Gak Perlu Gugup Saat Wawancara Kerja, Ini 7 Tips Biar Kamu Bisa Membangun Kesan Pertama Yang Baik

Para pencari kerja wajib baca!

:

Penelitian membuktikan bahwa kesan pertama saat bertemu seseorang bisa dinilai dalam waktu tujuh detik. Ketika kamu menghadiri wawancara kerja misalnya, pewawancara bisa saja memutuskan untuk merekrut atau menolak kamu hanya dalam waktu 30 detik lho. Maka dari itu kamu harus memaksimalkan kesan pertama yang kamu berikan dalam kurun waktu 30 detik tersebut.

Di artikel ini kita akan membahas 7 tips supaya kesan pertama kamu saat menghadiri wawancara kerja terbangun dengan baik. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak daftar yang dihimpun dari Brightside berikut ini.

1. Berpenampilan rapi

via brightside.me

Yup, mungkin tips ini udah jadi aturan umum dalam dunia kerja. Tapi gak sedikit juga orang yang menyepelekan kerapihan penampilan saat menghadiri wawancara. Nah, buat kamu yang masih percaya kalau jas, kemeja, dan dasi itu gak terlalu penting ketika wawancara, coba tahan dulu ego kamu itu.

Statistik mengatakan 55% dari kesan pertama dinilai berdasarkan penampilan. Jadi ketika hendak menghadiri wawancara kerja, cobalah bersikap lebih netral dan konservatif dalam memilih pakaian. Satu lagi, jangan menggunakan parfum yang baunya menyengat!

2. Jangan membuat suara yang mengganggu

via brightside.me

Ketika sedang menunggu giliran wawancara atau menunggu keputusan penguji, cobalah lebih bersabar dan tenang. Jangan membuat suara-suara seperti mengetukkan kaki ke lantai, mengetuk jari-jari di meja, atau meretakkan jemari kamu. Mengetuk jari dapat menandakan kegugupan, ketidaksabaran, atau rasa jengkel. Dan yang terpenting, itu juga bisa mengganggu orang di sekitar kamu. Tentunya kamu gak mau terlihat seperti orang yang menyebalkan sebelum wawancara dimulai, bukan?

3. Jangan hindari kontak mata

lucasworks.ca

Kontak mata adalah cara ampuh untuk membuat kesan pertama yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mempertahankan kontak mata saat berbicara dan mendengarkan sering dinilai lebih percaya diri dan cerdas. Sebaliknya, orang yang menghindari kontak mata, dipandang kurang tulus, kurang menarik, dan lebih cemas.

4. Datang tepat waktu

via brightside.me

Orang yang datang terlambat secara tidak langsung memberi kesan bahwa dia tidak bisa diandalkan, buruk dalam perencanaan, tidak menghargai waktu orang lain, dan kurang komitmen. Oleh karena itu datang tepat waktu pada saat wawancara sangatlah penting. Coba atur waktu kamu sehingga kamu tidak perlu khawatir terlambat dan juga tidak perlu terburu-buru saat mendatangi lokasi wawancara. Sebab, ketika kamu tiba tepat waktu tapi sebelumnya harus berlari dahulu, itu akan mengganggu konsentrasi kamu juga nantinya.


Ditambah lagi, diwawancara dengan badan yang penuh keringat itu nggak keren.

5. Mengingat nama dengan baik

via brightside.me

Memalukan banget jika kamu melupakan nama seseorang, terutama ketika orang itu sendiri ingat nama kamu. Begitu pun pada saat wawancara kerja. Jika kamu salah menyebut nama orang, perusahaan, atau jabatan, kesan pertama yang kamu berikan akan tercoreng. Kemudian jika kamu berhasil direkrut, coba ingat baik-baik nama-nama orang yang akan menjadi rekan kerja kamu. Sebisa mungkin jangan sampai lupa dan menanyakannya kembali.

6. Jabatlah tangan orang yang kamu temui dengan kuat

via brightside.me

Jabatan tangan yang lemas bisa merusak kesan pertama lho. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan jabat tangan lemah dinilai sebagai pemalu, cemas, kurang terbuka, dan kurang memiliki kemampuan. Menjabat tangan seseorang terlalu lama juga bisa mengurangi kesan yang kamu timbulkan pada orang yang diajak bersalaman. Kalau kamu pengin terlihat meyakinkan, berikan jabatan tangan yang kuat dan ikuti aturan dua detik.

7. Mengatur posisi duduk dengan benar

via brightside.me

Pikirkan baik-baik posisi kamu saat duduk. Kamu bisa meletakkan tangan di pangkuan, tapi jangan meletakkannya di saku sebab itu bisa menandakan bahwa kamu menyembunyikan sesuatu. Jika kamu lebih nyaman meletakkan tangan di atas meja, jangan menekan tangan kamu terlalu kencang atau memosisikan telapak tangan ke bawah. Posisi seperti itu bisa menyiratkan kalau kamu ingin mengendalikan (percakapan dengan) pewawancara.

Itu dia 7 tips untuk membangun kesan pertama yang baik pada saat wawancara kerja, guys. Apa kamu punya tips-tips bermanfaat lain yang lebih ampuh? Semoga bermanfaat dan jangan lupa share, ya!

Komentar:

Komentar