Daripada buat Merokok, Mending Gunakan Tembakau sebagai Bahan Pestisida Alami

Ada yang udah pernah nyobain?

:

Mendengar kata tembakau, biasanya yang terbayang pertama kali di benak kita adalah rokok. Wajar sih, mengingat penduduk negeri kita adalah salah satu konsumen rokok terbesar di dunia dengan harga rokok yang paling murah. Mungkin hal ini bisa terjadi karena pengaruh lingkungan atau cap maskulinitas. Dan meski mereka sudah tahu bahaya rokok, they never really care about it.

Pada artikel ini saya nggak akan membahas soal rokok, tapi lebih ke arah sisi lain dari tembakau yang bisa digunakan untuk pestisida. Meski kamu bisa lebih mudah membeli dan menggunakan pestisida pabrikan, nggak ada salahnya ‘kan mencoba bikin pestisida organik untuk tanaman kesayanganmu?

via Purie Garden

Berhubungan dengan ini, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah tembakau sangat efektif untuk mengusir hama seperti ulat, kutu daun, dan cacing. Hanya saja jangan kamu gunakan pada tanaman seperti cabai, tomat, terong, atau anggota keluarga tanaman solanaceae lainnya.

Oke, langsung kita mulai. Gimana caranya?

1. Siapkan 250 mL tembakau dan 4 L air

via hunker.com

Campurkan 250 mL tembakau ke dalam 4 L air. Kombinasikan dua bahan tersebut di suatu wadah atau mangkok besar.

2. Diamkan selama 24 jam

via hunker.com

Jauhkan racikan tersebut dari sinar matahari langsung dan dari tempat yang hangat. Diamkan di tempat yang sejuk dan tanpa gangguan selama 24 jam.

3. Periksa warna racikan

Idealnya, setelah didiamkan selama 24 jam warnanya akan berubah seperti warna light tea. Apabila terlalu gelap, coba campurkan dengan air. Namun apabila terlalu terang, diamkan beberapa jam lagi sampai warnanya berubah menjadi mirp light tea.


4. Tambahkan sabun berjenis mild

via hunker.com

Tambahkan 3 sendok makan sabun cair atau sabun cuci piring cair berjenis mild ke dalam racikan dan aduk sampai tercampur secara merata.

5. Tuangkan racikan pestisida ke botol semprot

via pinterest.com

Saring daunnya dan tuangkan pestisida yang telah kamu buat ke dalam botol semprot. Kocok terlebih dahulu sebelum kamu mulai menggunakannya supaya campurannya dapat tercampur rata.

6. Jadi, deh…

via hunker.com

Semprotkan pestisida ke tanaman yang terjangkit hama. Kamu bisa menyemprotkannya ke area yang paling bermasalah atau menyemprotkannya ke area lain yang masih bagus. Hal ini bertujuan supaya hama tidak memakan bagian tanaman yang masih bagus.

Gimana, gampang ‘kan bikinnya? Kamu bisa membuat sendiri atau mengajak buah hati (kalau punya) untuk membuatnya bersama-sama. Hitung-hitung sebagai pelajaran praktis juga buat dia. Ada yang sudah pernah nyoba buat pestisida berbahan dasar tembakau ini? Coba kamu ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Komentar:

Komentar