Yuk Coba Turunkan Berat Badan di Kosan dengan 3 Cara Praktis Ini!

Kamu yang mageran pun bisa coba!

:

Pernah dengar istilah “freshman 15”?

Freshman 15 adalah istilah yang mengacu ke kenaikan berat badan para mahasiswa baru, biasanya 15lbs atau sekitar 6kg. Wajar sih, karena mahasiswa baru kan masih beradaptasi dengan kehidupan barunya, apalagi untuk mereka yang kuliah di luar kota kelahiran dan harus belajar hidup mandiri di kosan.

Kebebasan yang baru mereka dapatkan ini bisa membuat mereka kebablasan: makan malam jam dua belas, tidur jam empat pagi, dan bangun jam sembilan karena harus kuliah. Biasanya mereka baru sadar bahwa tubuh mereka sudah tidak sesegar dulu saat celana mereka mulai terasa sempit!

Nah, apa kamu sekarang sedang jadi korban freshman 15, atau sekedar ingin berolahraga tapi nggak ingin bayar mahal untuk gym? Coba deh beberapa jenis olahraga di bawah ini!

Gambar via pshtostrt.tumblr.com
Gambar via pshtostrt.tumblr.com

 

1. Cardio (aerobik)

Olahraga cardio atau sering kita sebut juga olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang membakar kalori karena mengharuskan tubuh kita untuk menggunakan lebih banyak lemak kita untuk memproduksi energi. Selain itu, olahraga jenis ini juga memperkuat jantung dan paru-paru kita, dan bisa membantu mengurangi stress! Alokasikan waktu sekitar 30-60 menit tiap beberapa hari dalam seminggu untuk olahraga ini, ya.

Jenis olahraga cardio yang bisa dicoba di kosanmu (sesempit apapun itu) di antaranya: jalan di tempat, lari di tempat dengan lutut diangkat hingga sejajar dengan dada, jumping jacks (dicontohkan di gambar), dan menari bebas! Iya, bener banget, kamu bisa nyalakan saja musik favoritmu, dan gerakkan tubuhmu seakan-akan kamu adalah penari terhebat di jagad raya. Pastikan teman sekamarmu belum akan pulang kuliah ya, kalau kamu tidak mau ketahuan bahwa kamu jago banget menari. Kalau kamu punya talinya, kamu bisa juga skipping atau lompat tali.


Gambar via womenshealthmag.com

2. Strength training

Strength training adalah jenis olahraga yang membentuk dan menjaga otot kita. Tanpa strength training, kita bisa kehilangan otot kita, dan metabolisme kita juga bisa turun. Ih, nggak mau kan? Makanya, alokasikan waktu untuk olahraga penuh yang melibatkan sekitar 8-12 set minimal dua kali seminggu, ya.

Jenis olahraga strength training yang bisa kamu coba di kosan di antaranya: dips on chair untuk tricep, triangle push up di dinding untuk bicep, reverse plank untuk bahu, push up di dinding untuk dada, plank untuk perut, back extension untuk punggung bawah, side plank untuk oblique, hip flexor untuk pinggang, dan forward lounges untuk paha.

Gambar via healthhousekc.com

3. Stretching

Stretching, atau latihan fleksibilitas, bisa membantu kita dalam meningkatkan hasil olahraga dan berguna banget untuk menghindari resiko cedera ketika berolahraga. Makanya penting banget bagi kita untuk stretching setiap selesai olahraga, atau setelah duduk berjam-jam di depan komputer, misalnya.

 

Gimana, ternyata nggak punya uang untuk gym atau kamar kosan yang sempit nggak harus menghalangi kita dari olahraga yang bisa membugarkan tubuh, kan? Yuk, tantang diri sendiri untuk mulai mencoba olahraga selama dua minggu, dan lihat apa ada perubahan yang bisa langsung kita rasakan atau nggak.

Bagi-bagi hasil tantanganmu lewat komentar di bawah, ya!

Komentar:

Komentar