Cuman Kamu Yang Udah Kerja Di Jakarta Lebih dari 2 Tahun Yang Pernah Ngalamin 10 Hal Ini


Artikel ini hasil kerja sama Selipan dengan Huawei

Banyak orang mencoba peruntungan Jakarta. Mencari kerja dengan harapan sukses secara finansial, juga karir. Gemerlap lampu-lampu kota dan gedung pencakar langit jadi daya tarik yang menyimpan banyak mimpi untuk diraih para pendatang. Tapi, tentu saja kamu yang beberapa tahun ini sudah bekerja di Jakarta akan menemukan beberapa hal yang sangat khas dari kota ini.

Kamu mengalami hal yang tidak ada di kotamu dan sedikit asing, tapi perlahan terbiasa dan menganggap ini adalah pengalaman yang harus kamu rasakan saat menjadi pekerja di Jakarta. Apa aja sih pengalaman hidup yang dirasakan para pekerja di kota Jakarta?

1. Bukan tinggal di Jakarta namanya kalo gak kenal sama jalanan macet

via okezone.com
via okezone.com

Kayaknya jalanan macet udah pasti dirasain sama warga yang tinggal di Jakarta. Dan kamu yang kerja di kota besar ini gak bisa berdiskusi panjang tentang macet. Mau gak mau, suka gak suka kamu akan selalu berhubungan dengan macet di segala aktivitas luar ruangan. Pergi kerja ketemu macet, pulang kerja ketemu macet. Semoga aja masalah macet ini bisa segera mendapat solusi yang tepat dari pemerintah setempat ya.

Sebenaernya kamu bisa lho menghindari titik rawan kemacetan dengan mengetahui jalur mana yang sedang senggang dengan menggunakan aplikasi map. Tapi ribet juga kalo mesti pegang-pegang smartphone di tengah kemacetan.

Solusinya, kamu bisa menggunakan smartwatch yang nempel di pergelangan tangan. Salah satunya adalah Huawei W1. Selain bentuk yang modis, merk Huawei sudah dikenal di dunia dan tercatat sebagai vendor Android nomor 1 di Tiongkok dan peringkat 2 di Eropa. Gadget ini memberikan dukungan penuh terhadap navigation Map yang canggih dan akurat. Jadi, kamu bisa mendapatkan jalur alternatif saat terjebak macet.

2. Sering merasa stress karena tekanan hidup yang berat

via trustdinamic.com
via trustdinamic.com

Semua pekerja di seluruh dunia pastinya pernah stres sama kerjaaan. Tapi, kayaknya pekerja di Jakarta punya beban stres yang lebih besar ya. Secara gitu, beban hidup dan kompetisi bisnis yang ketat bikin setiap pekerja dituntut punya progres cukup baik bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Tapi, tentu saja semua ada timbal baliknya, stres kamu bisa langsung diobati dengan banyaknya tempat hiburan yang tersebar di penjuru Jakarta. Namanya juga ibu kota, jadi semua hiburan bisa banget kamu dapetin di sini.

3. Manajemen waktu yang buruk sehingga sulit membagi waktu

via Huawei.com
via Huawei.com

Ada banyak faktor yang bikin para pekerja di Jakarta gak bisa bagi waktu dengan baik. Jam kerja yang full time dan beragam serba serbi Jakarta yang menuntut untuk terpenuhi membuat kerja di kota ini ini bikin kamu gak bisa bagi waktu dengan baik.

Belum lagi kendala-kendala di luar rencana yang bisa bikin kegiatan kamu berantakan. Tapi, kecanggihan teknologi sekarang ini bikin kamu dimudahkan soal manajemen waktu. Coba aja deh kamu pake gadget yang bisa bikin kamu mudah mengatur semua kegiatan dengan baik.

Contohnya aja pake smartwatch yang punya fitur mumpuni kayak Huawei W1 Dengan gadget canggih ini, kamu bisa terkoneksi dengan smartphone-mu dan mendapatkan akses lebih cepat dan terorganisir dengan segala kebutuhan tentang jadwal harian, e-mail, atau terhubung dengan aplikasi chat lain.

4. Kesehatan bukanlah hal yang prioritas

Fitur fitness tracking Huawei W1 via youtube.com
Fitur fitness tracking Huawei W1 via youtube.com

Dengan kesibukan yang luar biasa di Jakarta, para pekerja rentan dengan kondisi kesehatan yang buruk. Tuntutan pekerjaan yang berat dan kondisi kota yang kian menantang membuat kesehatan jadi poin yang terabaikan. Padahal, kalo udah sakit bisa dipastikan semua kerjaan bakal carut marut.

Permasalahan kesehatan tentu bisa disiasati kalau kamu mau meluangkan waktu untuk olah raga. Gak perlu yang berat-berat, misalnya aja jogging, atau bersepeda setiap hari. Penggunaan gadget semacam smartwatch yang punya fitur Google Fit bisa kamu fungsikan untuk memantau segala pergerakan seperti jalan kaki, berlari, atau bersepeda. Trus, ada juga nih aplikasi penunjang Smart Tracking yang bisa kamu andalkan untuk mengecek denyut jantung dan sensor gerak. Keduanya bisa menampilkan semua parameter kesehatanmu dengan akurat. Asik kan?

5. Akhir pekan tidak benar-benar merasakan libur

via viva.co.id
via viva.co.id

Libur akhir pekan sepertinya di Jakarta bukanlah libur yang sebenarnya. Biarpun tidak bekerja, tapi suasananya gak libur sama sekali. Biasalah ya kota besar yang penuh dengan aktivitas sosial. Jadi kalau pun akhir pekan, biasanya malah macet orang pada keluar kota. Jadi, yang bisa dilakukan cuma di rumah.

Mending di rumah sambil nonton DVD. Biarpun di rumah, tapi lumayan lah sekedar berhenti dari rutinitas kantor. Palingan kalo kamu mau bener-bener liburan ya ambil cuti dan liburan ke kampung halaman. Pasti liburannya lebih kerasa.

6. Pergi pagi pulang petang tapi pendapatan pas-pasan

via sayangi.com
via sayangi.com

Biarpun ini gak dialamin sama semua orang yang kerja di Jakarta, tapi beberapa orang pernah berkisah kalo dia berangkat kerja pas matahari belum terbit dan pulang kerja sampe rumah pas matahari udah gak keliatan lagi.

Banyak hal yang bikin itu semua terjadi, bisa karena menghindari macet di jalan, atau jam kerja yang memang gak biasa. Ini sih tergantung dari pekerjaannya juga kali ya. Tapi, yang pasti di kota lain gak segininya juga lho pengalaman kerjanya pergi pagi pulang malam,

7. Biaya hidup terbilang mahal dibanding kota lain

via merdeka.com
via merdeka.com

Menyandang gelar ibu kota negara membuat Jakarta punya gengsi dan tingkatan ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia. Jadi ya wajar aja kalo biaya hidup di kota ini tergolong cukup mahal ketimbang kota-kota besar lain di Indonesia.

Meskipun gaji kamu cukup besar, tapi pengeluaran bulanan juga besar. Mulai dari biaya makan, tempat tinggal, atau transportasi. Ini juga salah satu keluhan dari para pekerja yang datang dari luar kota. Mereka sering mengeluh kalo hidup di Jakarta memang butuh biaya yang gak sedikit. Sementara itu, cari kerjanya di Jakarta juga. Ironis juga sih, tapi ya mau gimana lagi.

8. Perjalanan lama di angkot

via sumutpos.com
via sumutpos.com

Transportasi umum kayak semacam angkot punya trayek sendiri dan buat menuju sebuah lokasi pastinya ada rute yang harus dilewati dan itu butuh angkot yang berbeda-beda. Jadinya, para pekerja di Jakarta pastinya sering ngalamin naik turun angkot setiap hari. Atau malah naik Transjakarta yang juga mesti naik turun shelter.

Ini adalah permasalahan bagi pekerja yang tidak menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, kendaraan pribadi kayak motor juga punya masalah macet yang gak bisa ditolerir, kan. Jadi sama aja dengan transportasi umum. Punya masalah sendiri-sendiri.

9. Banjir adalah bencana yang terencana

via indobolanews.com
via indobolanews.com

Banjir yang datang rutin di akhir dan awal tahun di Jakarta pastinya sudah terkenal di seantero Indonesia. Beberapa wilayah yang rutin tergenang banjir di musim penghujan jadi fenomena tersendiri bagi para pekerja yang punya beban dobel saat berangkat dan pulang kerja. Ditambah, lagi kalo huniannya juga tergenang banjir.

Kamu yang baru beberapa tahun tinggal di Jakarta pasti mulai paham sama bencana tahunan ini. Kita cuma bisa berharap pemerintah bisa segera bisa menangani banjir ini agar masyakarat bisa tentram menjalani hidup di Jakarta.

10. Mudik adalah ritual sakral yang harus dilakukan

via bintang.com
via bintang.com

Bagi kaum perantau di Jakarta, pasti menunggu momen mudik setiap tahunnya. Ini adalah liburan yang benar-benar liburan dan jadi ajang pembuktian kesuksesan perantauan mereka. Libur panjang, keluar kota, THR, berkumpul dengan keluarga, dan refreshing jadi hal yang tak bisa dipisahkan dari ritual mudik setiap tahun.

Kalo pun kamu bukan perantauan, pastinya momen mudik ini akan mengubah kota Jakarta jadi lebih lengang dari biasanya, karena sebagian besar penduduk yang selama ini beraktivitas di kota Jakarta menghilang. Jalanan jadi sepi, aktivitas berkurang, dan kamu merasa ada yang aneh dengan kedamaian sesaat ini. Ya, kamu juga merasakan imbas positif dari sensasi mudik.

Kerja di kota sebesar Jakarta memang penuh dengan suka dan duka. Tapi, jika dijalani dengan ikhlas dan penuh ketekunan pasti kamu bisa meraih impian yang dicita-citakan.

Kecanggihan teknologi saat ini sepatutnya bisa membantu kamu dalam beraktivitas dan lebih produktif. Smartwatchmisalnya, dengan fitur canggih dan penunjang fashion seperti Huawei W1, kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus. Fitur canggih Android di pergelangan tangan dan juga tren fashion digital yang keren. Smartwatch canggih ini sudah bisa kamu pesan di sini!

Komentar:

Komentar