Beli Obat Tanpa ke Dokter Dulu? Kenali Simbol Obat Herbal sampai Obat Keras dari Sekarang

Jadi, kamu bisa kenali jenisnya kalau nanti beli obat di warung atau apotek.

:

Pernahkah kamu langsung membeli obat herbal di warung ketika kamu merasa pusing atau nyeri badan? Pasti pernah, dong. Apalagi kalau kamu sering terkena penyakit-penyakit ringan. Tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu, kamu langsung saja membeli obat tersebut di warung atau apotek tanpa resep dokter.

Tapi tahukah kamu, obat juga memiliki golongannya tersendiri, lho, dan itu bisa dilihat dari simbol di kemasannya. Seperti dilansir dari Hipwee, yuk kita kenali simbolnya biar kamu tidak salah membeli jenis obat. Salah-salah, nanti yang dibeli malah beli obat jenis psikotropika lagi.

1. Simbol ini bermakna obat yang dibuat dari jamu tradisional

Sumber: gambartop.com

Masyarakat Indonesia memang lekat banget sama yang namanya minum jamu. Nah, jika kamu membeli obat dan terdapat logo pohon seperti simbol di atas, berarti obat yang kamu konsumsi memiliki bahan dasar tanaman yang teknik meramunya pakai cara tradisional. Jadi, seperti kamu minum jamu gitu, deh.

2. Bintang tiga ini punya makna Obat Herbal Terstandar


Sumber: ratih-saridewi.blogspot.com

Meskipun namanya Obat Herbal Terstandar, tapi jenis obat ini beda seperti obat jenis pertama. Jenis obat ini dibuat dengan kandungan seperti tanaman, obat, dan mineral lainnya serta diproses dengan teknologi tinggi dan terstandar. Sebelum dipasarkan, obat ini juga telah melalui uji klinis, guna menentukan apakah obat ini sudah layak atau belum.

3. Fitofarmaka, obat dengan simbol mirip dengan simbol salju

Sumber: miraculummundi.blogspot.com

Memiliki simbol yang sama dengan simbol salju tetapi berwarna hijau, obat jenis ini bernama Fitofarmaka. Obat ini memiliki kandungan bahan tradisional atau bersumber dari alam. Tapi, obat ini sudah diproses secara modern. Jadi kualitas obat ini tidak kalah sama obat berbahan modern. Cocok nih buat kamu yang suka obat-obatan tradisional tapi tidak mau ribet dengan pengolahannya.

4. Lingkaran hijau, jenis obat yang relatif gampang didapatkan

Sumber: bobo.grid.id

Nah, kalau kamu sakit terus membeli obat dengan kemasan bersimbol seperti di atas, berarti obat yang kamu konsumsi relatif aman karena memang bebas diperjualbelikan. Obat dengan simbol ini umum ditemukan pada paracetamol atau aspirin. Kamu juga tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya.

5. Lingkaran biru, peredarannya bebas tapi tetap harus hati-hati saat mengonsumsinya

Sumber: pharmanote.blogspot.co.id

Untuk membeli obat ini, kamu juga tidak perlu resep dokter, kok. Tapi karena termasuk ke dalam obat keras, maka kamu harus memerhatikan betul dosis dan takaran saat mengonsumsi obat ini. Jadi ingat, sebelum mengonsumsinya, baca dulu aturan pakainya.

6. Huruf K untuk Obat Keras

Sumber: serupedia.com

Dan itu berarti kamu membutuhkan resep dokter untuk membelinya. Kenapa? Karena obat yang memiliki simbol di atas jika pengunaannya berlebih atau dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter, obat ini bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh. Konsultasi ke dokter dulu ya guys sebelum konsumsi obat ini.

7. Jenis obat paling berbahaya, karena masuk kategori narkotika

Sumber: hipwee.com

Masih ingat dong kasus selebriti yang tercyduk oleh polisi karena penyalahgunaan obat? Yup, ternyata tanpa sadar artis itu mengonsumsi obat berjenis narkotika yang padahal penggunaannya membutuhkan resep dokter asli. Ditambah lagi penggunaannya harus diawasi secara ketat, karena terlalu sering mengonsumsi obat ini bisa menyebabkan ketagihan, mati rasa, sampai hilang kesadaran!

Nah, mulai sekarang hati-hati ya guys saat mau minum obat. Pastikan obat tersebut aman kamu konsumsi, atau jika ragu, konsultasikan dulu dengan dokter.

Komentar:

Komentar