Wajib Catet! Ini 5 Cara Tubuh Memberitahu Kalau Kamu Kekurangan Kalori

Tubuh juga bisa protes ketika kamu kurang makan

Ngaku deh, siapa yang sampai detik ini masih sering meributkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh? Terutama cewek nih, biasanya kita punya patokan kalori yang masuk ke dalam tubuh harus sedikit, alias nggak boleh banyak-banyak. Ketika kalori udah terlalu banyak, kita bakalan merasa bersalah banget.

Ya, isu di atas emang benar kalau dikaitkan dengan diet penurunan berat badan. Tapi ternyata, menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar jauh lebih baik ketimbang diet itu sendiri. Artinya, kamu harus benar-benar memerhatikan jumlah kalori yang masuk udah mencukupi. Fatal lho akibatnya jika tubuh kekurangan kalori,

Ketika tubuh kekurangan kalori, maka tubuh akan ‘berbicara’ dan memberitahu dengan mengeluarkan beberapa tanda. Dilansir dari Insider, begini 5 cara tubuh mengatakan kalau kamu kurang kalori. Catet, ya!

1. Moody

5a25a8d63339b020008b45cb-750-563
via shutterstock

Mood yang sering berubah-ubah atau moody bisa jadi salah satu tanda tubuh kurang makanan, lho! Ketika kamu merasa cepat marah; sering gelisah; atau rewel, kamu perlu memikirkan kemungkinan bahwa kalori yang masuk ke dalam tubuh nggak terpenuhi dengan baik.

Hal ini sejalan dengan ungkapan Caroline Apovian, direktur Pusat Manajemen Nutrisi dan Berat di Boston Medical Center sekaligus profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, yang bilang bahwa ada hubungan yang saling berkaitan antara iritabilitas, kelelahan, dan cemas dengan kurang makan.

Ketika seseorang gelisah, otak akan mengatakan bahwa tubuh sedang kekurangan makanan sehingga kurang bisa bekerja dengan maksimal.

2. Merasa lemah

037636400_1465274867-sleepy-employee
via liputan6

Kalori merupakan energi dari makanan yang diperlukan tubuh untuk bergerak dan beraktivitas. Maka wajar aja kalau kamu merasa lemah dan lemas saat kurang makanan. Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, dokter sekaligus ahli kesehatan, mengatakan bahwa tubuh akan mulai merasa lemah dan nggak berfungsi dengan baik saat kalori yang dibutuhkan kurang terpenuhi.

3. Sering pusing

5a25a9203339b04a008b4655-750-563
via shutterstock

Pusing atau migrain juga merupakan tanda lain dari kekurangan kalori pada tubuh. Saat kurang makan, maka kadar gula dalam darah juga akan mengalami penurunan yang menyebabkan pusing dan migrain. Jadi kalau kamu sering sakit kepala, kamu perlu perhatikan lagi asupan makanan harianmu, ya.

4. Sembelit

sembelit
via sehatly

Darimana tubuh akan mengeluarkan kotoran kalau asupan makanan yang masuk nggak cukup? Ketika kurang makan, otomatis tubuh juga akan kekurangan serat dan mengalami penurinan insulin dari pankreas. Kurangnya insulin bisa menyebabkan hilangnya air untuk melunakkan tinja.

So, kamu bakalan mengalami sembelit saat kalori yang masuk ke tubuh kurang.

5. Rambut rontok

59710aaa2e50638a5a8b461a-750-563
via shutterstock

Cara lain tubuh memberitahu kalau kamu kurang makan adalah dengan menunjukkan gejala rambut rontok. Pada fase ini rambut kurang mendapat asupan nutrisi yang cukup dari makanan sehingga mudah rapuh. Jadi mekipun pakai shampo anti rontok sekalipun, kalau emang tubuh kurang kalori ya rambut bakalan tetep rontok.

Itu dia 5 tanda tubuh kekurangan asupan makanan. Mulai sekarang nggak usah sok-sokan diet yuk, yang penting penuhi pola makan teratur dengan gizi dan kalori yang seimbang. Dijamin sehat deh!

- Advertisement -
16 Shares

Komentar:

Komentar