ujung-ujungnya nggak dibaca lagi coba? Selalu baca lagi hal-hal yang telah kamu catat, bisa jadi  kamu ingat sesuatu dari presentasi dosen kamu di kelas jadi bisa kamu tambahkan lagi di catatan kamu. Selain itu, kamu bisa refresh informasi yang sudah kamu dapat.


5. Gunakan Warna

via recreoviral.com
via recreoviral.com

Menurut sciencedaily.com riset yang dilakukan oleh University of British Columbia mengatakan bahwa warna bisa meningkatkan kinerja otak kamu dan hasilnya kamu bisa mengingat hal-hal tertentu dengan lebih baik. Makanya gunakanlah stabilo kamu untuk mewarnai kata-kata kunci yang penting supaya kamu bisa mengingatnya lebih baik dan mempermudah mencari informasi saat amu membaca ulang.

6. Berbagi Catatan

via blog.cengage.com
via blog.cengage.com

Tidak ada salahnya kamu berbagi catatan dengan teman kamu, kan? Siapa tahu mereka punya informasi tambahan tentang hal yang dipelajari di kelas yang belum kamu catat.

7. Gunakan Teknologi yang Tersedia

via androidauthority.com
via androidauthority.com

Kalau kamu orangnya bukan tipe yang suka nulis banyak-banyak kamu bisa gunakan aplikasi notes di laptop kamu atau di smartphone kamu buat mencatat hal-hal penting (itu juga jika dosen kamu memperbolehkan mencatat dengan gadget). Kalau saya biasanya menggunakan aplikasi notes di smartphone saya untuk membuat jadwal atau kalau saya punya ide dan nggak bawa buku catatan saya.

Yup! Itulah 7 tips mencatat yang sering saya pribadi pakai. Kamu punya tips lain, nggak? Kalau ada, comment aja di bawah ya! Tetap semangat kuliahnya!

Komentar:

Komentar