7 Kombinasi Makanan Sehat Ini Malah Bisa Bikin Kamu Jadi Gak Sehat, Lho!

Sebelum kamu nerapin food combining buat bikin tubuh kamu sehat, bagusnya kamu tahu 7 kombinasi makanan yang wajib dihindari ini.

Zaman sekarang jadi anak muda yang doyan makan junk food terus nongkrong sampai tengah malam udah gak jaman lagi. Sekarang jamannya anak muda mulai merhatiin kesehatan tubuhnya supaya tetap bisa fit beraktifitas dan produktif berkarya. Kalau kamu pernah dengar yang namanya food combining, ini adalah salah satu tren cara diet yang lagi hits di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Caranya gampang banget, kamu boleh makan semua jenis makanan mulai dari yang mengandung karbohidrat sampai lemak, asalkan kamu tahu cara mengkombinasikan jenis-jenis makanan itu. Nah, biar kamu gak salah langkah, mending kamu simak 7 kombinasi makanan apa aja yang harus kamu hindari supaya tubuh kamu tetap sehat dan fit buat beraktifitas. Yuk!

1. Sandwich Keju dan Kopi

Via: newgenbsm.com.au

Gak punya waktu buat sarapan sering banget jadi alasan kamu buat sarapan dengan dua jenis makanan ini. Alasannya karena sandwich itu praktis dan kopi bisa bikin kamu jadi tambah berenergi. Sayangnya mulai sekarang kamu harus mulai stop kebiasaan ini, soalnya ternyata kandungan karbohidrat yang ada pada roti menghalangi kandungan kalsium pada keju buat diserap sama tubuh kamu. Terus sebenarnya gak ada kelebihan apapun dari segi kesehatan kalau kamu minum kopi di pagi hari, jadi mending ganti menu sarapan kamu sama yang lebih bergizi ya.

Tips: Kalau sandwich keju itu makanan favorit kamu, seenggaknya kamu bisa ganti jenis minumannya sama air putih saja ya.

2. Tomat dan Mentimun

Via: aheadofthyme.com

Paduan dua jenis sayuran ini sering banget kita temui di menu salad yang kita makan. Fakta dari penelitan terbaru menunjukan kalau kombinasi kedua sayuran ini ternyata bisa menghambat proses pencernaan tubuh kamu. Efek lebih lanjut yang bisa terjadi kalau kamu makan dua jenis makanan ini secara bersamaan adalah, kandungan gizi pada kedua sayuran ini gak bisa tercerna dengan sempurna di tubuh kamu.

Tips: Gimana kalau kamu makan salad tomat dan salad mentimunnya secara terpisah aja? Hari ini salad tomat, besoknya baru deh salad mentimun.

 

3. Kentang dan Daging

Via: Freepik.com

 

Siapa sih yang bisa nolak hidangan daging steak dengan side dish berupa kentang goreng yang dimasak garing? Ternyata kebiasaan kita makan steak dengan cara penyajian seperti ini masuk kategori kombinasi makanan yang super berat dan susah dicerna sama tubuh kita. Ketika kandungan enzim starch yang ada di dalam kentang bersatu sama kandungan protein yang ada di dalam daging, hal ini bakal ngebuat kedua kandungan itu mengendap dan gak tercerna di perut kamu. Akhirnya kamu jadi ngerasa mual dan sendawa terus-terusan deh.

Tips: Saatnya kamu ganti side dish di hidangan steak kamu dengan sayur-sayuran kayak asparagus, brokoli atau kacang panjang supaya hidup kamu jadi lebih sehat.

 

 4. Pasta dan Daging Giling

Via: Freepik.com

Satu lagi jenis makanan yang sering banget disajikan secara bersamaan waktu kita makan di restoran. Pasta yang dikasih topping daging giling pastinya enak banget buat disantap sebagai makan siang. Tapi kamu tahu gak kalau kandungan enzim saliva yang ada di air ludah kita bisa mengubah kandungan karbohidrat pada pasta jadi gula? Nah gula ini lah yang kalau ketemu sama protein yang berasal dari daging bisa menyebabkan kita diabetes. Gak mau dong ngalamin penyakit ini di usia kita yang masih muda?

Tips: Mendingan mulai sekarang kamu ganti menu pasta yang suka sama pasta yang terbuat dari gandum dan makan dagingnya secara terpisah beberapa saat setelah kamu selesai makan pasta.

 

5. Minuman Beralkohol dan Kacang

Via: markpascua.com

Kombinasi kedua makanan yang sering banget kita lihat di filmfilm Hollywood ini, ternyata gak bagus buat kesehatan loh. Kandungan garam yang tinggi pada kacang sendiri sebenarnya udah gak bagus buat tubuh dan bisa bikin kamu dehidrasi, apalagi kalau setelah makan itu kamu minum minuman beralkohol yang udah jelas-jelas gak bagus buat kesehatan.

Tips: Mendingan minum air putih atau jus ditambah camilan buah-buahan deh supaya kamu tetap sehat!

 

6. Susu dan Nanas

Via: dhakatribune.com

Alasan kenapa kedua makanan ini gak boleh kamu makan secara bersamaan adalah. karena buah-buahan yang rasanya asam kayak nanas mengandung enzim bromelain yang bisa menyebabkan kamu keracunan kalau kamu makan bersama produk yang mengandung susu kayak keju atau yoghurt.

Tips: Ganti nanas sama buah-buahan lain yang rasanya gak asam pas kamu makan atau minum makanan yang mengandung susu ya, biar kamu gak berakhir dengan keracunan.

7. Susu dan Pisang

Via: manusmenu.com

Terakhir ada susu sama pisang sebagai kombinasi makanan yang harus kamu hindari kalau gak mau tubuh kamu jadi sakit. Meskipun dua jenis makanan ini populer banget buat dijadiin menu sarapan karena gampang dibuat dan dipercaya punya kandungan gizi yang tinggi. Ternyata di balik itu semua, kandungan gula yang ada pada pisang ternyata lama banget loh dicerna sistem pencernaan kita dan bisa bikin kita begah. Terus beberapa ahli nutrisi percaya kalau susu sebaiknya diminum secara terpisah dari makanan lain supaya kandungan gizinya lebih mudah terserap tubuh.

Tips: Jadiin pisang sebagai cemilan aja ya.

 

Gimana? Ternyata banyak ya makanan yang kita makan sehari-hari ternyata malah gak bagus buat kesehatan kita. Mulai sekarang coba hindari kombinasi makanan-makanan di atas ya supaya diet food combining kamu tambah sukses!

 

Dilansir dari: Brightside.me

 

- Advertisement -
Shares 40

Komentar:

Komentar