Guys, 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Sebelum Berangkat Merantau!


Meski berat, merantau adalah salah satu fase yang hampir pasti harus dihadapi oleh sebagian anak muda, termasuk kamu? Entah untuk melanjutkan pendidikan atau bahkan mencari kehidupan yang lebih layak, mau nggak mau fase ini harus tetap dilalui. Kenangan bersama keluarga, teman-teman, dan juga kerabat dekat di kampung halaman seharusnya bisa menjadi energi tersendiri untuk meraih kesuksesan di tanah rantau, bukan menjadi penghambat yang memperberat langkahmu.

Memang nggak semua anak rantau mendulang sukses di tanah rantau, ada juga beberapa penyebab kegagalan yang membuat anak rantau kehilangan arah dan terpaksa kembali pulang tanpa membawa bekal atau ilmu apapun. Bahkan tak jarang ada juga anak rantau yang ‘rusak’ setelah kembali dari perantauannya. Tentu kamu nggak mau ini terjadi kan? Nah 5 hal ini perlu kamu perhatikan sebelum berangkat merantau, supaya kepergianmu nggak sia-sia.

1. Tentukan tujuan terlebih dahulu

 

via culturekaur.blogspot.com
via culturekaur.blogspot.com

 

Sebelum benar-benar pergi meninggalkan tanah kelahiranmu, sebaiknya kamu bertnaya lagi pada dirimu sendiri apa yang menjadi tujuanmu merantau. Apakah untuk mencari pengalaman? bekerja? Atau melanjutkan study? Lalu buatlah planning apa saja yang akan kamu lakukan di perantauan. Tentukan target yang jelas dan pasti agar kamu tak tergoda untuk melakukan hal-hal yang sekiramya bisa menggeser tujuan utamamu.

2. Jaga sikap dan sopan santun

 

via amahrizal.wordpress.com
via amahrizal.wordpress.com

 

Kepergianmu ke kota seberang tentu nggak hanya membawa nama baik diri sendiri dan keluarga saja, kamu juga membawa nama baik kota asalmu. Jangan sampai image kampung halamanmu tercemar lantaran sikap dan tingkah lakumu yang kurang terjaga. Tetap jaga sopan santun dan tata krama, juga jangan lupa untuk menghargai orang-orang yang ada disana. Percaya deh, kalau sikap kamu baik maka mereka juga akan ‘welcome’ dalam menerima kehadiranmu.

3. Hargai adat istiadat yang berlaku

 

via blogminangkabau.files.wordpress.com
via blogminangkabau.files.wordpress.com

 

Selain sopan santun, kamu juga perlu menghargai adat istiadat yang berlaku di perantauan. Beda daerah pasti beda juga adatnya, cobalah untuk menerima dan menghargai apa yang menjadi kebiasaan mereka. Jangan malah mencela dan menyepelekannya.

4. Jangan sampai membuat masalah dengan orang-orang sekitar

 

via tribunnews.com
via tribunnews.com

 

Kamu harus sadar kalau kamu adalah pendatang, kamu nggak lagi berada di kandang yang aman dan nyaman. Sekali kamu berbuat onar, maka reputasimu akan rusak dan ini sangat mengganggu lehidupanmu di perantauan. Keributan yang kamu ciptakan nggak akan membuat kamu nyaman melanjutkan tujuanmu.

5. Bergaul dengan semua kalangan, nggak cuma dengan mereka yang satu daerah denganmu

 

via dellowdrew.blogspot.com
via dellowdrew.blogspot.com

 

Di tanah rantau kamu juga pasti akan bertemu dengan teman-teman seperjuangan yang berasal dari daerah yang sama. Nggak bisa dipungkiri, kehadiran mereka mambuat kamu lebuh nyaman dan tenang karena merasa satu nasib. Tapi bukan berarti kamu harus pilih-pilih teman lho, lebih baik perluas pergaluanmu dengan mereka yang berasal dari daerah lain supaya makin kaya ilmu dan pengalaman.

Komentar:

Komentar