Tak Kasat Mata, 5 Hal Ini Jadi Pertanda Jika Temanmu Terkena Depresi

Kecil tandanya, tapi besar dampaknya

Pernah nggak sih kamu denger cerita seseorang yang bunuh diri mendadak padahal sebelumnya masih terlihat hepi-hepi aja? Atau seorang ibu yang tega membunuh anaknya seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu? Ternyata kesemua itu terjadi akibat depresi, lho. Depresi bisa terjadi pada siapa saja dengan rentang usia berapapun, dan dampaknya tentu berbahaya lantaran penyakit ini nggak terdeteksi.

Banyak orang yang baru ketahuan depresi setelah melakukan hal-hal yang diluar dugaan, karena sekali lagi depresi itu nggak kelihatan. Oleh karena itu, mari kenali orang di sekitarmu, apakah 5 ciri di bawah ini ada pada mereka? Jika iya, segera selamatkan ya!

1. Aktivitas online berlebihan

via ideaimaji.com

Ternyata beraktivitas secara online secara berlebihan itu termasuk gejala depresi, lho. Orang yang depresi akan lebih memilih menghabiskan waktunya di dunia online, entah untuk scroll media sosial maupun belanja. Jadi kalau ada temanmu yang mendadak sering online padahal biasanya jarang, kamu perlu waspada.

2. Sulit beranjak dari tempat tidur di pagi hari

via unsplash.com

Orang yang terkena depresi biasanya akan menganggap bahwa hidup ini sangat berat. Mereka akan lelah membayangkan aktivitas mandi, sarapan, kuliah, dan serentetan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, mereka akan malas dan sulit beranjak dari tempat tidur di pagi hari.

3. Enggan berkomunikasi via telpon

via unsplash.com

Stress dan depresi mengakibatkan seseorang lebih suka berkomunikasi lewat teks ketimbang telpon. Bagi mereka, komunikasi suara menimbulkan tekanan yang membuat mereka makin depresi.

4. Tak peduli makan dan penampilan

via mataharimall.com

Mereka juga seakan tak peduli lagi dengan makan dan penampilan. Wajar jika penampilan mereka acakadul tak terurus. Kadang mereka bahkan sampai lupa makan karena kesehatannya tak dipedulikan lagi.

5. Mendadak jadi anti sosial

via unsplash.com

Kalau yang satu ini cukup terlihat, yaitu mereka mendadak jadi anti sosial dan menghindari keramaian. Mereka jadi pendiam dan lebih suka menyendiri. Nah kalau temanmu ada yang begini, segera temui dan cari tahu sebabnya ya. Saiapa tahu dia butuh pertolonganmu.

 

Itu dia 5 pertanda seseorang terkena depresi. Karena ada banyak tanda yang nggak terlihat, kamu mesti waspada dan peka terhadap sekitar lho. Kepekaanmu ini menyelamatkan kamu dan lingkungan dari aksi depresi teman yang justru berbahaya bagi diri sendiri, teman, dan juga orang lain.

 

Komentar:

Komentar