Sebenarnya Berapa Butir Telur yang Direkomendasikan untuk Kita Konsumsi Setiap Harinya?

Biasa makan berapa butir tiap harinya?

Seperti yang sudah dibahas pada artikel tentang telur sebelumnya, telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai dan harganya juga terjangkau. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan selera dan kreativitas masing-masing orang.

via epicurious.com

Dari sisi manfaat, telur mempunyai segudang kelebihan. Telur merupakan makanan yang kaya akan asam amino dan protein yang dapat membantu dalam membentuk otot. Selain itu telur juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti zat besi, kolin, asam folat, sulfur, zinc, vitamin B2, B12, E dan D.

Tapi meski mengandung banyak manfaat bagi tubuh, mengkonsumsi terlalu banyak telur juga tidak baik untuk tubuh kita. Makanya yang jadi pertanyaan adalah, berapa butir telur yang direkomendasikan untuk kita konsumsi setiap harinya?

via news.com.au

Menurut Mayo Clinic, kebutuhan kolesterol yang dapat dikonsumsi oleh manusia berkisar antara 100-300 milligrams (mg), bergantung tingkat kolesterol masing-masing orang. Sedangkan pada satu butir telur sendiri, kuning telurnya mengandung sekitar 186 mg kolesterol. Sudah separuhnya, bro! Itu baru dari telur, belum bahan makanan atau jajanan lain.

Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu mulai memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan atau minuman yang kamu makan. Kamu bisa mencari informasi tentang makanan tertentu atau melihat label fakta nutrisi dan melihat berapa kandungan kolesterol yang ada di dalamnya. Contohnya aja 250 ml susu Greenfi*** itu ternyata mengandung 10 mg kolesterol.

via catatanoline.web.id

Kalau sudah mengetahui kandungan nutrisi tiap-tiap makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi, maka kamu bisa mulai mengatur nutrisi yang masuk supaya jantung, pembuluh darah, dan empedu tidak bermasalah ke depannya karena kelebihan kolesterol.

Jadi, sekarang kamu sudah bisa menentukan berapa butir telur yang harus kamu konsumsi tiap harinya, kan?

9 Shares

Komentar:

Komentar