Freelancer Masuk: Ini Cara Supaya Kamu Bisa Santai Kerja Tanpa Dikejar-kejar Deadline


:

Beruntunglah kamu yang punya pekerjaan lepas alias freelancer, karena kamu punya waktu luang yang banyak disertai dengan jam kerja yang bebas tanpa takut pengawasan bos. Kamu bebas menentukan sendiri kapan kamu akan bekerja dan bersantai, kamu juga bisa kerja dimana aja dalam kondisi apapun. Tapi satu masalah paling besar yang pasti pernah dialami oleh freelancer, yaitu dikejar-kejar deadline! Deadline udah mepet di depan mata sementara kerjaan masih jauh dari kata selesai. Hmm sebenernya apa sih yang bikin para freelancer ini sering dijekar deadline? Yap, apalagi kalau bukan kebiasaan nunda pekerjaan!

Nunda kerjaan sering banget dilakukan oleh pekerja lepas lantaran nggak ada pengawasan langsung dari bos, dan akhirnya diri sendiri yang pusing keteteran. Yuk coba simak tips dibawah ini supaya kamu nggak lagi punya kebiasaan nunda kerjaan yang berujung pada dikejar-kejar deadline.

1. Buat jadwal kerja yang rutin tiap harinya

via kesles.com
via kesles.com

Meski kerja dari rumah, kamu harus punya jadwal rutin dan timeline kerja yang baik tentang apa yang harus kamu lakukan hari ini. Misal ngerjain kerjaan A di pagi hari dan kerjaan B di malam hari. Ritme kerja yang teratur dan terjadwal bikin kamu nggak pusing dan kelimpungan pas deadline udah di depan mata. Jangan sampai kamu lembur begadang demi ngerjain job yang sebenernya bisa dicicil guys!

2. Jangan lupa kasih deadline untuk tiap pekerjaan

via selangkahlagi.com
via selangkahlagi.com

Meski dari klien udah ada deadlinennya sendiri, tapi kamu wajib banget punya deadline sendiri untuk pekerjaanmu. Uasahakan untuk memberi deadline jauh hari sebelum deadline hari H yang udah disepakati bersama klien. Kerjaan yang udah beres jauh-jauh hari bikin kamu bisa santai-santai dan refreshing. Percaya deh, kerjaan yang beres bikin kamu lega luar biasa.

3. Hadiahi diri sendiri kalau bisa mencapai target

via gendies.com
via gendies.com

Meski ritme kerja dan aturan kerja kamu buat sendiri, usahakan untuk punya target pekerjaan. Misalnya satu minggu harus bisa selesai berapa projek dan seterusnya. Dan kalau kamu berhasil, apresiasi dengan memberi hadiah pada dirimu sendiri. Kalau emang nggak ada bos yang ngasih kamu bonus layaknya kerja kantoran, kamu bisa kasih bonus untuk diri sendiri kan? Ini bisa bikin kamu tambah semangat kerja lho!

4. Cicil kerjaan semampu kamu atau padatkan semua kerjaan dalam satu waktu

via suara.com
via suara.com

Satu hal yang penting supaya kamu bisa bebas dari kejaran deadline yang mengganggu adalah mengerjakan semua pekerjaan dengan cara dicicil. Sedikit demi sedikit kamu akan bisa menyelesaikan semua tanggung jawab kamu. Tapi kalau kamu tipikal orang yang nggak bisa nyicil kerjaan, kamu bisa padatkan semua kerjaan di satu waktu. Misalnya semua kerjaan mau kamu kerjain dalam waktu 2 hari, konsekuensinya kamu beneran ngerjain kerjaan itu 2 hari full tanpa ada kerjaan atau kesibukan lain. Meski dikerjain dalam satu waktu, yang penting deadline nggak mepet kan? Jadi kamu masih punya banyak waktu buat santai-santai.

5. Cari tempat dan suasana kerja yang bikin kamu nyaman

via welshice.org
via welshice.org

Tempat kerja yang nyaman ternayta berengaruh banyak untuk produktivitas kerja kamu lho! PIlih tempat yang beneran bikin kamu produktif tanpa terganggu apapun. Kriteria tempat yang nyaman sih tergantung masing-masing orang, karena kenyamanan kerja itu relatif. So, jangan tunda-tunda pekerjaan lagi ya!


 

Komentar:

Komentar