[DIY] Siapa Yang Nyangka Kalo Membersihkan 5 Hal Ini Cuma Butuh Ginian? Murah Dan Gampang Pula


:

Sebel nggak sih kalo kita udah beli pembersih lantai atau apapun itu lah yang harganya mahal tapi pas dipakai malah hasilnya nggak memuaskan. Wangi sih iya, tapi bersihnya nggak. Seperti dilansir Brigthside, daripada terus-terusan beli yang mahal dan tanpa hasil, mending bikin sendiri aja yang murah dan gampang bikinnya.

Nggak percaya kalo gampang bikinnya? Coba kamu baca sendiri, bahkan adek kamu yang kecil pasti bisa bikinnya.

1. Membersihkan lantai kamar mandi

via fanpage.gr

Bahan yang kamu butuhkan :

1/4 glass of hydrogen peroxide

1 tablespoon of liquid soap

1/2 glass of water

Cara menggunakan :

Campurkan semua bahan diatas, kemudian rendam spons ke dalam cairan dan seka lantai yang ingin dibersihkan. Setelah itu siram lantai tersebut dengan air jika sudah selesai.

Namun jika lantainya terlalu kotor untuk dibersihkan, tuangkan cairan tersebut di atas lantai dan di sela-sela keramik dan biarkan selama 10 menit. Nantinya kotoran tersebut akan larut dengan sendirinya dan lebih mudah untuk dibersihkan. Ulangi sekali lagi dan yang terakhir, siram lantai dengan air.


2. Membersihkan toilet

via irecommend.ru

Bahan yang kamu butuhkan :

Cuka

Cara menggunakan :

Bisa kamu semprotkan atau kamu tuang cuka ke dalam toilet, setelah itu sikat toiletmu. Cuka juga bisa menjadi disinfektan yang ampuh lho!

3. Membersihkan pegangan kompor atau oven

via liveinternet.ru

Bahan yang kamu butuhkan :

Cotton bud (pembersih telinga)

Sikat gigi yang sudah tidak terpakai

Larutan ammonia-anisic

Cara menggunakan :

Larutkan cotton bud ke dalam ammonia-anisic dan oleskan pada tempat yang ingin dibersihkan. Untuk membersihkan minyak atau lemak, gunakan sikat gigi dan spons biasa. Tapi jangan lupa selalu kenakan sarung tangan ya untuk melindungi tangan dan kulitmu.

4. Membersihkan gelas stainless

via ru.pinterest.com

Bahan yang kamu butuhkan :

Mustard kering

Baking soda

Cara menggunakan :

Campurkan baking soda dan mustard kering dengan rasio 1 dibanding 3, kemudian letakkan campuran kedua benda tersebut ke tempat yang ada lubang di bagian tutupnya. Tuangkan serbuk campuran tersebut sebelum mencuci peralatan makan yang berbahan stainless.

5. Membersihkan matras kasur

via liveinternet.ru

Bahan yang kamu butuhkan :

235 ml 3% hidrogen peroksida

3 sendok makan baking soda

Setetes sabun cair

Cara menggunakan :

Campurkan baking soda dan peroksida pada botol yang bisa disemprotkan. Ketika baking soda sudah larut, masukkan setetes sabun cair dan kocok. Setelah itu semprotkan ke tempat yang ingin dibersihkan, biarkan selama 5-10 menit. Kalau ingin cepat kering kamu bisa menggunakan bantuan kipas angin. Setelah itu bersihkan remah-remah baking soda dengan vacuum cleaner.

Yang perlu kamu ingat, racik cairan diatas tepat pada saat kamu ingin membersihkan matras pada saat itu juga karena hasilnya akan lebih efektif.

Nah, gampang kan? Terlebih lagi bahan-bahan diatas bisa kamu dapatkan di toserba atau apotek terdekat dengan harga yang relatif murah. Mau nyoba?

Komentar:

Komentar