Suka Melewatkan Sarapan? Setelah Baca Ini, Dijamin deh Kamu Bakal Jadi Rajin Makan di Pagi Hari

Yakin masih mau lewatkan sarapanmu?

Mungkin karena terburu-buru atau memang tidak terbiasa, tak sedikit orang yang suka melewatkan kesempatan untuk sarapan di pagi hari. Kalaupun sarapan, biasanya itu akan dilakukan menjelang tengah hari, atau yang biasa dikenal sebagai brunch. Tapi faktanya, jika kamu sering melewatkan sarapan pagi, kamu berisiko mengalami hal membahayakan ini.

sumber: foodnetwork

Dilansir dari TIME, mereka yang melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena atherosclerosis, yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh plak yang tertimbun di arteri jantung.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 4000 partisipan di Spayol dengan rentang usia 40 hingga 50 tahun. Penelitian ini kemudian membagi kebiasaan partisipan dalam pola makannya sehari-hari: partisipan yang mengonsumsi kalori harian mereka sebanyak 20% di pagi hari; partisipan yang mengonsumsi kalori harian 5-20% di pagi hari; dan partisipan yang mengonsumsi kalori harian mereka kurang dari 5% di pagi hari.

sumber: kidneybuzz

Dari ketiga golongan tersebut, fakta menunjukkan partisipan yang hanya sangat sedikit makan di pagi hari atau yang sama sekali tidak mengonsumsi apa pun berisiko 2.5 kali lipat lebih tinggi memiliki atherosclerosis. Hal itu berarti plak sudah mulai tertimbun di dinding arteri jantung dan mulai membentuk penyumbatan. Jika dibiarkan, itu akan berpotensi menjadi serangan jantung ataupun stroke.

sumber: indiatvnews

Partisipan yang masuk dalam kategori 5-20% juga terindikasi memiliki gejala awal dari atherosclerosis. Sedangkan partisipan yang mengonsumsi kalori harian 20% di pagi hari terbukti yang paling sehat di antara yang lainnya. Penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh keseimbangan hormonal diantara jeda waktu saat kamu pertama bangun tidur hingga kamu mulai mengkonsumsi sesuatu.

Hmm, “cuma” karena melewatkan sarapan bisa sampai terserang penyakit. Nggak banget, ‘kan?

Makanya, sangatlah penting untuk mengisi perutmu dengan makanan atau minuman di jam-jam pertama setelah kamu bangun tidur. Kalau kamu orangnya tak mau ribet, sarapan itu tak selalu harus pakai nasi, kok; asupan seperti buah-buahan dan susu bisa dijadikan menu sarapan.

Menghindari sarapan karena sedang diet juga tidak dianjurkan karena malah berdampak pada rasa lapar yang memuncak. Alhasil, porsi makan siang kamu malah jadi berlebih. Jika tidak sempat sarapan ‘besar’, bawalah snack protein sehari-hari di tasmu sebagai alternatifnya.

Selain bisa menghindarkan diri dari penyakit, sarapan pagi juga terbukti mampu mengatur tingkat glukosamu tetap terkendali; meningkatkan daya kognisi kesadaran; dan menjagamu agar tidak cepat lapar di siang harinya.

Jadi masih ingin melewatkan sarapanmu karena alasan diet? Yuk, mulai pola hidup sehatmu dengan sarapan di pagi hari.

Sumber: Mentalfloss

 

- Advertisement -
Shares 9

Komentar:

Komentar