Gak Cuma Kopi, 5 Makanan Dan Minuman Ini Juga Punya Kadar Kafein Yang Tinggi Lho

Es krim punya kadar kafein yang sama dengan kopi? Ah, masa?

:

Kita pasti sering dengar kalau kopi adalah jenis minuman berkafein tinggi yang bisa membuat kita terjaga dan sulit tidur, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi ternyata bukan cuma kopi lho yang punya kadar kafein tinggi. Ada banyak makanan dan minuman di sekitar kita yang mengandung kadar kafein yang gak kalah banyak dari kopi.

Makanya, buat kamu yang punya penyakit susah tidur, kamu juga wajib menghindari daftar 5 makanan dan minuman yang dilansir dari Insider ini.

1. Biskuit Penambah Energi

Via: lemonsandbasil.com

Buat kamu yang sering merasa lemas dan lesu dalam beraktifitas, biskuit berenergi bisa jadi salah satu pilihan makanan yang bisa menambah energi kamu dalam waktu singkat. Tapi apa kamu pernah terpikir, kok bisa ya dalam waktu singkat energi kamu langsung terasa penuh setelah makan makanan ini?

Jawabannya ada pada kadar kafein yang terkandung di dalamnya. Satu batangnya rata-rata mengandung 75 mg kafein, lho. Apalagi kalau yang rasa moka atau kopi, kadar kafeinnya bisa lebih banyak lagi.

2. Minuman Berenergi

Via. Insider.com

Sama halnya dengan biskuit berenergi, jenis minuman yang satu ini juga sering dikonsumsi untuk menambah energi seseorang dalam beraktifitas. Rasanya yang cenderung manis membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang. Gak heran banyak orang jadi ketergantungan dengan minuman ini, agar tubuh mereka terus terasa fit dan segar.

Padahal, mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa berbahaya buat kesehatan tubuh. Gak cuma dikarenakan kadar kafein yang tinggi, tapi juga karena minuman ini banyak menandung pemanis buatan yang bisa merusak ginjal kita.

3. Cokelat

Via: blog.vaninicioccolato.com

Duh, siapa sih yang gak suka makan cokelat? Apalagi kemarin kamu baru saja dapat banyak cokelat dari gebetan pas momen valentine. Sayang ‘kan kalau coklatnya gak dimakan?


Sebenarnya mengonsumsi cokelat itu baik buat kesehatan. Tapi hal ini berlaku kalau kamu mengonsumsinya dalam kadar yang cukup alias gak berlebihan.  Kalau berlebihan, itu sama saja dengan memasukan kafein dalam jumlah banyak ke tubuh kamu. Tahu gak, kalau sepotong cokelat hitam seberat 0.5 gram meengandung 14 mg kafein. Apalagi kalau kamu makan dalam jumlah banyak, ‘kan?

4. Minuman Bersoda

Via: tidbitsmag.com

Rasanya yang segar sering dijadikan alasan buat menghilangkan rasa haus saat berada di tempat bersuhu panas. Tapi di balik kesegarannya, kalau kamu mengonsumsi minuman bersoda melebihi kadar yang aman, bisa-bisa kamu malah mengalami gangguan kesehatan seperti detak jantung yang cepat sampai penyakit diabetes.

Salah satu penyebab hal tersebut terjadi adalah kandungan kafein yang terdapat di dalam sekaleng minuman soda, sekitar 22-115 mg. Gak heran terlalu banyak minuman ini bisa bikin jantung kamu berdetak lebih cepat dan kita jadi terjaga semalaman.

5. Es Krim

Via: seriouseats.com

Hah? Es krim? Serius? Yup, makanan kesukaaan kamu ini ternyata bisa punya kadar kafein sama banyaknya dengan kopi. Hal ini berlaku kalau es krim yang kamu makan punya rasa kopi. Satu scoop sedang es krim kopi, bisa mengandung kafein sebanyak 29 mg didalamnya, lho.

Dari semua jenis makanan dan minuman di atas, ada yang termasuk favorit kamu, gak? Kalau iya, jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya!

Komentar:

Komentar